✓ 9 Bahan Masak Bolu Karamel (Sarang Semut) yang Mudah

Delicious, fresh and tasty.

Buat kalian yang sedang mencari resep Bolu Karamel (Sarang Semut). Pada tulisan kali ini kami akan membagikan tutorial lengkap cara bikin Bolu Karamel (Sarang Semut) dengan mudah dan pastinya tidak kalah enak.

Cara Sederhana Membuat Resep Bolu Karamel Seperti Rumah Sarang Semut. Kalau dilihat dari warnanya, kue satu ini mungkin memang tidak terlalu menarik. Warnanya yang hitam pasti membuat banyak orang beranggapan bahwa kue karamel ini adalah kue yang gosong.

Bolu Karamel (Sarang Semut) - cookandrecipe.com Yuk, simak seperti apa cara membuat sajian kue bolu caramel sarang semut dibawah ini. Resep Kue Bolu Karamel Panggang Sarang Semut Lembut adalah kue bolu yang sangat empuk ketika dimakan, kue bolu ini dari baunya sampai rasa. Disebut sarang semut karena kue ini berongga-rongga seperti sarang semut. Tenang saja untuk tutorial cara membuat Bolu Karamel (Sarang Semut) yang akan kami jelaskan ini hanya membutuhkan 9 bahan dan 7 langkah saja.

9 Bahan Bahan untuk Memasak Bolu Karamel (Sarang Semut)

Untuk bisa memasak Bolu Karamel (Sarang Semut) pada tutorial ini kita perlu menyiapkan 9 bahan saja. Jadi silahkan kamu siapkan terlebih dahulu bahan-bahanya seperti dibawah ini.

  1. Siapkan gula pasir - 250 gr.
  2. Siapkan telur ayam - 4 butir.
  3. Siapkan tepung terigu segitiga - 100 gr.
  4. Siapkan tepung tapioka/kanji - 100 gr.
  5. Siapkan baking soda - 1 sdm.
  6. Siapkan susu kental manis - 3 sachet.
  7. Siapkan mentega (dicairkan) - 100 gr.
  8. Siapkan vanili - 1 sachet.
  9. Siapkan air panas - 375 ml.

Warna coklat pada kue sarang semut berasal dari campuran karamel. Kue ini memiliki tekstur yang lembut, empuk, dan kenyal. Perhatikan baik-baik warna karamel ketika dimasak. Kue ini namanya Cake caramel, atau bolu karamel atau kue sarang semut, karena lantaran teksturnya unik berongga-rongga mirip sarang semut sehingga menarik soal rasa manis dan mantap.

7 Tahapan Resep Bolu Karamel (Sarang Semut)

Setelah kamu sudah menyiapkan 9 bahan diatas. Selanjutnya kalian simak langkah-langkah selengkapnya untuk bikin Bolu Karamel (Sarang Semut) dibawah ini.

  1. Ambil 3 sdm gula untuk dikocok dengan telor. Selebihnya untuk bahan karamelnya. Lalu bikin bahan karamelnya..
  2. Masak gula pasir hingga menjadi karamel (meleleh) dengan api yg sangat kecil, kemudian setelah gula semuany sudah benar benar menjadi karamel tidak ada butiran lg masukkan air panas td sedikit demi sedikit sambil diaduk rata, jika sudah benar-benar tercampur rata dengan air, matikan api, tunggu dingin, kemudian sisihkan.
  3. Kocok telor, gula, vanili pake garpu/wisk sampai gula larut. Lalu masukkan tepung terigu, tapioka, dan soda kue. Aduk sampai rata..
  4. Setelah itu masukkan air karamel yang sudah didinginkan. Tambahkan susu, aduk lagi sampai rata..
  5. Terakhir masukkan mentega cair aduk rata..
  6. Masukkan ke loyang. Panggang kira" 45 menit/sampai matang. Bisa dipanggang/dikukus ya..
  7. NB: tips agar bersarang : sebelum dipanggang diamkan dulu setengah jam. Tutup rapat dengan kain atau plastik, tapi sudah ada di loyang ya.... Selamat mencoba...😊.

Membuatnya sangat mudah bisa diaduk menggunakan whisker biasa atau Tanpa mixer dan bisa juga. RESEP KUE BOLU SARANG SEMUT ATAU CAKE CARAMEL. Kue sarang semut memiliki tekstur, warna dan aroma yang sangat khas dan unik. Dengan paduan rasa yang legit dan empuk melengkapi istimewanya kue enak dengan tampilan yang berongga-rongga ini. Kue bolu sarang semut atau yang biasa disebut dengan cake Karamel memang memiliki cita rasa tersendiri bila dibandingkan dengan kue bolu yang Disebut bolu sarang semut karena bentuknya yang berongga - rongga menyerupai sarang semut.

Bagaimana sangat mudah bukan resep Bolu Karamel (Sarang Semut) ini. Silahkan teman-teman coba dirumah yaa. Semoga berhasil dan selamat mencicipi. Silahkan kamu simak dan baca koleksi resep masakan enak dan mudah lainnya juga yaa.

Simpan Resep