✓ 12 Bahan Masak Bolu caramel (sarang semut) yang Lezat

Dapatkan ribuan koleksi resep masakan yang enak dan Mudah.

Resep Bolu caramel (sarang semut). Pada resep kali ini kami akan memberikan tutorial lengkap cara bikin Bolu caramel (sarang semut) dengan mudah dan pastinya tidak kalah enak.

Cara Sederhana Membuat Resep Bolu Karamel Seperti Rumah Sarang Semut. Kalau dilihat dari warnanya, kue satu ini mungkin memang tidak terlalu menarik. Warnanya yang hitam pasti membuat banyak orang beranggapan bahwa kue karamel ini adalah kue.

Bolu caramel (sarang semut) - cookandrecipe.com Sajian kue bolu caramel sarang semut adalah hidangan yang enak dan lezat. Sajian kue ini akan bisa anda sajikan untuk beberapa acara seperti Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Kue Bolu Karamel Sarang Semut yang Lembut, Enak dan Sederhana. Kue sarang semut adalah salah satu kue khas Indonesia. Tenang saja untuk tutorial cara buat Bolu caramel (sarang semut) yang akan kami jelaskan ini hanya membutuhkan 12 bahan dan 8 langkah saja.

12 Bahan Bahan untuk Membuat Bolu caramel (sarang semut)

Untuk dapat membikin Bolu caramel (sarang semut) pada postingan ini kita perlu menyiapkan 12 bahan saja. Jadi silahkan Anda siapkan terlebih dahulu bahan-bahanya seperti dibawah ini.

  1. Siapkan Sirup caramel - .
  2. Siapkan gula pasir - 500 gr.
  3. Siapkan air panas - 500 ml.
  4. Siapkan daun pandan - 2 lembar.
  5. Siapkan Bahan adonan - .
  6. Siapkan tepung tapioka/kanji - 150 gr.
  7. Siapkan tepung terigu segitiga biru - 150.
  8. Siapkan susu kental manis (me : frisian flag) - 3 sachet.
  9. Siapkan telur - 5 butir.
  10. Siapkan mentega (dicairkan) - 200 gr.
  11. Siapkan baking powder - 1/2 sdt.
  12. Siapkan baking soda - 1/2 sdt.

Disebut sarang semut karena kue ini berongga-rongga seperti sarang semut. Warna coklat pada kue sarang semut berasal dari campuran karamel. Kue ini memiliki tekstur yang lembut, empuk, dan kenyal. Yuk kita coba membuat kue bolu karamel atau bisa juga di sebut dengan kue sarang semut ini.

8 Tahapan Membuat Bolu caramel (sarang semut)

Apabila kalian sudah menyiapkan 12 bahan diatas. Selanjutnya Anda simak langkah-langkah selengkapnya untuk memasak Bolu caramel (sarang semut) dibawah ini.

  1. Buatlah sirup caramel terlebih dahulu, cairkan gula pasir dengan api kecil sampai semua mencair jangan diaduk biarkan mencair dengan sendirinya, jika sudah mencair semua dan berwarna coklat masukkan air panas sedikit demi sedikit sambil diaduk, lalu masukkan daun pandan lalu tunggu sampai mendidih, matikan api sisihkan sampai benar2 dingin.
  2. Lalu ayak tepung terigu, tepung kanji, baking powder dan baking soda sisihkan, lelehkan mentega lalu sisihkan.
  3. Lalu campurkan susu kental manis dan telur aduk menggunakan ballon wisk sampai benar2 merata dan tercampur.
  4. Jika sudah tercampur masukkan tepung bertahap diselingi dengan sirup caramelnya.
  5. Jika sudah habis masukkan mentega cair, lalu campur hingga merata, lalu saring.
  6. Panaskan oven dengan api sedang (oven tangkring)/180 derajat celcius, lalu panggang selama kurang lebih 45 menit atau sampai ditusuk adonannya sudah tidak menempel.
  7. Lalu tunggu sampai dingin, dan bawahnya dialasi dengan kertas roti yg bisa menyerap minyak, agar minyak sedikit berkurang.
  8. Lalu sajikan.

Teksturnya yang lembut dan sedikit kenyal menjadi ciri khas dari Bolu Sarang Semut. Sepintas kamu mungkin akan menganggap sajian ini camilan dengan rasa coklat biasa. Tapi jika dilihat lebih detail, maka kamu akan melihat bentuknya yang seakan menyerupai sarang semut dengan rasa caramel. Lihat juga resep Bolu karamel Sarang Semut enak lainnya. Bolu Sarang semut ini pake resepnya mba @TutySetiawan.

Bagaimana sangat mudah bukan cara buat Bolu caramel (sarang semut) ini. Silahkan teman-teman coba dirumah yaa. Semoga berhasil dan selamat mencicipi. Silahkan kamu simak dan baca koleksi resep masakan enak dan mudah lainnya juga yaa.

Simpan Resep