9 Bahan Buat Nasi Uduk Bunga Telang yang Lezat

Dapatkan ribuan koleksi resep masakan yang enak dan Mudah.

Buat kalian yang sedang mencari resep Nasi Uduk Bunga Telang. Pada tulisan kali ini kami akan memandu tutorial lengkap cara bikin Nasi Uduk Bunga Telang dengan mudah dan pastinya tidak kalah enak.

Nasi Uduk Bunga Telang—⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ Pernah mendengar bunga telang? Adalah kembang yang biasa ditemui di tepi hutan. Nasi Uduk Bunga Telang rasanya sama mirip nasi uduk biasa cuma ya itu warnanya aja asli dari bunga telangnya.

Nasi Uduk Bunga Telang - cookandrecipe.com Campuran bunga yang satu ini akan memberikan rasa khas yang unik dan berbeda. Nasi uduk indonesia dan ayam goreng metode marinasi desaku. Nasi uduk bunga telang. foto: Instagram/@hijabgaleri. Tenang saja untuk tutorial resep Nasi Uduk Bunga Telang yang akan kami jelaskan ini hanya membutuhkan 9 bahan dan 5 langkah saja.

9 Bahan Bahan untuk Memasak Nasi Uduk Bunga Telang

Untuk bisa bikin Nasi Uduk Bunga Telang pada postingan ini kita perlu menyiapkan 9 bahan saja. Jadi silahkan kalian siapkan terlebih dahulu bahan-bahanya seperti dibawah ini.

  1. Siapkan beras cuci bersih - 500 gr.
  2. Siapkan bunga talang - 10 lembar.
  3. Siapkan santan kara 65ml - 1 bungkus.
  4. Siapkan sere - 1 batang.
  5. Siapkan daun jeruk - 2 lembar.
  6. Siapkan daun salam - 1 lembar.
  7. Siapkan kaldu bubuk (sesuai selera) - 1 bungkus.
  8. Siapkan garam halus - 1 sdt.
  9. Siapkan air (100 ml untuk rebus bunga telang) ini ukuran perkira - 1 liter.

Ya, warna nasinya yang kebiruan berasal dari bunga telang. Ditambah bumbu-bumbu, hmm tambah endeus rasanya! Bosan makan nasi yang gitu-gitu aja? Endeusiast bisa mencoba membuat Nasi Gurih Bunga Telang ini.

5 Panduan Resep Nasi Uduk Bunga Telang

Apabila Anda sudah menyiapkan 9 bahan diatas. Selanjutnya Anda simak langkah-langkah selengkapnya untuk membikin Nasi Uduk Bunga Telang dibawah ini.

  1. Siapkan semua bahan yang di butuhkan. Rebus bunga telang dengan 100 ml air sampai keluar warna nya selama kurang lebih 10 menit..
  2. Lalu masukkan air rebusan bunga telang tadi kedalam panci yang sudah di beri beras sere daun dalam dan daun jeruk serta santan dan air secukupnya sesuai uk memasak nasi biasanya ya jangan terlalu banyak dan juga sikit. Oh ya saya masak di panci biasadulu ya. Bisa langsung pakai rice cooker..
  3. Masak dengan api kecil lalu tutup. Masak kurlep 25 menitan..
  4. Lalu pindahkan nasi ke dandang kukusan bisa di alaskan daun pisang biar lebih nikmat. Tutup dan masak kurang lebih 15 menitan lagi sampai nasi nya lembut..
  5. Setelah matang siap disatap bersama lauk pauk yang ada dan di sukai selamat mencoba.

Nasi uduk komplet siap untuk disantap. Itulah lima resep nasi uduk yang lezat dan tidak lupa juga cara membuatnya yang gampang sehingga kamu bisa coba bikin di rumah. Mau masak yang mana dulu, nih? Lihat juga resep Nasi Uduk Bunga Telang (pakai rice cooker) enak lainnya. Secara tradisional, manfaat bunga Telang telah digunakan oleh berbagai kelompok orang sebagai obat untuk masalah penglihatan seperti mata merah atau sakit mata lainnya.

Bagaimana sangat mudah bukan cara membuat Nasi Uduk Bunga Telang ini. Silahkan kalian coba dirumah yaa. Semoga berhasil dan selamat mencicipi. Silahkan kamu simak dan baca koleksi resep masakan enak dan mudah lainnya juga yaa.

Simpan Resep