5 Cara Membuat Opor Ayam Kampung Putih yang Enak

Dapatkan ribuan koleksi resep masakan yang enak dan Mudah.

Jika saat ini kamu sedang ingin membuat Opor Ayam Kampung Putih. Pada tulisan kali ini kami akan membagikan tutorial lengkap cara membuat Opor Ayam Kampung Putih dengan mudah dan pastinya tidak kalah enak.

Opor ayam merupakan salah satu menu yang wajib ada ketika Lebaran. Biasanya, hidangan yang populer di Nusantara ini juga disajikan bersama dengan ketupat dan sayur labu siam. Kuah opor yang terbuat dari campuran santan membuatnya terasa gurih dan lezat.

Opor Ayam Kampung Putih - cookandrecipe.com Hanya saja untuk jenis ayam ini lebih di sukai karena rasanya yang bisa memadu dengan opor ayam dan bisa membuatnya semakin nikmat. Resep Opor Ayam Kuning - Menjelang hari raya Lebaran, resep opor ayam kuning pun kian dicari oleh sejumlah orang. Walaupun daging ayam potong bisa juga digunakan untuk masak opor ayam, tetapi kalau kita bisa menggunakan daging ayam kampung atau buras tentu lebih enak dan mantap. Tenang saja untuk tutorial cara bikin Opor Ayam Kampung Putih yang akan kami jelaskan ini hanya membutuhkan 5 bahan dan 5 langkah saja.

5 Bahan Bahan untuk Resep Opor Ayam Kampung Putih

Untuk dapat membuat Opor Ayam Kampung Putih pada tutorial ini Anda perlu menyiapkan 5 bahan saja. Jadi silahkan kalian siapkan terlebih dahulu bahan-bahanya seperti dibawah ini.

  1. Siapkan ayam kampung - 500 gr.
  2. Siapkan bumbu opor instant saya pakai merk bamboe - 1 sachet.
  3. Siapkan santan kara instant - 1 bungkus.
  4. Siapkan Garam, gula dan kaldu - secukupnya.
  5. Siapkan Bawang goreng buat taburan - .

Cara memasak opor ayam putih enak: Tumis bumbu-bumbu halus, daun jeruk, daun salam, dan serai sampai harum. Masukkan potongan ayam, kemudian aduk hingga berubah warna. Bumbui dengan garam, gula, dan merica, kemudian tuangkan santan sedikit demi sedikit. Bayangkan gurihnya daging ayam kampung bersama kuah opor yang kental kaya akan rempah, pasti nikmat sekali disantap bersama nasi putih panas atau ketupat.

5 Tahapan Membuat Opor Ayam Kampung Putih

Jika kamu sudah menyiapkan 5 bahan diatas. Sekarang kita simak langkah-langkah selengkapnya untuk membuat Opor Ayam Kampung Putih dibawah ini.

  1. Cuci dan potong potong ayam.
  2. Didihkan air lalu rendam ayam selama 10 menit buang airnya ganti air sampi menutup permukaan yam, rebus lagi sampai ayam empuk.
  3. Setelah air tersisa kira kira 2 gelas masukkan bumbu opor instant kemudian santan masak sampai bumbu meresap.
  4. Koreksi rasa bila perlu tambahkan garam, gula dan kaldu angkat sajikan dgn bawang goreng ditabur diatasnya.
  5. Sajikan dengan sambal goreng dan Ketupat.

Namun banyak yang malas memasak opor ayam, karena dianggap sulit dan memakan waktu lama. Resep ayam opor enak dengan bumbu sederhana. Tertarik dengan resep menu hidangan Lebaran lainnya? Menu yang satu ini tentu sudah tidak asing bagi masyarakat Indonesia. Maklum saja, sajian ini memang nikmat dinikmati sebagai menu harian keluarga, sebagai jamuan Ada opor ayam kampung, opor kuah putih, hingga opor pedas.

Bagaimana sangat mudah bukan resep Opor Ayam Kampung Putih ini. Silahkan teman-teman coba dirumah yaa. Semoga berhasil dan selamat mencicipi. Silahkan kamu simak dan baca koleksi resep masakan enak dan mudah lainnya juga yaa.

Simpan Resep