✓ 7 Cara Bikin Kue Karamel (Sarang Semut) yang Enak

Delicious, fresh and tasty.

Bagaimana sih cara buat Kue Karamel (Sarang Semut). Pada resep kali ini kami akan berbagi tutorial lengkap cara buat Kue Karamel (Sarang Semut) dengan mudah dan pastinya tidak kalah enak.

Kue Karamel (Sarang Semut) - cookandrecipe.com Tenang saja untuk tutorial cara membuat Kue Karamel (Sarang Semut) yang akan kami jelaskan ini hanya membutuhkan 9 bahan dan 7 langkah saja.

9 Bahan Bahan untuk Membuat Kue Karamel (Sarang Semut)

Untuk bisa membuat Kue Karamel (Sarang Semut) pada postingan ini kamu membutuhkan 9 bahan saja. Jadi silahkan kamu siapkan terlebih dahulu bahan-bahanya seperti dibawah ini.

  1. Siapkan gula putih - 15 sendok makan.
  2. Siapkan tepung tapioka - 3 sendok makan.
  3. Siapkan tepung terigu - 6 sendok makan.
  4. Siapkan telur - 3 butir.
  5. Siapkan SKM (Susu Kental Manis) - 2 sachet.
  6. Siapkan vanili bulat - 1 buah.
  7. Siapkan soda kue - 1 sendok teh.
  8. Siapkan mentega - 5 sendok makan.
  9. Siapkan air - 220 ml.

7 Panduan Resep Kue Karamel (Sarang Semut)

Setelah Anda sudah menyiapkan 9 bahan diatas. Selanjutnya kalian simak langkah-langkah selengkapnya untuk bikin Kue Karamel (Sarang Semut) dibawah ini.

  1. Siapkan wajan/teflon untuk membuat karamel. Tuangkan 15 sendok makan gula putih ke dalam wajan, masak dengan api kecil. Jika gula sudah mulai mencair dan berbuih menjadi coklat terang masukkan 220 ml air secara perlahan. Jika karamel mulai mendidih dan agak berbuih, matikan kompor dan biarkan karamel dingin..
  2. Cairkan mentega dan sisihkan..
  3. Buat adonan kering dengan mencampurkan tepung terigu, tepung tapioka dan soda kue. Aduk hingga tercampur rata..
  4. Pecahkan 3 butir telur di dalam satu wadah, masukkan vanili dan SKM kemudian kocok hingga mulai berbuih..
  5. Masukkan adonan kering ke dalam kocokkan telur sedikit demi sedikit bergantian dengan karamel yang sudah dimasak tadi. Kocok perlahan hingga semua adonan tercampur rata..
  6. Masukkan adonan ke dalam panci teflon yang sudah dioles mentega dan tepung agar adonan tidak lengket saat masak. Masukkan sambil disaring terlebih dulu agar adonan tidak bergerindil..
  7. Masak di atas kompor dengan api kecil. Lapisi kompor dengan loyang bekas atau ditambah tungku yang lain. Agar kue masaknya rata dan tidak gosong. Masak dengan panci terbuka, tunggu 20 menit hingga adonan bagian atas mulai berbuih, kemudian tutup panci. Masak sekitar 30 menit lagi dan koreksi kue dengan menusukkan lidi ke adonan. Apabila lidi tidak ada adonan yang lengket berarti kue sudah masak..

Bagaimana sangat mudah bukan membikin Kue Karamel (Sarang Semut) ini. Silahkan Anda coba dirumah yaa. Semoga berhasil dan selamat mencicipi. Silahkan kamu simak dan baca koleksi resep masakan enak dan mudah lainnya juga yaa.

Simpan Resep