✓ 7 Cara Buat Bolu Karamel Kukus yang Enak

Dapatkan ribuan koleksi resep masakan yang enak dan Mudah.

Buat kalian yang sedang mencari resep Bolu Karamel Kukus. Pada tulisan kali ini kami akan memberikan tutorial lengkap cara memasak Bolu Karamel Kukus dengan mudah dan pastinya tidak kalah enak.

Bolu Karamel Kukus - cookandrecipe.com Tenang saja untuk tutorial cara bikin Bolu Karamel Kukus yang akan kami jelaskan ini hanya membutuhkan 12 bahan dan 7 langkah saja.

12 Bahan Bahan untuk Memasak Bolu Karamel Kukus

Untuk bisa membuat Bolu Karamel Kukus pada postingan ini kamu perlu menyiapkan 12 bahan saja. Jadi silahkan kalian siapkan terlebih dahulu bahan-bahanya seperti dibawah ini.

  1. Siapkan Bahan Karamelisasi - .
  2. Siapkan Gula pasir - 10 sdm.
  3. Siapkan Mentega - 8 sdm.
  4. Siapkan Air panas - 250 ml.
  5. Siapkan Tentatif gula bubuk - 10 sdm.
  6. Siapkan Bahan Adonan - .
  7. Siapkan Tepung terigu 8sdm (me : segitiga biru) - .
  8. Siapkan Tepung maizena - 2 sdm.
  9. Siapkan Baking powder (BP) - 1 sdt.
  10. Siapkan Baking soda (BS) - 1 sdt.
  11. Siapkan Telur - 3 buah.
  12. Siapkan Susu kental manis (skm) putih - 1 sachet.

7 Langkah Resep Bolu Karamel Kukus

Apabila Anda sudah menyiapkan 12 bahan diatas. Berikutnya Anda simak langkah-langkah selengkapnya untuk bikin Bolu Karamel Kukus dibawah ini.

  1. Siapkan bahan bahan, langkah karamelisasi dengan panaskan gula pasir tanpa diaduk, jika sudah meleleh berwarna coklat karamel langsung masukkan air panas pelan pelan kemudian mentega. Jika sudah meleleh semua mentega matikan api dan dinginkan. Tips : saat memasukkan air jangan tunggu semua gula benar2 karamel karena bisa gosong dan rasa menjadi pahit. Jika terlanjur memasukkan air setelah semua gula meleleh, maka setelah didinginkan masukka gula putih bubuk 10sdm kemudian aduk rata..
  2. Siapkan bahan adonan, masukkan tepung terigu, maizena, BP, dan BS, ayak semua kemudiam sisihkan.
  3. Pada mangkuk yang berbeda, kocok 3 telur kemudian masukkan susu kental manis (skm) dan kocok sampai berbusa.
  4. Masukkan langkah ketiga pada mangkuk adonan langkah kedua. Setelah semua tercampur langkah 3 dan 2 masukkan air gula yang sudah didinginkan. Kocok sampai rata kemudian saring supaya semakin halus..
  5. Siapkan kukusan tunggu sampai 5 menit supaya panas, sembari loyang diolesi tepung dan mentega supaya tidak lengket. Setelah itu masukkan adonan yang sudah siap ke dalam loyang dan bisa dinaikkan ke steamer. (saya memakai loyang 18×18×6cm).
  6. Kukus 40-45 menit kemudian pastikan matang dengan menusuk menggunakan lidi, jika tidak lengket maka bolu sudah matang. Selamat mencoba, happy baking 😘.
  7. Begini jadinya, saya taburi gula putih sedikit.

Bagaimana sangat mudah bukan cara membuat Bolu Karamel Kukus ini. Silahkan kita coba dirumah yaa. Semoga berhasil dan selamat mencicipi. Silahkan kamu simak dan baca koleksi resep masakan enak dan mudah lainnya juga yaa.

Simpan Resep