✓ 10 Cara Membuat Kue Khamir Kurma (Kamir) yang Lezat

Delicious, fresh and tasty.

Jika saat ini kamu sedang ingin membuat Kue Khamir Kurma (Kamir). Pada postingan kali ini kami akan membagikan tutorial lengkap cara bikin Kue Khamir Kurma (Kamir) dengan mudah dan pastinya tidak kalah enak.

Kue kamir merupakan kue tradisional khas Pemalang Jawa Tengah yang mengadopsi budaya kuliner Arab. Kue khamir atau kamir berasal dari kota pempek yaitu pelembang sumatara selatan. dengan berbahan dasar tape dan tepung terigu menjadikan kue ini sangat. Kue ini rasanya enak banget dan teksturnya empukk.

Kue Khamir Kurma (Kamir) - cookandrecipe.com Prosesnya membuatnya juga mirip dengan kue wafel/bapel, yakni waktu adonan sudah setengah matang lalu dibalik Kue "kamir" begitu namanya, ada juga yang menyebut "khamir" atau "shamir". Makanan ini banyak dibuat oleh pengusaha keturunan Arab yang sudah tinggal di Indonesia sejak berpuluh tahun lalu, terbuat dari tepung terigu, ragi, mentega, dan gula. Kue kamir adalah salah satu kue fermentarsi. Tenang saja untuk tutorial cara bikin Kue Khamir Kurma (Kamir) yang akan kami jelaskan ini hanya membutuhkan 11 bahan dan 10 langkah saja.

11 Bahan Bahan untuk Membuat Kue Khamir Kurma (Kamir)

Untuk dapat memasak Kue Khamir Kurma (Kamir) pada postingan ini kamu memerlukan 11 bahan saja. Jadi silahkan kita siapkan terlebih dahulu bahan-bahanya seperti dibawah ini.

  1. Siapkan terigu serbaguna - 250 gram.
  2. Siapkan gula pasir - 100 gram.
  3. Siapkan telur - 1 butir.
  4. Siapkan margarin, lelehkan/25 gram - 2 sdm.
  5. Siapkan garam - 1/4 sdt.
  6. Siapkan vanila bubuk - 1/4 sdt.
  7. Siapkan ragi instan - 1 sdt.
  8. Siapkan baking powder/baking soda - 1/2 sdt.
  9. Siapkan tape tanpa sumbu - 150 gram.
  10. Siapkan air, sy hangat suam kuku, jgn panas nnt raginya mati - 250 ml.
  11. Siapkan kurma (tambahan saya),potong2 lalu lumuri terigu tipis2 - 100 gram.

Selain menggunakan ragi instan, tape juga membantu fermentasi kue ini menjadi lebih sempurna. Anda dapat menggunakan cetakan kue carabikang, cetakan resep kue lumpur ataupun cetakan lain untuk membuat sajian enak ala Abang-abang ini. Kue Kamir atau kue khamir merupakan kue tradisional khas pemalang yang memiliki rasa manis dan empuk. Konon asal usul kue kamir pemalang pertama kali dibuat oleh orang arab sehingga dikenal dengan kue kamir arab.

10 Panduan Memasak Kue Khamir Kurma (Kamir)

Apabila kita sudah menyiapkan 11 bahan diatas. Berikutnya Anda simak langkah-langkah selengkapnya untuk bikin Kue Khamir Kurma (Kamir) dibawah ini.

  1. Haluskan tape dengan gula pasir..
  2. Campur semua bahan kecuali kismis. Mixer rata hingga licin..
  3. Masukan kurma, aduk rata. (Kurma bs juga di jadikan isian jika tdk ingin di campur di adonan). Jika kurma lengket setelah di potong2, lumuri kurma dengan terigu tipis2 agar terurai..
  4. Lalu diamkan 1-2 jam. Saya 2 jam. Saya tutup serbet bersih. Ini setelah 2 jam. Sudah mengembang tanda ragi bekerja drngan baik..
  5. Panaskan cetakan, oles permukaannya dengan margarin tipis2..
  6. Tuang 2/3 penuh saja. Lalu tutup wajan. Biarkan sisi bawahnya matang. Tutup wajan. Lalu balik. Biarkan matang. Angkat. (Jika kurmanya tdk di campur di adonan, tuang 1/2 adonan, beri kurma lalu tutup lg dengan adonan. Masak hingga kedua sisi matang)..
  7. Sajikan..
  8. .
  9. .
  10. .

Trouvez des images de stock de Kue Kamir Khamir Originally Comes Arab en HD et des millions d'autres photos, illustrations et images vectorielles de stock libres de droits dans la collection Shutterstock. Kue Kamir or Khamir, originally comes from Arab. Kue khamir, jajanan khas Pemalang yang adalah kreasi jajanan asal Arab. Kue khamir berbentuk bundar, pipih berwarna coklat mirip dengan kue apem. Kue khamir terbuat dari adonan terigu, margarin, tape, telur, ragi, gula dan susu.

Bagaimana sangat mudah bukan cara membuat Kue Khamir Kurma (Kamir) ini. Silahkan kalian coba dirumah yaa. Semoga berhasil dan selamat mencicipi. Silahkan kamu simak dan baca koleksi resep masakan enak dan mudah lainnya juga yaa.

Simpan Resep