✓ 7 Cara Membuat Kue Karamel / Sarang Semut yang Lezat

Dapatkan ribuan koleksi resep masakan yang enak dan Mudah.

Bagaimana sih cara membuat Kue Karamel / Sarang Semut. Pada tulisan kali ini kami akan membagikan tutorial lengkap cara memasak Kue Karamel / Sarang Semut dengan mudah dan pastinya tidak kalah enak.

Mohon maaf di resep saya kata baking powder tapi saya pakai baking soda ya. Kue karamel sarang semu yang simple beraroma gula karamel bisa di panggang di. Kue sarang semut kukus tanpa mixer hasilnya kenyal dan bersarang yuk cobain di rumah.

Kue Karamel / Sarang Semut - cookandrecipe.com Kalau dilihat dari warnanya, kue satu ini mungkin memang tidak terlalu menarik. Warnanya yang hitam pasti membuat banyak orang beranggapan bahwa kue karamel ini adalah kue yang gosong. Masakan kue karamel atau kue sarang semut. Tenang saja untuk tutorial cara bikin Kue Karamel / Sarang Semut yang akan kami jelaskan ini hanya membutuhkan 9 bahan dan 7 langkah saja.

9 Bahan Bahan untuk Memasak Kue Karamel / Sarang Semut

Untuk bisa membikin Kue Karamel / Sarang Semut pada postingan ini kita perlu menyiapkan 9 bahan saja. Jadi silahkan kita siapkan terlebih dahulu bahan-bahanya seperti dibawah ini.

  1. Siapkan gula pasir - 200 gram.
  2. Siapkan air panas - 200 ml.
  3. Siapkan terigu - 125 gram.
  4. Siapkan telur - 4 butir.
  5. Siapkan baking powder - 1 sdt.
  6. Siapkan soda kue - 1 sdt.
  7. Siapkan garam - 1/2 sdt.
  8. Siapkan margarin cair - 50 gram.
  9. Siapkan SKM coklat - 1 sachet.

Ada juga orang bilang kek gula hangus. Sajian kue bolu caramel sarang semut adalah hidangan yang enak dan lezat. Sajian kue ini akan bisa anda sajikan untuk beberapa acara seperti arisan dirumah, hajatan dan lain sebagainya. Yuk, simak seperti apa cara membuat sajian kue bolu caramel sarang semut dibawah ini.

7 Panduan Membuat Kue Karamel / Sarang Semut

Jika kamu sudah menyiapkan 9 bahan diatas. Selanjutnya kita simak langkah-langkah selengkapnya untuk membuat Kue Karamel / Sarang Semut dibawah ini.

  1. Panaskan gula pasir dengan api kecil hingga mencair dan berwarna kecoklatan. Kemudian tambahkan air panas sedikit demi sedikit. Rebus hingga mendidih hingga karamel larut. Angkat, dinginkan lalu saring..
  2. Kocok telur menggunakan spatula/whisk masukan soda kue dan baking powder sambil terus dikocok.
  3. Masukkan tepung terigu sedikit2 sambil diaduk rata bergantian dengan karamel.
  4. Tambahkan margarin cair, garam dan SKM aduk hingga tercampur rata.
  5. Tuang ke dalam loyang yg sudah dioles margarin dan ditaburi tepung.
  6. Oven kurang lebih 30-40 menit atau sampai matang tergantung oven masing2.
  7. Angkat dan dinginkan, potong2 lalu sajikan :D.

Kue sarang semut adalah salah satu kue khas Indonesia. Disebut sarang semut karena kue ini berongga-rongga seperti sarang semut. Warna coklat pada kue sarang semut berasal dari campuran karamel. Kue Sarang Semut atau sering juga disebut Bolu Karamel ini adalah salah satu kue wajib yang biasa dihidangkan saat ada acara kumpul-kumpul seperti arisan, tahlilan, dll. Rasanya yang manis, cocok dinikmati bersama teh favoritmu.

Bagaimana sangat mudah bukan cara bikin Kue Karamel / Sarang Semut ini. Silahkan teman-teman coba dirumah yaa. Semoga berhasil dan selamat mencicipi. Silahkan kamu simak dan baca koleksi resep masakan enak dan mudah lainnya juga yaa.

Simpan Resep