✓ 6 Cara Memasak Biji Ketapang yang Enak

Delicious, fresh and tasty.

Jika saat ini kamu sedang ingin membuat Biji Ketapang. Pada tulisan kali ini kami akan memberikan tutorial lengkap cara membuat Biji Ketapang dengan mudah dan pastinya tidak kalah enak.

Buat teman teman muslim yang sebentar lagi merayakan Hari Raya Lebaran, pasti sudah sibuk untuk mempersiapkan hidangan dan kue apa saja yang nanti akan. Biji ketapang adalah salah satu kudapan renyah yang harus ada sebagai sajian lebaran. Kebanyakan orang memilih membeli jadi namun ternyata membuatnya sendiri lebih mudah, lho.

Biji Ketapang - cookandrecipe.com Kue biji ketapang ini identik dengan kue kering lebaran. Resep kue biji ketapang yang renyah dan empuk menggunakan. Biji ketapang merupakan biji dari tumbuhan ketapang (Terminallia cattapa). Tenang saja untuk tutorial resep Biji Ketapang yang akan kami jelaskan ini hanya membutuhkan 11 bahan dan 6 langkah saja.

11 Bahan Bahan untuk Memasak Biji Ketapang

Untuk bisa membuat Biji Ketapang pada postingan ini kalian perlu menyiapkan 11 bahan saja. Jadi silahkan kalian siapkan terlebih dahulu bahan-bahanya seperti dibawah ini.

  1. Siapkan tepung terigu (400 gr pro tinggi, 100 gr pro sedang) - 500 gram.
  2. Siapkan telur - 2 butir.
  3. Siapkan margarin - 100 gram.
  4. Siapkan gula pasir - 170 gram.
  5. Siapkan kelapa parut agak tua - 170 gram.
  6. Siapkan garam - 1/2 sdt.
  7. Siapkan vanili bubuk - 1 sdt.
  8. Siapkan baking powder - 1/2 sdt.
  9. Siapkan santan kental - 80 ml.
  10. Siapkan wijen (sangrai) - 40 gram.
  11. Siapkan minyak goreng - 750 ml.

Ketapang merupakan tumbuhan asli Asia Tenggara dan juga. Biji ketapang merupakan biji yang berasal dari pohon ketapang, bahasa latinnya adalah Terminallia cattapa. Pohon ini sering ditemui dipinggir-pinggir jalan dan bukan termasuk pohon yang langka. Kue biji ketapang merupakan sajian kue lebaran yang harus ada di meja jamuan.

6 Langkah Resep Biji Ketapang

Setelah kita sudah menyiapkan 11 bahan diatas. Sekarang kalian simak langkah-langkah selengkapnya untuk membuat Biji Ketapang dibawah ini.

  1. Sangrai kelapa sampai kering dan berwarna kuning keemasan, lalu ulek agak kasar. Sisihkan.
  2. Dalam wadah masukkan tepung terigu, garam, gula, vanili, wijen, kelapa halus dan baking powder lalu aduk dg whisk sampai merata.
  3. Buat lubang di tengah tepung lalu masukkan telur dan margarin, uleni sampai agak tercampur lalu masukkan santan kental. Adon sampai semua bahan tercampur merata dan mudah di bentuk.
  4. Ambil sedikit adonan lalu bentuk bulat memanjang sebesar jari telunjuk kemudian gunting serong.
  5. Panaskan minyak goreng kemudian goreng adonan dg api sedang sampai berwarna kuning kecoklatan.
  6. Note: ketika adonan baru di tuang ke dalam minyak jangan diaduk, tunggu adonan kokoh baru di aduk..

Anda gagal bikin biji ketapang, inilah petunjuk lengkap bagaimana cara membuat kue biji ketapang yang enak. Nama kue biji ketapang hanyalah berasal dari bentuknya yang serupa dengan biji ketapang. Mungkin bagi anda pecinta kue sudah tidak heran dengan cemilan yang satu ini. Biji Ketapang adalah makanan yang terbuat dari sagu yang diaduk bercampur santan dan gula pasir. Hasil adonan tersebut dimasak dengan cara digoreng.

Bagaimana sangat mudah bukan membikin Biji Ketapang ini. Silahkan kamu coba dirumah yaa. Semoga berhasil dan selamat mencicipi. Silahkan kamu simak dan baca koleksi resep masakan enak dan mudah lainnya juga yaa.

Simpan Resep