5 Cara Masak #TONGSENG SAPI yang Lezat

Dapatkan ribuan koleksi resep masakan yang enak dan Mudah.

Buat kalian yang sedang mencari resep #TONGSENG SAPI. Pada postingan kali ini kami akan memberikan tutorial lengkap cara membuat #TONGSENG SAPI dengan mudah dan pastinya tidak kalah enak.

#TONGSENG SAPI - cookandrecipe.com Tenang saja untuk tutorial cara membuat #TONGSENG SAPI yang akan kami jelaskan ini hanya membutuhkan 23 bahan dan 5 langkah saja.

23 Bahan Bahan untuk Membuat #TONGSENG SAPI

Untuk dapat membuat #TONGSENG SAPI pada tutorial ini kamu membutuhkan 23 bahan saja. Jadi silahkan kalian siapkan terlebih dahulu bahan-bahanya seperti dibawah ini.

  1. Siapkan daging sapi tetelan/daging sop - 500 gr.
  2. Siapkan air kaldu rebusan daging - 700 ml.
  3. Siapkan santan instan @65ml - 1 bks.
  4. Siapkan sereh memarkan - 1 batang.
  5. Siapkan lengkuas geprek - 1 jempol.
  6. Siapkan cengkeh - 3 butir.
  7. Siapkan daun jeruk - 3 lembar.
  8. Siapkan daun kol rajang kasar - 5 lembar.
  9. Siapkan cabe rawit merah utuh - 5 buah.
  10. Siapkan kecap manis - 5 sdm.
  11. Siapkan daun bawang iris halus - 1 batang.
  12. Siapkan minyak goreng - 1 sendok sayur.
  13. Siapkan Garam - secukupnya.
  14. Siapkan Kaldu jamur - secukupnya.
  15. Siapkan Bumbu halus : - .
  16. Siapkan bawang merah - 5 butir.
  17. Siapkan bawang putih - 3 siung.
  18. Siapkan kemiri sangrai - 3 butir.
  19. Siapkan cabe merah keriting - 3 buah.
  20. Siapkan kunyit - 1 ruas jari.
  21. Siapkan jahe - 1 ruas jari.
  22. Siapkan ketumbar bubuk - 1 sdt.
  23. Siapkan lada bubuk - 1/2 sdt.

5 Langkah Resep #TONGSENG SAPI

Setelah Anda sudah menyiapkan 23 bahan diatas. Berikutnya Anda simak langkah-langkah selengkapnya untuk membuat #TONGSENG SAPI dibawah ini.

  1. Rebus daging hingga empuk (me presto biar cepet he) angkat tiriskan, ambil kaldu rebusan daging nya sebnyk 700ml sambil di saring ya..
  2. Panaskan minyak goreng tumis bumbu halus hingga harum masukkan daun jeruk, sereh lengkuas dan cengkeh tumis hingga bumbu aga kering dengan api sedang..
  3. Masukkan daging aduk rata lalu tuangi air kaldu masak hingga mendidih, masukkan santan aduk rata lalu masukkan kol dan cabe utuh (cabenya boleh di iris ya) masak hingga kol layu..
  4. Tambahkan kecap manis, garam dan kaldu bubuk aduk rata cicipi rasa, matikan api lalu masukkan daun bawang, sajikan dengan taburan bawang goreng. Bisa di tambahkan potongan tomat bila suka. (Me lg gak punya tomat).
  5. Note: ini sengaja dibikin agak bnyk kuahnya ya anak2 suka yg bnyk kuahnya. Jika ingin lebih kental kurangi takaran air kaldunya. Kol dan cabe utuh jg opsional ya bisa di tambahin atau di kurangi... selamat mencobaa....

Bagaimana sangat mudah bukan membikin #TONGSENG SAPI ini. Silahkan kalian coba dirumah yaa. Semoga berhasil dan selamat mencicipi. Silahkan kamu simak dan baca koleksi resep masakan enak dan mudah lainnya juga yaa.

Simpan Resep