4 Cara Masak Tongseng Kambing (no santan) yang Cepat

Dapatkan ribuan koleksi resep masakan yang enak dan Mudah.

Jika saat ini kamu sedang ingin membuat Tongseng Kambing (no santan). Pada tulisan kali ini kami akan memandu tutorial lengkap cara bikin Tongseng Kambing (no santan) dengan mudah dan pastinya tidak kalah enak.

Kali ini dapur zakiya channel memasak Tongseng Kambing. Bahan Tongseng Kambing : * Daging kambing * Bawang putih * Bawang. Bumbu tongseng kambing, bumbu tongseng sapi, dan bumbu tongseng ayam bisa di beli dengan mudah di warung kecil maupun di pasar pasar Beberapa resep masakan tongseng yang cukup terkenal saat ini yakni resep tongseng kambing tanpa santan, resep tongseng kambing khas solo.

Tongseng Kambing (no santan) - cookandrecipe.com Cita rasa tongseng sendiri boleh dibilang punya kemiripan dengan gulai. Hanya saja kuah tongseng tidak sekental dan semedok gulai. Konsistensi kuahnya lebih encer dengan cita rasa sedikit manis berkat sumbangan kecap manis di dalamnya. Tenang saja untuk tutorial membikin Tongseng Kambing (no santan) yang akan kami jelaskan ini hanya membutuhkan 24 bahan dan 4 langkah saja.

24 Bahan Bahan untuk Resep Tongseng Kambing (no santan)

Untuk bisa memasak Tongseng Kambing (no santan) pada postingan ini Anda memerlukan 24 bahan saja. Jadi silahkan kalian siapkan terlebih dahulu bahan-bahanya seperti dibawah ini.

  1. Siapkan daging kambing bertulang - 1 kg.
  2. Siapkan kubis - 3 lembar.
  3. Siapkan tomat - 2 buah.
  4. Siapkan Bumbu - iris.
  5. Siapkan bawang bombay - 1/2 siung.
  6. Siapkan daun bawang - 2 batang.
  7. Siapkan cabe rawit - 5 buah.
  8. Siapkan Bumbu halus - .
  9. Siapkan kemiri sangrai (optional) - 3 biji.
  10. Siapkan kunyit bubuk - 1 sdm.
  11. Siapkan lada hitam - 1 sdt.
  12. Siapkan ketumbar - 1 sdm.
  13. Siapkan bawang bombay - 1/2 siung.
  14. Siapkan bawang putih - 5 siung.
  15. Siapkan jahe - 1 ruas.
  16. Siapkan garam - 3/4 sdm.
  17. Siapkan Bumbu tambahan - .
  18. Siapkan sereh - 1 ruas.
  19. Siapkan daun bawang - 2 lembar.
  20. Siapkan gula merah / kecap manis - 1 sdm.
  21. Siapkan langkuas - 2 iris.
  22. Siapkan air - 1 l.
  23. Siapkan minyak goreng - 4 sdm.
  24. Siapkan kaldu bubuk (optional) - 1 sdt.

Tapi pada umumnya tongseng kambing memasukkan santan kental sehingga kuah tongseng kambing ini rasanya lebih mantap. Tentu saja soal cita rasa tongseng sama lezatnya, baik dengan tambahan santan maupun yang tanpa santan. Bahkan tongseng daging sapi juga sama enaknya. Bicara soal olahan daging kambing, tongseng kambing selalu menjadi unggulan.

4 Tahapan Resep Tongseng Kambing (no santan)

Apabila kamu sudah menyiapkan 24 bahan diatas. Berikutnya Anda simak langkah-langkah selengkapnya untuk membuat Tongseng Kambing (no santan) dibawah ini.

  1. Rebus daging kambing 10 menit dengan api sedang, ambil daging nya sisihkan, potong semua bahan dan bumbu sesuai selera blender bumbu dengan minyak.
  2. Tumis bumbu sampai harum masukkan daun salam, sereh, langkuas aduk rata kemudian tambahkan daging dan 500 ml air tunggu sampai air susut ya bunda.
  3. Setelah air menyusut tambah lagi 500 ml air tunggu sampai mendidih tambahkan daun bawang, bawang bombay iris dan semua sayuran.
  4. Campur rata dan bumbui dengan garam, kaldu bubuk koreksi rasa jangan lupa ya 🤭, tongseng kambing siap di sajikan dengan nasi panas... selamat mencoba 😘.

Potongan daging kambing, kol, tomat, dan kuah gurih-manis ini membuat tongseng jadi sajian yang sungguh menggiurkan. Penyuka pedas bisa menggerus langsung cabe rawit utuhnya di piring. Tongseng merupakan sejenis gulai, tongseng berbumbu lebih "tajam". Tongseng biasanya dibuat dengan menggunakan daging kambing yang masih melekat pada tulang, terutama tulang iga dan tulang belakang—membuat menu masakan satu ini begitu digemari. Potong-potong daging kambing, ukuran sesuai selera kemudian sisihkan.

Bagaimana sangat mudah bukan cara membuat Tongseng Kambing (no santan) ini. Silahkan kita coba dirumah yaa. Semoga berhasil dan selamat mencicipi. Silahkan kamu simak dan baca koleksi resep masakan enak dan mudah lainnya juga yaa.

Simpan Resep