✓ 15 Bahan Memasak Bolu Sarang Semut aka Bolu Karamel yang Lezat

Delicious, fresh and tasty.

Buat kalian yang sedang mencari resep Bolu Sarang Semut aka Bolu Karamel. Pada resep kali ini kami akan berbagi tutorial lengkap cara buat Bolu Sarang Semut aka Bolu Karamel dengan mudah dan pastinya tidak kalah enak.

Bolu Sarang Semut aka Bolu Karamel - cookandrecipe.com Tenang saja untuk tutorial cara memasak Bolu Sarang Semut aka Bolu Karamel yang akan kami jelaskan ini hanya membutuhkan 15 bahan dan 7 langkah saja.

15 Bahan Bahan untuk Memasak Bolu Sarang Semut aka Bolu Karamel

Untuk bisa memasak Bolu Sarang Semut aka Bolu Karamel pada tutorial ini kita perlu menyiapkan 15 bahan saja. Jadi silahkan kamu siapkan terlebih dahulu bahan-bahanya seperti dibawah ini.

  1. Siapkan Bahan karamel : - .
  2. Siapkan gula pasir - 150 gr.
  3. Siapkan dark brown sugar (saya skip, ga ada, ganti jadi gula pasir) - 200 gr.
  4. Siapkan air panas - 250.
  5. Siapkan air dingin - 200 ml.
  6. Siapkan air jeruk lemon/jeruk nipis - 1 sdm.
  7. Siapkan Bahan lain : - .
  8. Siapkan susu kental manis - 200 gr.
  9. Siapkan mentega/margarin - 85 gr.
  10. Siapkan telur ukuran besar - 5 butir.
  11. Siapkan vanilla extract - 1 sdt.
  12. Siapkan baking powder (saya pakai double acting) - 1 1/2 sdt.
  13. Siapkan baking soda - 2 sdt.
  14. Siapkan tepung terigu serba guna (protein sedang) - 220 gr.
  15. Siapkan susu bubuk (tambahan saya) - 10-20 gr.

7 Panduan Memasak Bolu Sarang Semut aka Bolu Karamel

Setelah kalian sudah menyiapkan 15 bahan diatas. Berikutnya kamu simak langkah-langkah selengkapnya untuk membuat Bolu Sarang Semut aka Bolu Karamel dibawah ini.

  1. Masukkan dan jadikan satu di mangkuk : tepung terigu, baking soda, baking powder. aduk rata..
  2. Panaskan oveln 190 derajat Celcius. Siapkan loyang tulban, olesi dengan pengoles loyang/margarin dan taburi tepung terigu..
  3. Cara membuat karamel : siapkan panci bersih, masukkan 2 sendok makan gula dan 1 sdt air. panaskan di api sedang sambil panci digoyang2kan sedikit hingga gula larut dan agak gosong agar nanti warnanya cantik. tambahkan semua gula dan air ke dalam panci sambil tetap sedikit digoyang2kan hingga gula larut. ketika sudah meleleh, aduk rata dan masak hingga gula berubah menjadi karamel. jaga jangan sampai gula menjadi gosong karena akan pahit rasanya..
  4. Kecilkan api, masukkan air panas sedikit demi sedikit dengan hati2 karena karamel akan mendidih dan mudah luber. aduk hingga karamel mencair. matikan api dan tuang air dingin ke dalam panci berisi karamel dan jus jeruk nipis, aduk hingga semua karamel benar2 mencair. angkat dan biarkan dingin..
  5. Bolu : aduk susu kental manis dan mentega dengan whisk sampai lembut dalam wadah yang cukup besar. tambahkan telur satu persatu, pastikan adonan tercampur baik sebelum menambahkan telur berikutnya. aduk hingga rata. tambahkan vanilla extract, aduk rata..
  6. Masukkan tepung dengan cara diayak langsung di atas adonan, berselang-seling dengan cairan karamel. aduk adonan dengan whisk hingga rata. adonan yang terbentuk encer..
  7. Tuang adonan ke loyang, turunkan suhu oven ke 180 derajat Celcius, masukkan loyang berisi adonan dan panggang sampai kue mengeras, dan ketika dites dengan lidi tidak ada adonan yang menempel (saya : -/+ 60 menit pakai oven gas tanpa api atas). keluarkan dari oven, diamkan 10 menit, balikkan kue di rak kawat & biarkan hingga dingin. Super yummy!.

Bagaimana sangat mudah bukan cara bikin Bolu Sarang Semut aka Bolu Karamel ini. Silahkan Anda coba dirumah yaa. Semoga berhasil dan selamat mencicipi. Silahkan kamu simak dan baca koleksi resep masakan enak dan mudah lainnya juga yaa.

Simpan Resep