19 Bahan Memasak Opor ayam kuah putih yang Lezat

Dapatkan ribuan koleksi resep masakan yang enak dan Mudah.

Resep Opor ayam kuah putih. Pada tulisan kali ini kami akan memberikan tutorial lengkap cara buat Opor ayam kuah putih dengan mudah dan pastinya tidak kalah enak.

Perbedaan opor ayam kuning dan opor ayam putih sebenarnya hanya terletak pada satu bahan yakni, penggunaan kunyit. Warna kuah opor ayam putih memang terlihat lebih pucat, meski demikian kelezatannya membuat orang banyak menggemari masakan opor ayam putih spesial. Opor ayam merupakan salah satu menu yang wajib ada ketika Lebaran.

Opor ayam kuah putih - cookandrecipe.com Umroh.com - Resep opor ayam putih menjadi salah satu menu andalan saat lebaran. Makanan ini bisa dikatakan wajib di meja makan saat hari raya Idul Fitri ataupun Idul Adha. Opor ayam biasanya disajikan bersama ketupat. Tenang saja untuk tutorial cara buat Opor ayam kuah putih yang akan kami jelaskan ini hanya membutuhkan 19 bahan dan 6 langkah saja.

19 Bahan Bahan untuk Resep Opor ayam kuah putih

Untuk bisa bikin Opor ayam kuah putih pada postingan ini kamu membutuhkan 19 bahan saja. Jadi silahkan kita siapkan terlebih dahulu bahan-bahanya seperti dibawah ini.

  1. Siapkan ayam - 1 kg.
  2. Siapkan santan kara 200 ml/250 ml santal kental - 1 bks.
  3. Siapkan Bumbu Halus : - .
  4. Siapkan bawang merah - 8 siung.
  5. Siapkan bawang putih - 4 siung.
  6. Siapkan kemiri - 4 butir.
  7. Siapkan jahe - 5 cm.
  8. Siapkan pala - 1/2 buah.
  9. Siapkan Bumbu Kasar : - .
  10. Siapkan lengkuas (geprek) - 8 cm.
  11. Siapkan serai (geprek) - 1 batang.
  12. Siapkan daun salam - 4.
  13. Siapkan daun jeruk - 2.
  14. Siapkan kayu manis - 1 ruas.
  15. Siapkan masako ayam - 2 bgks.
  16. Siapkan garam - 1 sdt.
  17. Siapkan micin - 1 sdt.
  18. Siapkan gula pasir - 1 sdm.
  19. Siapkan air (optional) - 1 gayung.

Kuahnya yang gurih dan aromanya bisa menggugah selera. Daging ayam yang dikombinasikan dengan kuah santan serta rempah-rempah otentik, sangat cocok untuk lidah orang Indonesia. Sekarang, kamu bisa membuat dan mengetahui apa saja bumbu opor ayam putih ini. Terima kasih sudah menonton video ini, jangan lupa di like, komen dan subscribe ya ? #opor #ayam.

6 Tahapan Resep Opor ayam kuah putih

Apabila kita sudah menyiapkan 19 bahan diatas. Selanjutnya kita simak langkah-langkah selengkapnya untuk membuat Opor ayam kuah putih dibawah ini.

  1. Siapkan bahan² terlebih dahulu..
  2. Blender bahan bumbu halus, lalu tumis campurkan dengan bumbu kasar, tumis sampai harum (matang) dan air menyusut..
  3. Kemudian masukkan 1 gelas air aduk rata, lalu masukkan ayam. Aduk² rata sampai ayam terlumuri bumbu..
  4. Setelah itu masukkan 1 gayung air, atau sampai ayam terendam air. Aduk lagi sampai bumbu tercampur rata, dan ayam berubah pucat serta air menyusut -/+ 8 sampai 10 menit, lalu masukkan masako, garam, gula, micin..
  5. Terakhir masukkan santan, tambahkan sedikit air, jangan lupa diaduk agar santan tidak pecah. Test rasa, tunggu sampai air sedikit menyusut..
  6. Siap disajikan dengan taburan bawang goreng dan buras. Hmm... enak banget, sampai nambah²... (note: klo mau hasilny tidak kental takaran santan kara nya bisa di kurangi sesuai selera, klo aku suka yg kental begini).

Opor ayam ini menjadi menu Lebaran favorit bagi kamu khususnya yang tinggal di Pulau Jawa. Setiap daerah, tuh, punya resep opor ayam berbeda-beda. Ada opor ayam kuah kuning, putih, bahkan merah. Walaupun warna kuahnya berbeda-beda, tetapi rasanya tetap enak, kok! Resep Opor Ayam - Indonesia adalah negara yang terkenal dengan kulinernya yang kaya rempah.

Bagaimana sangat mudah bukan cara buat Opor ayam kuah putih ini. Silahkan kita coba dirumah yaa. Semoga berhasil dan selamat mencicipi. Silahkan kamu simak dan baca koleksi resep masakan enak dan mudah lainnya juga yaa.

Simpan Resep