15 Bahan Membuat #21 Nasi Liwet Bakar (pakai teknik ngaron) πŸ’• yang Cepat

Dapatkan ribuan koleksi resep masakan yang enak dan Mudah.

Resep #21 Nasi Liwet Bakar (pakai teknik ngaron) πŸ’•. Pada resep kali ini kami akan membagikan tutorial lengkap cara membuat #21 Nasi Liwet Bakar (pakai teknik ngaron) πŸ’• dengan mudah dan pastinya tidak kalah enak.

#21 Nasi Liwet Bakar (pakai teknik ngaron) πŸ’• - cookandrecipe.com Tenang saja untuk tutorial cara membuat #21 Nasi Liwet Bakar (pakai teknik ngaron) πŸ’• yang akan kami jelaskan ini hanya membutuhkan 15 bahan dan 10 langkah saja.

15 Bahan Bahan untuk Membuat #21 Nasi Liwet Bakar (pakai teknik ngaron) πŸ’•

Untuk dapat bikin #21 Nasi Liwet Bakar (pakai teknik ngaron) πŸ’• pada tutorial ini kita perlu menyiapkan 15 bahan saja. Jadi silahkan kita siapkan terlebih dahulu bahan-bahanya seperti dibawah ini.

  1. Siapkan Bahan utama : - .
  2. Siapkan beras (cuci bersih, tiriskan) - 250 gr.
  3. Siapkan Bumbu : - .
  4. Siapkan bawang merah (iris) - 6 siung.
  5. Siapkan bawang putih(iris) - 3 siung.
  6. Siapkan cabai keriting ijo - 2 bh.
  7. Siapkan cabai keriting merah - 3 bh.
  8. Siapkan daun salam - 4 lembar.
  9. Siapkan sereh (memarkan / geprek) - 1 batang.
  10. Siapkan garam - 1/2 sdm.
  11. Siapkan kaldu ayam (optional) - 1/2 sdm.
  12. Siapkan Bahan tambahan : - .
  13. Siapkan daun kemangi muda - Secukupnya.
  14. Siapkan ikan teri (goreng garing) - 50 gr.
  15. Siapkan minyak (untuk menumis) - 3 sdm.

10 Langkah Membuat #21 Nasi Liwet Bakar (pakai teknik ngaron) πŸ’•

Apabila kita sudah menyiapkan 15 bahan diatas. Berikutnya kamu simak langkah-langkah selengkapnya untuk bikin #21 Nasi Liwet Bakar (pakai teknik ngaron) πŸ’• dibawah ini.

  1. Siapkan panci, beri air secukupnya. Lalu biarkan hingga mendidih..
  2. Sambil menunggu air dalam panci mendidih, panaskan minyak lalu tumis bumbu hingga harum..
  3. Setelah air dalam panci mendidih, masukkan beras yang sudah dicuci bersih. Aduk sebentar agar tidak menggumpal..
  4. Lalu, masukkan bumbu yang telah ditumis ke dalam panci. Aduk hingga rata. Masak hingga air sat..
  5. Siapkan panci kukusan yang sebelumnya sudah dididihkan selama 15menit. Lalu, masukkan beras yang telah diaron bersama bumbu tadi. Masak selama 30menit. Setelah matang, angkat, pindah ke dalam wadah lain agar lebih cepat dingin. (jika tidak ingin dibakar, cukup sampai langkah ini aja ya makk.. udah maknyuss bangett walau belum dibakar. Tapi saya mau nyoba dibakar.).
  6. Untuk yang dibakar ; siapkan daun pisang yang telah layu, lalu bersihkan menggunakan lap. Ambil 1 lembar daun, beri nasi liwet, daun kemangi muda, dan sedikit ikan teri goreng, lalu gulung perlahan. (tidak perlu terlalu set saat menggulung, nanti bisa dipadatkan dengan sendok).
  7. Setelah itu, padatkan sisi kanan dan kiri menggunakan sendok. Jika pada pinggiran daun sisanya terlalu besar, potong daun dengan patokan menggunakan 2 jari..
  8. Lalu, buat bentuk segitiga pada ujungnya, dan sematkan lidi. Nah, bentuk nasi bakar yang biasanya dijual diangkringan yang kotak-kotak itu ya makk. Ini karena saya kurang telatan jadi ada yang lonjong kaya lontong. 🀣🀣🀣.
  9. Bakar menggunakan bara api hingga matang, dan daun menjadi agak hitam. Dibolak-balik agar tidak gosong..
  10. Voilaaaa.. nasi liwet bakar siap disajikanπŸ€—πŸ€— enak disajikan bersama tahu goreng, tempe goreng, ikan goreng, atau yang lain. Bersama sambal tomat atau terasi. Selamat mencobaaπŸ€—πŸ€—πŸ€—.

Bagaimana sangat mudah bukan membikin #21 Nasi Liwet Bakar (pakai teknik ngaron) πŸ’• ini. Silahkan Anda coba dirumah yaa. Semoga berhasil dan selamat mencicipi. Silahkan kamu simak dan baca koleksi resep masakan enak dan mudah lainnya juga yaa.

Simpan Resep