✓ 5 Cara Memasak Kue karamel/sarang semut yang Cepat

Dapatkan ribuan koleksi resep masakan yang enak dan Mudah.

Resep Kue karamel/sarang semut. Pada tulisan kali ini kami akan memberikan tutorial lengkap cara masak Kue karamel/sarang semut dengan mudah dan pastinya tidak kalah enak.

Cara Sederhana Membuat Resep Bolu Karamel Seperti Rumah Sarang Semut. Kalau dilihat dari warnanya, kue satu ini mungkin memang tidak terlalu menarik. Warnanya yang hitam pasti membuat banyak orang beranggapan bahwa kue karamel ini adalah kue yang gosong.

Kue karamel/sarang semut - cookandrecipe.com Sajian kue bolu caramel sarang semut adalah hidangan yang enak dan lezat. Sajian kue ini akan bisa anda sajikan untuk beberapa acara seperti arisan dirumah, hajatan dan lain sebagainya. Yuk, simak seperti apa cara membuat sajian kue bolu caramel sarang semut dibawah ini. Tenang saja untuk tutorial cara memasak Kue karamel/sarang semut yang akan kami jelaskan ini hanya membutuhkan 9 bahan dan 5 langkah saja.

9 Bahan Bahan untuk Memasak Kue karamel/sarang semut

Untuk bisa membikin Kue karamel/sarang semut pada postingan ini kita perlu menyiapkan 9 bahan saja. Jadi silahkan kamu siapkan terlebih dahulu bahan-bahanya seperti dibawah ini.

  1. Siapkan gula pasir - 250 grm.
  2. Siapkan air hangat - 250 ml.
  3. Siapkan margarin (saya pakai bluband) - 100 grm.
  4. Siapkan tepung terigu (protein sedang) - 75 grm.
  5. Siapkan tepung sagu tani - 75 grm.
  6. Siapkan baking soda - 1/2 sdm.
  7. Siapkan soda kue - 1/2 sdm.
  8. Siapkan telur - 3 butir.
  9. Siapkan susu kental manis - 3 saset.

Kue sarang semut adalah salah satu kue khas Indonesia. Disebut sarang semut karena kue ini berongga-rongga seperti sarang semut. Warna coklat pada kue sarang semut berasal dari campuran karamel. Kue karamel dengan rongga menyerupai sarang semut ini ternyata mudah dibuat di rumah.

5 Panduan Memasak Kue karamel/sarang semut

Jika Anda sudah menyiapkan 9 bahan diatas. Sekarang kamu simak langkah-langkah selengkapnya untuk membikin Kue karamel/sarang semut dibawah ini.

  1. Pertama-tama buat karamelnya terlebih dahulu masak gula pasir di atas wajan sampai meleleh.Setelah meleleh masuk kan air hangat sediki demi sedikit sembari di aduk sampai larut (tuang air dari pinggir dan hati2 kena percikan karamel).
  2. Kocok telur dan susu sampai tercampur rata (saya menggunakan kocokan yang berbentuk per).
  3. Masukkan tepung terigu, tepung sagu tani, baking soda dan soda kue sembari di ayak, aduk dan masukkan karamel setelah itu masukkan margarin yang sudah di lelehkan.
  4. Tuang dalam loyang yang sudah di olesi margarin dan sedikit di taburi tepung, panggang kurang lebih 35 menit dengan suhu 175 °c tergantung oven masing2.
  5. Tes tusuk dengan tusuk gigi ya kalau masih lengket lanjutkan pemanggangan. Kalo tusuk gigi bersih itu tandanya sudah matang. Ini sesudah di keluarkan dari loyang rasanya endes looo ? **SELAMAT MENCOBA**.

Kue jadul yang kerap disebut kue karamel ini tak jarang menjadi sajian hantaran untuk acara syukuran. Baca juga: Resep Bolu Jadul, Marmer Cake yang Bikin Kangen. Resep kue Sarang Semut Karamel adalah permintaan dari salah satu sahabat fb blog resep cake, untuk yang lain sabar ya, pelan pelan akan saya posting setiap permintaan saudara saudari, kemarin yang klapertart sudah saya posting. penganan ini terinspirasi namanya dengan tempat koloni. Kue Sarang Semut atau sering juga disebut Bolu Karamel ini adalah salah satu kue wajib yang biasa dihidangkan saat ada acara kumpul-kumpul seperti arisan, tahlilan, dll. Rasanya yang manis, cocok dinikmati bersama teh favoritmu.

Bagaimana sangat mudah bukan cara membuat Kue karamel/sarang semut ini. Silahkan kamu coba dirumah yaa. Semoga berhasil dan selamat mencicipi. Silahkan kamu simak dan baca koleksi resep masakan enak dan mudah lainnya juga yaa.

Simpan Resep