✓ 9 Cara Bikin Klepon Jajan Pasar yang Mudah

Dapatkan ribuan koleksi resep masakan yang enak dan Mudah.

Jika saat ini kamu sedang ingin membuat Klepon Jajan Pasar. Pada postingan kali ini kami akan membagikan tutorial lengkap cara masak Klepon Jajan Pasar dengan mudah dan pastinya tidak kalah enak.

Lihat juga resep Klepon Jajan Pasar enak lainnya. gambar jajan pasar tradisional. Dahulu jajanan tersebut dapat kita nikmati dengan mudah, kini mulai Klepon adalah kue tradisional Indonesia yang termasuk ke dalam kelompok jajanan pasar. In old time mostly you can find this food in traditional market in early morning or evening.

Klepon Jajan Pasar - cookandrecipe.com Home › Jajan Pasar › Kue Tradisional. Cara membuat Kue Klepon Yang Sederhana dan Mudah. Cerita nya lg seneng-senengnya bebikinan kue-kue tradisional / jajanan pasar gitu 😃. Tenang saja untuk tutorial cara buat Klepon Jajan Pasar yang akan kami jelaskan ini hanya membutuhkan 9 bahan dan 9 langkah saja.

9 Bahan Bahan untuk Memasak Klepon Jajan Pasar

Untuk bisa memasak Klepon Jajan Pasar pada tutorial ini kita membutuhkan 9 bahan saja. Jadi silahkan kita siapkan terlebih dahulu bahan-bahanya seperti dibawah ini.

  1. Siapkan tepung ketan - 250 gr.
  2. Siapkan tepung beras - 1 sdm.
  3. Siapkan kelapa parut - 250 gr.
  4. Siapkan pandan pasta - 2 tetes.
  5. Siapkan air matang - 3/4 gelas.
  6. Siapkan Santan kental (Kara) - 3 sdm.
  7. Siapkan gula jawa (jangan diparut tapi potong dadu kira2 1cm) - 2 balok.
  8. Siapkan garam - Sejumput.
  9. Siapkan minyak goreng - 2 sdm.

Kue lumpur adalah jajan pasar yang termasuk penganan ringan. Klepon yang sudah masak lalu digelindingkan di atas parutan kelapa agar melekat, sehingga klepon nampak berbalur parutan kelapa. Klepon merupakan salah satu jajan pasar. Kue yang berbentuk bulat dengan bahan dasar beras ketan ini banyak kita jumpai di warung warung kopi, jalan Suro Menggolo pada Minggu Pagi, Pasar Legi.

9 Tahapan Memasak Klepon Jajan Pasar

Jika kamu sudah menyiapkan 9 bahan diatas. Selanjutnya kita simak langkah-langkah selengkapnya untuk bikin Klepon Jajan Pasar dibawah ini.

  1. Kukus kelapa parut selama 10 menit (Setelah selesai, angkat lalu ditaburi garam secukupnya), sambil tunggu kukusan selesai bisa campurkan tepung (ketan+beras) di wadah..
  2. Di tempat terpisah, tuang santan, air, dan tetesan pasta pandan di gelas (aduk2 sampai tercampur semua). Lalu tuang sedikit-sedikit ke dalam adonan tepung..
  3. Setelah semua tercampur gunakan tangan untuk aduk adonan, dan tuang minyak agar adonan kalis dan mudah untuk dibentuk..
  4. Panaskan air di dalam panci untuk merebus..
  5. Setelah sudah kalis, bentuk pipihkan pakai tangan lalu isi dengan gula jawa yang sudah dipotong2 tadi, bentuk bulatan kecil2..
  6. Setiap selesai dibentuk masukkan ke dalam panci rebusan tadi, terus sampai adonan habis..
  7. Jika klepon sudah Naik ke atas air, tunggu sampai 5 menit lalu angkat dan gulingkan di kelapa parut yang sudah di kukus dan diberi garam..
  8. Teruskan teknik tadi sampai selesai, dan klepon siap disajikan. Kenapa harus ditunggu 5 menit setelah klepon naik? Agar gula jawa meleleh saat dimulut saat dimakan..
  9. Terima Kasih..

Akan tetapi, jajan pasar yang satu ini juga sudah dimodifikasi dengan menggunakan singkong Klepon singkong memiliki tekstur yang agak padat dibanding klepon dari tepung beras ketan. Klepon merupakan salah satu kue tradisional yang populer sebagai jajanan pasar di Indonesia. Saat digigit, kue ini mengeluarkan cairan kental gula merah yang enak dan harap. Menurut buku "Kue Basah & Jajan Pasar" karya Yuyun Alamsyah, kue klepon merupakan penganan yang dibagikan kepada kerabat yang menderita udunan atau bisul agar segera sembuh. Klepon ubi juga cocok menjadi makanan ringan untuk dijual dan mendatangkan laba.

Bagaimana sangat mudah bukan cara memasak Klepon Jajan Pasar ini. Silahkan kamu coba dirumah yaa. Semoga berhasil dan selamat mencicipi. Silahkan kamu simak dan baca koleksi resep masakan enak dan mudah lainnya juga yaa.

Simpan Resep