✓ 6 Cara Memasak Bolu Karamel (Sarang Semut) Kenyal, Bersarang dan Anti Gagal yang Enak

Delicious, fresh and tasty.

Resep Bolu Karamel (Sarang Semut) Kenyal, Bersarang dan Anti Gagal. Pada tulisan kali ini kami akan membagikan tutorial lengkap cara memasak Bolu Karamel (Sarang Semut) Kenyal, Bersarang dan Anti Gagal dengan mudah dan pastinya tidak kalah enak.

Kali ini saya mau berbagi resep dan tutorial membuat bolu karamel atau sarang semut yang lembut, kenyal dan bersarang. Cara Sederhana Membuat Resep Bolu Karamel Seperti Rumah Sarang Semut. Kalau dilihat dari warnanya, kue satu ini mungkin memang tidak terlalu Ada beberapa resep bolu karamel yang kita kenal, seperti bolu karamel kukus, bolu karamel ncc dan bulu karamel panggang.

Bolu Karamel (Sarang Semut) Kenyal, Bersarang dan Anti Gagal - cookandrecipe.com Bolu Karamel aka Sarang Semut (anti gagal). Cara membuat kue bolu karamel sarang semut anti gagal tanpa mixer dan tanpa oven. Teksturnya yang lembut dan sedikit kenyal menjadi ciri khas dari Bolu Sarang Semut. Tenang saja untuk tutorial cara memasak Bolu Karamel (Sarang Semut) Kenyal, Bersarang dan Anti Gagal yang akan kami jelaskan ini hanya membutuhkan 10 bahan dan 6 langkah saja.

10 Bahan Bahan untuk Membuat Bolu Karamel (Sarang Semut) Kenyal, Bersarang dan Anti Gagal

Untuk dapat membikin Bolu Karamel (Sarang Semut) Kenyal, Bersarang dan Anti Gagal pada postingan ini Anda membutuhkan 10 bahan saja. Jadi silahkan kita siapkan terlebih dahulu bahan-bahanya seperti dibawah ini.

  1. Siapkan Bahan A : - .
  2. Siapkan gula pasir - 225 gram.
  3. Siapkan air panas - 225.
  4. Siapkan Bahan B : - .
  5. Siapkan Tepung Terigu Protein Sedang - 90 gram.
  6. Siapkan Tepung Maizena - 25 gram.
  7. Siapkan Telur - 4 Butir.
  8. Siapkan Margarine, lelehkan - 75 gram.
  9. Siapkan Susu Kental Manis (me : 2 sachet skm Frisian Flag) - 100 ml.
  10. Siapkan Soda kue - 1 sdt.

Sepintas kamu mungkin akan menganggap sajian ini camilan dengan rasa coklat biasa. Tapi jika dilihat lebih detail, maka kamu akan melihat bentuknya yang seakan menyerupai sarang semut dengan rasa caramel. Lezat dan sajian kue bolu sarang semut kukus adalah sajian yang enak dan lezat. Hidangan ini pun akan dapat anda buat dirumah dengan mudah dan sederhana.

6 Langkah Membuat Bolu Karamel (Sarang Semut) Kenyal, Bersarang dan Anti Gagal

Jika kita sudah menyiapkan 10 bahan diatas. Selanjutnya kita simak langkah-langkah selengkapnya untuk membuat Bolu Karamel (Sarang Semut) Kenyal, Bersarang dan Anti Gagal dibawah ini.

  1. Masak bahan A yaitu membuat karamel. Masak gula pasir di wajan dengan api kecil, biarkan sampai keluar karamel lalu aduk dengan spatula. Api tetap kecil agar jangan gosong. Kalau gosong hasilnya nanti pahit. Lalu masak air hingga mendidih. Setelah semua gula larut menjadi karamel masukkan air panas aduk sampai karamel benar benar larut tidak ada yang menggumpal lagi. Matikan api lalu dinginkan...
  2. Aduk bahan B. Pertama kocok telur dengan whishker sampe berbusa saja. Masukkan susu kental manis, aduk. Masukkan bahan tepung yang sudah diayak. Aduk lagi. Lalu masukkan soda kue aduk lagi. Kemudian masukkan margarin cair dan karamel yang sudah dingin secara bertahap dan bergantian hingga selesai aduk sampai semua larut. Kemudian saring agar tidak ada yang menggerindil. Lalu diamkan adonan. +- 15 -30 menit..
  3. Panaskan oven 15 - 20 menit.
  4. Siapkan loyang. Olesi margarine agak tebal..
  5. Aduk adonan dengan whisker agar tidak ada bahan yang mengendap. Lalu tuang ke loyang dan panggang di suhu 150 C selama 35 menit atau sampai matang.(Me: 30 menit lalu + 5 menit)..
  6. Bolu karamel ready to served.. ?.

Masukkan margarin bersama dengan susu kental manis dan aduk-aduk sampai semua bahan tercampur merata dan membentuk adonan. Disebut sarang semut karena kue ini berongga-rongga seperti sarang semut. Warna coklat pada kue sarang semut berasal dari campuran karamel. Kue ini memiliki tekstur yang lembut, empuk, dan kenyal. Perhatikan baik-baik warna karamel ketika dimasak.

Bagaimana sangat mudah bukan cara memasak Bolu Karamel (Sarang Semut) Kenyal, Bersarang dan Anti Gagal ini. Silahkan kamu coba dirumah yaa. Semoga berhasil dan selamat mencicipi. Silahkan kamu simak dan baca koleksi resep masakan enak dan mudah lainnya juga yaa.

Simpan Resep