14 Bahan Membuat Nasi Liwet Sunda yang Enak

Dapatkan ribuan koleksi resep masakan yang enak dan Mudah.

Buat kalian yang sedang mencari resep Nasi Liwet Sunda. Pada tulisan kali ini kami akan berbagi tutorial lengkap cara memasak Nasi Liwet Sunda dengan mudah dan pastinya tidak kalah enak.

Lihat juga resep Nasi liwet (pake magiccom) enak lainnya. Sajian khas Sunda yang dimasak dengan cara unik ini, menggunakan panci khusus liwet atau kastrol, yang membuatnya berbeda dari lainnya. Antara lain nasi lemak, nasi uduk, nasi megono, nasi gemuk, dan lainnya.

Nasi Liwet Sunda - cookandrecipe.com Resep Nasi Liwet Sunda - Nasi liwet merupakan salah satu hidangan berupa nasi gurih yang khas dari Jawa Barat. Terbuat dari beras yang dimasak ke dalam panci khusus liwet atau kastrol. Nasi liwet khas Sunda tidak kalah nikmat dengan resep nasi liwet aslinya, meskipun nasi liwet Nasi liwet Khas Sunda ini banyak diminati apalagi dengan tambahan bumbu dan rempah yang khas. Tenang saja untuk tutorial cara buat Nasi Liwet Sunda yang akan kami jelaskan ini hanya membutuhkan 14 bahan dan 5 langkah saja.

14 Bahan Bahan untuk Memasak Nasi Liwet Sunda

Untuk bisa membuat Nasi Liwet Sunda pada postingan ini kalian perlu menyiapkan 14 bahan saja. Jadi silahkan kita siapkan terlebih dahulu bahan-bahanya seperti dibawah ini.

  1. Siapkan beras - 4 cup.
  2. Siapkan santan kara (200 ml) - 1 kotak.
  3. Siapkan Air - secukupnya.
  4. Siapkan serai - 1 batang.
  5. Siapkan daun salam - 3 lembar.
  6. Siapkan daun jeruk - 2 lembar.
  7. Siapkan cabai rawit - 10 buah.
  8. Siapkan Teri nasi (goreng sebentar, sisihkan) - .
  9. Siapkan Garam - .
  10. Siapkan Kaldu jamur - .
  11. Siapkan Bahan tumisan: - .
  12. Siapkan bawang merah - 4 siung.
  13. Siapkan bawang putih - 2 siung.
  14. Siapkan cabai merah - 2 buah.

Nasi Liwet Khas Sunda via Instagram @aws.food. Berawal dari upaya penghematan atau biasa disebut dengan istilah tirakat, kini nasi liwet Sunda hadir di berbagai kalangan tempat makan mulai. Resep Nasi Liwet - Nasi liwet adalah salah satu sajian nasi khas dari daerah di Indonesia, setiap Masakan nasi liwet Sunda memiliki cita rasa yang tidak kalah enak dibandingkan daerah asalnya. Nasi liwet is an Indonesian dish rice dish cooked in coconut milk, chicken broth and spices, from Solo, Central Java, Indonesia.

5 Tahapan Memasak Nasi Liwet Sunda

Apabila kamu sudah menyiapkan 14 bahan diatas. Sekarang kamu simak langkah-langkah selengkapnya untuk membuat Nasi Liwet Sunda dibawah ini.

  1. Iris kasar bawang merah, bawang putih dan cabai. Tumis dengan sedikit minyak hingga agak layu. Sisihkan..
  2. Cuci beras hingga bersih lalu tiriskan. Masukkan daun jeruk, daun salam, serai, cabai rawit utuh dan tumisan bawang..
  3. Masukkan 1 kotak santan instan ke dalam beras. Tambah air dengan takaran seperti memasak nasi biasa. Tambahkan 1½ sdt garam dan 1 sdt kaldu jamur, aduk rata..
  4. Tekan tombol untuk mulai menanak nasi. Setelah nasi matang, tekan tombol sekali lagi. Tunggu sampai proses masak yg kedua selesai, lalu tabur teri goreng dan aduk hingga tercampur rata..
  5. Sajikan nasi dengan lauk favorit, lalapan dan sambal terasi. Selamat mencoba!.

Common steamed rice is usually cooked in water, but nasi liwet is rice cooked in coconut milk, chicken broth, salam leaves and lemongrass, thus giving the rice a rich. Nasi liwet (bahasa Jawa: ꦱꦼꦒ ꦭꦶꦮꦼꦠ꧀, translit. Sega Liwet) adalah makanan khas kota Solo dan merupakan kuliner asli daerah Baki, Kabupaten Sukoharjo. Nasi liwet adalah nasi gurih (dimasak dengan kelapa) mirip nasi uduk, yang disajikan dengan sayur labu siam, suwiran ayam. Nasi liwet sunda ini sangat pas jika disajikan selagi hangat.

Bagaimana sangat mudah bukan cara bikin Nasi Liwet Sunda ini. Silahkan Anda coba dirumah yaa. Semoga berhasil dan selamat mencicipi. Silahkan kamu simak dan baca koleksi resep masakan enak dan mudah lainnya juga yaa.

Simpan Resep