5 Cara Masak 156. Tongseng Daging Sapi (kuah santan) yang Lezat

Dapatkan ribuan koleksi resep masakan yang enak dan Mudah.

Bagaimana sih cara memasak 156. Tongseng Daging Sapi (kuah santan). Pada tulisan kali ini kami akan berbagi tutorial lengkap cara membuat 156. Tongseng Daging Sapi (kuah santan) dengan mudah dan pastinya tidak kalah enak.

resep tongseng daging sapi dan cara masak tongseng sapi lengkap bahan dan bumbu untuk bikin tongseng khas Solo dan tips masak Masak hingga daging cukup empuk dan kuah mengental. Tongseng dibuat dengan menggunakan daging yang masih melekat pada tulang, terutama tulang iga dan tulang belakang. Sebagai tambahan, ke dalam kuah kental tomat, irisan cabe rawit merah dan kecap.

156. Tongseng Daging Sapi (kuah santan) - cookandrecipe.com Bumbu tongseng sapi yang digunakan untuk membuat resep tongseng. Seperti resep tongseng sapi tanpa santan, resep tongseng sapi santan pedas, resep tongseng daging sapi spesial, resep tongseng daging Cara membuat Tongseng Sapi Kuah Susu: Haluskan semua bumbu halus dengan menggunakan blender. Panaskan minyak di wajan, lalu masukkan. Tenang saja untuk tutorial cara membuat 156. Tongseng Daging Sapi (kuah santan) yang akan kami jelaskan ini hanya membutuhkan 28 bahan dan 5 langkah saja.

28 Bahan Bahan untuk Membuat 156. Tongseng Daging Sapi (kuah santan)

Untuk bisa bikin 156. Tongseng Daging Sapi (kuah santan) pada tutorial ini kita membutuhkan 28 bahan saja. Jadi silahkan kita siapkan terlebih dahulu bahan-bahanya seperti dibawah ini.

  1. Siapkan daging sapi, cuci bersih, potong dadu kecil - 400 gram.
  2. Siapkan kol, iris tipis - 100 gram.
  3. Siapkan tomat ukuran besar, potong dadu - 2 buah.
  4. Siapkan bawang merah, iris tipis - 8 siung.
  5. Siapkan cabai rawit merah utuh - 10 buah.
  6. Siapkan daun bawang, iris tebal - 2 batang.
  7. Siapkan santan instant 65 ml - 1 bks.
  8. Siapkan Bumbu Halus : - .
  9. Siapkan bawang putih - 5 siung.
  10. Siapkan bawang merah - 6 siung.
  11. Siapkan ketumbar - 1 sdt.
  12. Siapkan lada - 1 sdt.
  13. Siapkan kemiri - 3 butir.
  14. Siapkan kunyit - 1 ruas.
  15. Siapkan jahe - 1 ruas.
  16. Siapkan Bumbu Dapur : - .
  17. Siapkan serai, geprek - 2 batang.
  18. Siapkan lengkuas, geprek - 2 ruas.
  19. Siapkan daun jeruk - 6 lembar.
  20. Siapkan daun salam - 3 lembar.
  21. Siapkan Secukupnya : - .
  22. Siapkan Minyak sayur - .
  23. Siapkan Air bersih - .
  24. Siapkan Gula pasir - .
  25. Siapkan Garam - .
  26. Siapkan Kaldu bubuk - .
  27. Siapkan Kecap manis - .
  28. Siapkan Bawang goreng (saya skip) - .

Cara masak tongseng sapi adalah mencampur daging sandung lamur, daun kol, dan kecap, cabai rawit, dan beragam rempah. Setelah kuah hampir habis masukkan cabai rawit, kol, garam. Masih dalam nuansa Idul Adha, biasanya Anda mempunyai banyak stok daging setelah berkurban. Membuat tongseng sapi tanpa santan bisa Anda coba sebagai menu hari ini.

5 Panduan Resep 156. Tongseng Daging Sapi (kuah santan)

Setelah kamu sudah menyiapkan 28 bahan diatas. Sekarang Anda simak langkah-langkah selengkapnya untuk bikin 156. Tongseng Daging Sapi (kuah santan) dibawah ini.

  1. ⚠?Rebusan pertama : didihkan air, masukkan potongan daging. Masak selama 10 menit (buang air rebusan pertama, ganti dengan air baru). ⚠?Rebusan kedua : rebus daging dgn panci tertutup selama 15 menit sampai mendidih. Diamkan 30 menit (tutup jangan dibuka sama sekali). Ulangi lagi dengan merebus selama 15 menit dan diamkan selama 30 menit..
  2. Tuang 5 sdm minyak sayur. Tumis bumbu² yang sudah dihaluskan sampai harum. Masukkan semua bumbu dapur. Lalu masukkan daging sapi, aduk hingga berubah warna. Tidak perlu diberi air dahulu, karena daging mengeluarkan air..
  3. Lalu masukkan gula pasir dan garam / kaldu bubuk. Aduk hingga bumbu meresap. Tuang air dan masukkan santan, aduk rata (aduk sesekali sampai mendidih). Masukkan kecap manis. Tes rasa..
  4. Aduk rata kembali. Masukkan irisan : kol, bawang merah, tomat dan daun bawang. Aduk rata..
  5. Pindahkan ke mangkuk. Sajikan tongseng selagi hangat dengan nasi putih hangat. Bisa ditaburkan bawang goreng yah (kebetulan saya skip karena no stock)..

Tongseng daging kambing sejatinya berasal dari Boyolali, Jawa Tengah. Rahasia kuah tongseng sedap adalah kamu harus memastikan bahwa kamu tak melewatkan satu pun bahan bumbu di dalamnya. Begitu juga dengan bagian lain dari daging sapi, yakni iga dan lidah. Kuah gurih yang nikmat bersatu dengan aroma bumbu yang begitu kaya serta kolaborasi daging bersama dengan bahan pelengkap membuat hidangan ini tersaji begitu istimewa dan terasa begitu lezat. Hidangan ini memang lezat, namun selain lezat hidangan soto daging juga nikmat disajikan.

Bagaimana sangat mudah bukan cara memasak 156. Tongseng Daging Sapi (kuah santan) ini. Silahkan kalian coba dirumah yaa. Semoga berhasil dan selamat mencicipi. Silahkan kamu simak dan baca koleksi resep masakan enak dan mudah lainnya juga yaa.

Simpan Resep