✓ 11 Cara Membuat Roti Sarang Semut (Bolu Karamel) tanpa mixer - tanpa oven yang Mudah

Delicious, fresh and tasty.

Buat kalian yang sedang mencari resep Roti Sarang Semut (Bolu Karamel) tanpa mixer - tanpa oven. Pada resep kali ini kami akan membagikan tutorial lengkap cara buat Roti Sarang Semut (Bolu Karamel) tanpa mixer - tanpa oven dengan mudah dan pastinya tidak kalah enak.

Roti Sarang Semut (Bolu Karamel) tanpa mixer - tanpa oven - cookandrecipe.com Tenang saja untuk tutorial membikin Roti Sarang Semut (Bolu Karamel) tanpa mixer - tanpa oven yang akan kami jelaskan ini hanya membutuhkan 9 bahan dan 11 langkah saja.

9 Bahan Bahan untuk Resep Roti Sarang Semut (Bolu Karamel) tanpa mixer - tanpa oven

Untuk dapat membikin Roti Sarang Semut (Bolu Karamel) tanpa mixer - tanpa oven pada tutorial ini Anda perlu menyiapkan 9 bahan saja. Jadi silahkan Anda siapkan terlebih dahulu bahan-bahanya seperti dibawah ini.

  1. Siapkan tepung terigu - 6 sdm.
  2. Siapkan tepung tapioka - 6 sdm.
  3. Siapkan gula pasir - 12 sdm.
  4. Siapkan telur - 2 btr.
  5. Siapkan susu sachet - 2 sachet.
  6. Siapkan margarin cair - 8 sdm.
  7. Siapkan air panas - 1 gls.
  8. Siapkan baking soda - 1/4 sdt.
  9. Siapkan baking powder - 1/4 sdt.

11 Langkah Resep Roti Sarang Semut (Bolu Karamel) tanpa mixer - tanpa oven

Jika kita sudah menyiapkan 9 bahan diatas. Selanjutnya kalian simak langkah-langkah selengkapnya untuk memasak Roti Sarang Semut (Bolu Karamel) tanpa mixer - tanpa oven dibawah ini.

  1. Siapkan bahan - bahannya terlebih dahulu.
  2. Panaskan teflon, lalu masak gula pasir hingga mencair dan menjadi karamel (seperti foto). Pastikan untuk menggunakan api paling kecil, supaya karamel tidak gosong..
  3. Setelah gula mencair, masukkan 1 gelas air panas kedalam karamel secara perlahan (hati - hati karna gula akan meletup - letup). Lalu aduk hingga gula dan air menyatu. Dinginkan.
  4. Pecahkan telur, tuangkan susu sachet kedalam telur lalu campur hingga rata.
  5. Campurkan semua tepung dalam 1 wadah, lalu ayak. Pastikan tidak ada tepung yang bergerindil.
  6. Masukkan air karamel yang sudah dingin kedalam adonan telur bergantian dengan tepung. Pastikan mencampurnya secara sedikit demi sedikit lalu aduk hingga rata.
  7. Tuang margarin yang sudah dicairkan kedalam adonan, lalu aduk hingga rata.
  8. Siapkan panci, lalu olesi panci dengan margarin dan lapisi dengan sedikit tepung terigu supaya tidak lengket..
  9. Alasi kompor dengan loyang, supaya panasnya tidak langsung mengenai panci. Tuangkan adonan kedalam panci, masak dengan api paling kecil..
  10. Tunggu hingga adonan bergelembung lalu tutup panci. Masak dengan api kecil selama ±30menit. Setelah 30menit, lakukan tes tusuk untuk memastikan apakah roti sudah matang..
  11. Apabila tidak ada adonan yang menempel maka roti sudah matang. Angkat roti, dinginkan lalu siap dipotong dan disajikan ??.

Bagaimana sangat mudah bukan cara buat Roti Sarang Semut (Bolu Karamel) tanpa mixer - tanpa oven ini. Silahkan kamu coba dirumah yaa. Semoga berhasil dan selamat mencicipi. Silahkan kamu simak dan baca koleksi resep masakan enak dan mudah lainnya juga yaa.

Simpan Resep