7 Cara Membuat Opor ayam putih yang Enak

Dapatkan ribuan koleksi resep masakan yang enak dan Mudah.

Buat kalian yang sedang mencari resep Opor ayam putih. Pada resep kali ini kami akan memberikan tutorial lengkap cara buat Opor ayam putih dengan mudah dan pastinya tidak kalah enak.

Opor ayam merupakan salah satu menu yang wajib ada ketika Lebaran. Biasanya, hidangan yang populer di Nusantara ini juga disajikan bersama dengan ketupat dan sayur labu siam. Perbedaan opor ayam kuning dan opor ayam putih sebenarnya hanya terletak pada satu bahan yakni, penggunaan kunyit.

Opor ayam putih - cookandrecipe.com Nah, bagi sebagian orang mungkin ada yang tidak suka. Sekarang, kamu bisa membuat dan mengetahui apa saja bumbu opor ayam putih ini. Resep Opor Ayam - Opor ayam adalah salah satu masakan khas Indonesia yang menjadi hidangan khas lebaran. Tenang saja untuk tutorial cara memasak Opor ayam putih yang akan kami jelaskan ini hanya membutuhkan 18 bahan dan 7 langkah saja.

18 Bahan Bahan untuk Membuat Opor ayam putih

Untuk bisa membikin Opor ayam putih pada postingan ini kita perlu menyiapkan 18 bahan saja. Jadi silahkan Anda siapkan terlebih dahulu bahan-bahanya seperti dibawah ini.

  1. Siapkan sayap ayam - 6 buah.
  2. Siapkan tahu coklat yg udah di goreng - 10 buah.
  3. Siapkan Salam - .
  4. Siapkan Sereh - .
  5. Siapkan Tomat - .
  6. Siapkan Daun bawang - .
  7. Siapkan Bawang goreng - .
  8. Siapkan Masako sapi - .
  9. Siapkan Gula putih - .
  10. Siapkan Minyak goreng - .
  11. Siapkan Air - .
  12. Siapkan Santan kara - .
  13. Siapkan Bumbu ulek : - .
  14. Siapkan bawang merah (sesuai selera) - 10 siung.
  15. Siapkan bawang putih - 4 siung.
  16. Siapkan jahe - 1 ruas.
  17. Siapkan Pala kira" aja ya - .
  18. Siapkan kemiri - 3 buah.

Penyajiannya pun biasanya lengkap dengan lontong, ketupat dan kerupuk udang yang. Untuk opor ayam kampung tentu bahan utamanya adalah ayam kampung, jadi bukan ayam putih. Hanya saja untuk jenis ayam ini lebih di sukai. Lihat juga resep Opor ayam putih enak lainnya.

7 Panduan Memasak Opor ayam putih

Setelah kamu sudah menyiapkan 18 bahan diatas. Sekarang kamu simak langkah-langkah selengkapnya untuk membuat Opor ayam putih dibawah ini.

  1. Cuci bersih ayam dan tahu lalu tiriskan.
  2. Iris bawang merah secukupnya untuk bawang goreng.
  3. Iris juga daun bawang, dan juga tomat.
  4. Ulek bawang merah, bawang putih, jahe, pala dan juga kemiri.
  5. Panaskan minyak goreng bawang yg sudah di iris lalu tiriskan.
  6. Lalu tumis bumbu ulek, masukan salam sereh, tunggu sampe kemiri nya matang atau harum ya, masukan ayam dan tahu, aduk"lalu tambahkan air, tunggu sampai mendidih, jika sudah mendidih masukan santan kara, aduk" jangan sampe pecah ya, tambahkan masako sapi dan juga gula putih, jika easa sudah pas tamburkan daun bawang, tomat, dan juga bawang goreng.
  7. Selamat mencoba.

Lebaran idul adha buat opor dulu, sembari menunggu pembagian daging hehehe. Setiap daerah juga selalu menghidangkan opor ayam pada saat lebaran. Untuk olahan opor ayam sendiri terdapat dua macam, yaitu opor ayam kuning dan putih. Resep Opor Ayam - Indonesia adalah negara yang terkenal dengan kulinernya yang kaya rempah. Salah satu menu kuliner yang terkenal di kalangan masyarakat adalah opor ayam.

Bagaimana sangat mudah bukan resep Opor ayam putih ini. Silahkan kamu coba dirumah yaa. Semoga berhasil dan selamat mencicipi. Silahkan kamu simak dan baca koleksi resep masakan enak dan mudah lainnya juga yaa.

Simpan Resep