✓ 10 Cara Masak Kue Karamel Sarang Semut yang Cepat

Delicious, fresh and tasty.

Buat kalian yang sedang mencari resep Kue Karamel Sarang Semut. Pada resep kali ini kami akan memandu tutorial lengkap cara buat Kue Karamel Sarang Semut dengan mudah dan pastinya tidak kalah enak.

Mohon maaf di resep saya kata baking powder tapi saya pakai baking soda ya. Kue karamel sarang semu yang simple beraroma gula karamel bisa di panggang di. Masakan kue karamel atau kue sarang semut.

Kue Karamel Sarang Semut - cookandrecipe.com Kalau dilihat dari warnanya, kue satu ini mungkin memang tidak terlalu menarik. Warnanya yang hitam pasti membuat banyak orang beranggapan bahwa kue karamel ini adalah kue yang gosong. Sajian kue bolu caramel sarang semut adalah hidangan yang enak dan lezat. Tenang saja untuk tutorial cara bikin Kue Karamel Sarang Semut yang akan kami jelaskan ini hanya membutuhkan 9 bahan dan 10 langkah saja.

9 Bahan Bahan untuk Resep Kue Karamel Sarang Semut

Untuk bisa memasak Kue Karamel Sarang Semut pada postingan ini kamu membutuhkan 9 bahan saja. Jadi silahkan kita siapkan terlebih dahulu bahan-bahanya seperti dibawah ini.

  1. Siapkan tepung terigu - 220 gram.
  2. Siapkan gula pasir - 200 gram.
  3. Siapkan air hangat - 250 ml.
  4. Siapkan susu kental manis - 5 sachet.
  5. Siapkan mentega/margarin - 3 1/2 sendok makan.
  6. Siapkan telur ayam - 5.
  7. Siapkan baking powder - 1 sendok teh.
  8. Siapkan baking soda - 2 sendok teh.
  9. Siapkan vanila essence - 1 sdm.

Sajian kue ini akan bisa anda sajikan untuk beberapa acara seperti arisan dirumah, hajatan dan lain sebagainya. Yuk, simak seperti apa cara membuat sajian kue bolu caramel sarang semut dibawah ini. Kue sarang semut adalah salah satu kue khas Indonesia. Disebut sarang semut karena kue ini berongga-rongga seperti sarang semut.

10 Langkah Memasak Kue Karamel Sarang Semut

Apabila kita sudah menyiapkan 9 bahan diatas. Selanjutnya kita simak langkah-langkah selengkapnya untuk bikin Kue Karamel Sarang Semut dibawah ini.

  1. Buat karamel dengan memanaskan gula + 2 sendok makan air sampai kecoklatan lalu tambahkan sisa air.
  2. Panaskan oven 170 derajat celcius, olesi loyang dengan mentega dan taburi tepung.
  3. Kocok susu kental manis menggunakan balon wisk sampai lembut.
  4. Tambahkan mentega ke dalam susu kental manis, aduk hingga rata.
  5. Masukan telur satu persatu, aduk hingga rata.
  6. Tambahkan baking powder, baking soda, vanilla essence ke dalam adonan, aduk rata.
  7. Masukan tepung sedikit demi sedikit, aduk rata.
  8. Masukkan karamel ke dalam adonan, aduk rata, adonan akan berbentuk cair.
  9. Tuangkan ke dalam loyang, panggang selama 1 jam.
  10. Setelah 1 jam, cek dengan menusukkan tusuk gigi, apabila tidak ada adonan yang menempel maka kue sudah jadi, keluarkan dari oven, angin anginkan sebentar, keluarkan kue dari loyang, kue siap dinikmati.

Warna coklat pada kue sarang semut berasal dari campuran karamel. Pengen bikin cemilan tapi pakai bahan seadanya di rumah, soalnya males mau nyari bahan keluar. Resep kue Sarang Semut Karamel adalah permintaan dari salah satu sahabat fb blog resep cake, untuk yang lain sabar ya, pelan pelan akan saya posting setiap permintaan saudara saudari, kemarin yang klapertart sudah saya posting. penganan ini terinspirasi namanya dengan tempat koloni. Kue ini namanya Cake caramel, atau bolu karamel atau kue sarang semut, karena lantaran teksturnya unik berongga-rongga mirip sarang semut sehingga menarik soal rasa manis dan mantap. Membuatnya sangat mudah bisa diaduk menggunakan whisker biasa atau Tanpa mixer dan bisa juga.

Bagaimana sangat mudah bukan membikin Kue Karamel Sarang Semut ini. Silahkan Anda coba dirumah yaa. Semoga berhasil dan selamat mencicipi. Silahkan kamu simak dan baca koleksi resep masakan enak dan mudah lainnya juga yaa.

Simpan Resep