16 Bahan Masak Opor ayam (putih) yang Mudah

Dapatkan ribuan koleksi resep masakan yang enak dan Mudah.

Jika saat ini kamu sedang ingin membuat Opor ayam (putih). Pada postingan kali ini kami akan memandu tutorial lengkap cara membuat Opor ayam (putih) dengan mudah dan pastinya tidak kalah enak.

Opor ayam merupakan salah satu menu yang wajib ada ketika Lebaran. Biasanya, hidangan yang populer di Nusantara ini juga disajikan bersama dengan ketupat dan sayur labu siam. Lihat juga resep Opor ayam putih enak lainnya.

Opor ayam (putih) - cookandrecipe.com Nah, bagi sebagian orang mungkin ada yang tidak suka. Sekarang, kamu bisa membuat dan mengetahui apa saja bumbu opor ayam putih ini. Perbedaan opor ayam kuning dan opor ayam putih sebenarnya hanya terletak pada satu bahan yakni, penggunaan kunyit. Tenang saja untuk tutorial membikin Opor ayam (putih) yang akan kami jelaskan ini hanya membutuhkan 16 bahan dan 3 langkah saja.

16 Bahan Bahan untuk Membuat Opor ayam (putih)

Untuk bisa membikin Opor ayam (putih) pada tutorial ini Anda memerlukan 16 bahan saja. Jadi silahkan kita siapkan terlebih dahulu bahan-bahanya seperti dibawah ini.

  1. Siapkan ayam, potong2 - 500 gr.
  2. Siapkan tahu goreng sgtiga - 10 bh.
  3. Siapkan minyak goreng - secukupnya.
  4. Siapkan air - secukupnya.
  5. Siapkan bawang goreng utk taburan - secukupnya.
  6. Siapkan santan kara 60ml - 1 bungkus.
  7. Siapkan Bumbu halus : - .
  8. Siapkan bawang merah - 10 siung.
  9. Siapkan bawang putih - 5 siung.
  10. Siapkan kemiri - 5 bh.
  11. Siapkan ada bubuk - secukupnya.
  12. Siapkan ketumbar bubuk - secukupnya.
  13. Siapkan Bumbu cemplung : - .
  14. Siapkan daun jeruk - 2 bh.
  15. Siapkan serai, geprek - 2 bh.
  16. Siapkan gula garam penyedap - secukupnya.

Kunyit adalah salah satu bahan masakan yang menghasilkan warna kuning. Resep Opor Ayam Putih Sederhana Spesial Lebaran Asli Enak. Kalau kreasi olahan ayam berikut ini, dibuat dengan kuah spesial ayam masak putih. Rasanya yang lezat dan gurih dengan perpaduan.

3 Tahapan Resep Opor ayam (putih)

Apabila Anda sudah menyiapkan 16 bahan diatas. Sekarang kita simak langkah-langkah selengkapnya untuk memasak Opor ayam (putih) dibawah ini.

  1. Cuci ayam, potong2, rebus, sisihkan.
  2. Tumis bumbu halus dg bumbu cemplung sampe harum, masukkan ayam, aduk rata, masikkan air, ttup wajan bbrpa mnit.
  3. Masukkan tahu dan santan, aduk rata, beri bumbu2 lainya, masak sampe bumbu mresap, tes rasa, sajikan...

Opor ayam menjadi sajian khas Idulfitri yang wajib hadir di atas meja. Uniknya, ada dua jenis opor ayam, yakni kuning dan putih. Opor kuning menggunakan kunyit, sedangkan opor ayam putih tidak. Untuk opor ayam kampung tentu bahan utamanya adalah ayam kampung, jadi bukan ayam putih. Hanya saja untuk jenis ayam ini lebih di sukai.

Bagaimana sangat mudah bukan membikin Opor ayam (putih) ini. Silahkan kamu coba dirumah yaa. Semoga berhasil dan selamat mencicipi. Silahkan kamu simak dan baca koleksi resep masakan enak dan mudah lainnya juga yaa.

Simpan Resep