3 Cara Buat Nasi Liwet / Nasi Kuning yang Cepat

Dapatkan ribuan koleksi resep masakan yang enak dan Mudah.

Resep Nasi Liwet / Nasi Kuning. Pada postingan kali ini kami akan memberikan tutorial lengkap cara membuat Nasi Liwet / Nasi Kuning dengan mudah dan pastinya tidak kalah enak.

Resep Nasi Liwet - Nasi liwet adalah salah satu sajian nasi khas dari daerah di Indonesia, setiap daerah bahkan memiliki ciri khas nasi liwet masing-masing. Sebentar lagi si kakak ulang tahun tapi masih bingung mau masak apa? Nasi liwet (bahasa Jawa: ꦱꦼꦒ ꦭꦶꦮꦼꦠ꧀, translit.

Nasi Liwet / Nasi Kuning - cookandrecipe.com Nasi kuning (Indonesian for: "yellow rice"), or sometimes called nasi kunyit (Indonesian for: "turmeric rice"), is an Indonesian fragrant rice dish cooked with coconut milk and turmeric, hence the name nasi kuning (yellow rice). Seperti yang diketahui, resep nasi liwet merupakan salah satu resep makanan yang banyak disukai oleh banyak orang. Bagi Anda yang ingin menikmati nasi liwet namun malas keluar rumah, Anda bisa mencobanya sendiri di rumah. Tenang saja untuk tutorial membikin Nasi Liwet / Nasi Kuning yang akan kami jelaskan ini hanya membutuhkan 10 bahan dan 3 langkah saja.

10 Bahan Bahan untuk Membuat Nasi Liwet / Nasi Kuning

Untuk dapat bikin Nasi Liwet / Nasi Kuning pada tutorial ini kita perlu menyiapkan 10 bahan saja. Jadi silahkan kita siapkan terlebih dahulu bahan-bahanya seperti dibawah ini.

  1. Siapkan beras - 500 gr.
  2. Siapkan santan (65 ml santan instan+air) - 700 ml.
  3. Siapkan bawang merah - 9.
  4. Siapkan bawang putih - 5.
  5. Siapkan daun salam - 2 lembar.
  6. Siapkan daun jeruk, buang tulangnya lalu sobek kasar - 8 lembar.
  7. Siapkan sereh, geprek - 1 batang.
  8. Siapkan garam - 1 sdt.
  9. Siapkan lada bubuk - 1/4 sdt.
  10. Siapkan kunyit bubuk - Secukupnya.

Anda tidak perlu khawatir karena bahan-bahan yang dibutuhkan. Sementara nasi liwet unggul dari segi durasi pembuatannya yang singkat. Sajikan nasi liwet khas Solo yang komplit ini serapi mungkin, ya. Resep nasi kuning - Siapa yang tak kenal nasi kuning?

3 Langkah Memasak Nasi Liwet / Nasi Kuning

Setelah kalian sudah menyiapkan 10 bahan diatas. Berikutnya kamu simak langkah-langkah selengkapnya untuk membuat Nasi Liwet / Nasi Kuning dibawah ini.

  1. Cuci bersih beras. Iris bawang tipis-tipis, masukkan ke dalam panci berisi beras. Tuang santan dan semua bahan. Aduk rata. Masak dengan api kecil sampai santan menyusut. Aduk sesekali supaya tidak gosong..
  2. Kemudian matikan kompor. Pindahkan nasi aron ke dalam dandang yang sudah panas, kukus selama 30 menit..
  3. Setelah 30 menit. Aduk nasinya sebentar, lalu tutup lagi biarkan 10 menit supaya matang merata. Kemudian siap disajikan dengan pelengkap. Selamat makan?.

Makanan khas Indonesia ini terbuat dari beras yang diberi kunyit untuk menghasilkan warna kuning dan dimasak bersama santan. Nasi kuning sering disajikan pada acara-acara tertentu seperti tasyakuran, pesta ulang tahun maupun pesta. Nasi kuning identik muncul saat ada acara seperti ulang tahun, acara pernikahan, peresmian, upacara pembukaan. Untuk penyajiannya nasi kuning kerap dibentuk jadi kerucut, menggunakan cetakan tumpeng. Nasi liwet alas daun pisang biasanya dibuat oleh masyarakat jawa atau pun sunda untuk dihadirkan pada saat acar acara syukuran atau memanjatkan doa, dimana penyajian nasi liwet alas daun pisang ini mudah sekali.

Bagaimana sangat mudah bukan cara memasak Nasi Liwet / Nasi Kuning ini. Silahkan teman-teman coba dirumah yaa. Semoga berhasil dan selamat mencicipi. Silahkan kamu simak dan baca koleksi resep masakan enak dan mudah lainnya juga yaa.

Simpan Resep