28 Bahan Memasak Tongseng Sapi Pedas Manis yang Enak

Dapatkan ribuan koleksi resep masakan yang enak dan Mudah.

Jika saat ini kamu sedang ingin membuat Tongseng Sapi Pedas Manis. Pada postingan kali ini kami akan berbagi tutorial lengkap cara membuat Tongseng Sapi Pedas Manis dengan mudah dan pastinya tidak kalah enak.

Cara masak tongseng sapi adalah mencampur daging sandung lamur, daun kol, dan kecap, cabai rawit, dan beragam rempah. Proses membuat tongseng sapi terbilang mudah, cukup campur semua bahan. Rasa pedas yang kuat dari tongseng menjadikannya salah satu sajian yang digemari.

Tongseng Sapi Pedas Manis - cookandrecipe.com Perbedaan yang lebih jelas adalah penggunaan dagingnya. Umumnya tongseng dibuat dengan menggunakan daging yang masih melekat pada tulang, terutama tulang iga. Ya, menikmati semangkuk tongseng sapi dengan kuah yang lezat dan pedas manis tentunya begitu menggugah selera. Tenang saja untuk tutorial cara memasak Tongseng Sapi Pedas Manis yang akan kami jelaskan ini hanya membutuhkan 28 bahan dan 6 langkah saja.

28 Bahan Bahan untuk Membuat Tongseng Sapi Pedas Manis

Untuk dapat memasak Tongseng Sapi Pedas Manis pada postingan ini kita memerlukan 28 bahan saja. Jadi silahkan kalian siapkan terlebih dahulu bahan-bahanya seperti dibawah ini.

  1. Siapkan Bahan Utama - .
  2. Siapkan Daging sapi - 1/2 Kg.
  3. Siapkan Kol / kubis - 1/4 Buah.
  4. Siapkan Tomat - 1 Buah.
  5. Siapkan Daun bawang (iris) - 1 Btg.
  6. Siapkan Serèh - 1 Btg.
  7. Siapkan Lengkoas - 1 Ruas.
  8. Siapkan Daun jeruk - 3 Lbr.
  9. Siapkan Daun salam - 2 Lbr.
  10. Siapkan Santan (aku pakai kara) - 1 Bks.
  11. Siapkan Minyak goreng untuk menumis - Secukupnya.
  12. Siapkan Air matang - Secukupnya.
  13. Siapkan Bumbu Halus (uleg) - .
  14. Siapkan Bawang merah - 8 Butir.
  15. Siapkan Bawang putih - 5 Butir.
  16. Siapkan Cabai merah keriting - 3 Buah.
  17. Siapkan Cabai merah besar - 2 Buah.
  18. Siapkan Cabai rawit merah campur hijau (sesuai selera) - 9 Buah.
  19. Siapkan Kemiri - 4 Butir.
  20. Siapkan Kapulaga - 2 Butir.
  21. Siapkan Lada utuh - 1 Sdt.
  22. Siapkan Ketumbar utuh - 1 Sdt.
  23. Siapkan Kunyit - 1 Ruas.
  24. Siapkan Bumbu Masak (sesuai selera) - .
  25. Siapkan Garam - 1 Sdt.
  26. Siapkan Kaldu jamur - 1 Sdt.
  27. Siapkan Gula merah - 1/2 Butir.
  28. Siapkan Kecap manis - Secukupnya.

Cita rasa khas dari daging sapi yang berpadu dengan rempah-rempah khas tongseng, membuat hidangan ini nikmat dan tak terkalahkan. hidangan tongseng daging sapi ini bisa dijadikan alternatif untuk bisa mencicipi nikmatnya olahan tongseng. Inilah yang unik dari tongseng daging sapi. Hidangan ini memberikan rasa dan selera yang berbeda bagi anda yang tidak terlalu senang dengan aroma daging kambing atau rasa daging. Rasa pedas manisnya benar-benar menggugah selera.

6 Tahapan Memasak Tongseng Sapi Pedas Manis

Jika kamu sudah menyiapkan 28 bahan diatas. Berikutnya kita simak langkah-langkah selengkapnya untuk membuat Tongseng Sapi Pedas Manis dibawah ini.

  1. Cuci bersih dengan air mengalir daging sapi lalu rebus sampai empuk. Setelah empuk angkat, buang air rebusan. Potong dadu (sesuai selera). Sisihkan...
  2. Cuci bersih dengan air mengalir semua bahan, potong sesuai selera kol, tomat, dan daun bawang. Jangan lupa siapkan semua bumbu: geprek, uleg, dan bumbu masak..
  3. Apabila sudah lengkap dan siap semua bahan, panaskan minyak dalam wajan. Tumis bumbu halus sampai wangi, lalu disusul masukkan lengkoas, serèh, daun jeruk dan daun salam. Tumis sampai wangi bercampur rata berubah warna.
  4. Setelah semua bumbu halus dan bumbu geprek wangi serta berubah warna, masukkan daging sapi, oseng-oseng sampai bumbu meresap kedalam daging. Bila dirasa sudah cukup meresap, masukkan air matang lalu disusul masukkan santan kara, aduk terus jangan sampai santan pecah.
  5. Sambil diaduk sambil masukkan bumbu masak: garam, kaldu jamur, gula merah, dan kecap manis, aduk rata sambil tes rasa, apabila rasa sudah pas masukkan kol, tomat, dan daun bawang. Aduk rata, masak hingga matang.
  6. Setelah dirasa sudah matang merata, matikan kompor, lalu Tongseng Sapi Pedas Manis bisa langsung disajikan 🥰.

Cocok juga lho, untuk hidangan lebaran besok. Kepengen tongseng tapi tak bisa makan daging kambing? Rasa pedas manisnya benar-benar menggugah selera. Cara Memasak Tongseng Sapi Tanpa Santan. Pertama, rebus terlebih dahulu daging kambing bersama Setelah bertekstur empuk, masukan kecap manis, lalu tuangkan air secukupnya.

Bagaimana sangat mudah bukan cara bikin Tongseng Sapi Pedas Manis ini. Silahkan kalian coba dirumah yaa. Semoga berhasil dan selamat mencicipi. Silahkan kamu simak dan baca koleksi resep masakan enak dan mudah lainnya juga yaa.

Simpan Resep