19 Bahan Buat Tongseng Kering Daging Kambing yang Lezat

Dapatkan ribuan koleksi resep masakan yang enak dan Mudah.

Buat kalian yang sedang mencari resep Tongseng Kering Daging Kambing. Pada postingan kali ini kami akan berbagi tutorial lengkap cara membuat Tongseng Kering Daging Kambing dengan mudah dan pastinya tidak kalah enak.

Ibu masak tongseng kering daging kambing, rasanya enak loh lezat. Yuk tonton videonya. jangan lupa yah, Subscribe Channel Dapur Bu Haji. Bumbu tongseng kambing, bumbu tongseng sapi, dan bumbu tongseng ayam bisa di beli dengan mudah di warung kecil maupun di pasar pasar tradisional, sehingga cara memasak tongseng cukup mudah dan praktis.

Tongseng Kering Daging Kambing - cookandrecipe.com Potong-potong daging kambing, ukuran sesuai selera kemudian sisihkan. Disarankan saat memotong kambing melawan serat daging agar hasil dagingnya empuk. Selain itu saat memilih daging kabing lebih baik pilih daging muda, ciri dagingnya merah. Tenang saja untuk tutorial cara membuat Tongseng Kering Daging Kambing yang akan kami jelaskan ini hanya membutuhkan 19 bahan dan 5 langkah saja.

19 Bahan Bahan untuk Resep Tongseng Kering Daging Kambing

Untuk bisa membuat Tongseng Kering Daging Kambing pada postingan ini kita memerlukan 19 bahan saja. Jadi silahkan kamu siapkan terlebih dahulu bahan-bahanya seperti dibawah ini.

  1. Siapkan daging kambing yang sudah direbus matang dan dipotong2 - 1/2 kg.
  2. Siapkan serai geprek - 1 buah.
  3. Siapkan Lengkuas, geprek - 3 cm.
  4. Siapkan daun salam - 4 lembar.
  5. Siapkan daun jeruk - 3 lembar.
  6. Siapkan daun bawang, iris-iris - 2 tangkai.
  7. Siapkan tomat merah, potong-potong - 1 buah.
  8. Siapkan kecap (jumlahnya sesuai selera) - 5-8 sdm.
  9. Siapkan Santan - 250 ml.
  10. Siapkan cabai rawit* optional - 10-20 buah.
  11. Siapkan Garam - secukupnya.
  12. Siapkan Bahan Bumbu Halus: - .
  13. Siapkan bawang merah - 6 buah.
  14. Siapkan bawang putih - 2 buah.
  15. Siapkan jahe - 2 cm.
  16. Siapkan ketumbar - 1 sdt.
  17. Siapkan merica - 1 sdt.
  18. Siapkan kemiri - 4 buah.
  19. Siapkan kunyit - 2 cm.

Resep tongseng daging kambing - Makanan Khas Indonesia yang paling digemari Selain Sate, Gulai, soto serta tongseng. Tongseng adalah makanan yang mirip dengan gulai, namun bedanya bumbu di dalam tongseng lebih beraroma tajam. Bila dalam membuat gulai menggunakan daging. Resep Tongseng Kambing - Tongseng merupakan salah satu kuliner nusantara yang mirip dengan gulai, hanya saja bumbu tongseng lebih terasa kuat di lidah.

5 Langkah Memasak Tongseng Kering Daging Kambing

Apabila kamu sudah menyiapkan 19 bahan diatas. Berikutnya kalian simak langkah-langkah selengkapnya untuk membikin Tongseng Kering Daging Kambing dibawah ini.

  1. Pertama, kita haluskan semua bumbu halus. Bisa dengan ulek ataupun blender. Pokoknya sesuai selera masing-masing..
  2. Tumis semua bumbu halus sampai harum. Masukkan daun salam, daun jeruk, lengkuas dan serai. Aduk-aduk kembali. Lalu masukkan daging kambing yang sebelumnya sudah direbus hingga matang. Aduk-aduk sampai merata..
  3. Setelah itu masukkan santan. Masak sampai agak mengental. Setelah terlihat mulai mengental, kita masukkan kecap. Kalau mau terasa lebih manis dan kuahnya berwarna lebih nyoklat, bisa masukkan lebih banyak kecap. Kalau saya sih ga suka terlalu banyak karena nanti jadinya terlalu manis. Masak kembali sekitar 5 menit sambil ditutup..
  4. Setelah santan mulai terlihat makin mengental, masukkan kol, tomat dan daun bawang. Bisa juga masukkan cabai rawit jika suka. Saya pribadi sebenarnya lebih suka pakai cabai rawit, tapi karena ini juga buat disantap anak-anak jadinya saya pisah. Jadi setelah kol matang, saya bagi dua. Ada yang dikasih cabai ada yang tidak...Hehe. Setelah dimasukkan kol tadi, tunggu sampai kol matang. Jangan lupa cicipi rasanya ya sebelum mematikan kompor..
  5. Nah, tongseng kering kambing pun siap disantap hangat-hangat..

Selain itu, tongseng dibuat dari daging kambing, sapi, atau kerbau yang masih menempel pada tulang seperti bagian iga dan tulang belakang. Tongseng merupakan istilah untuk sebuah masakan khas yang dikhabarkan berasal dari daerah Solo dan sekitarnya; namun ada varian lain dari tongseng yang dikenal dari Kebumen, yang memiliki ciri khas daging disuwir. Ngomong-ngomong masalah Tongseng, apa sih maksudnya?… Seperti memasak Gulai Kambing, cara membuat Tongseng Kambing Khas Solo juga bisa dibilang gampang gampang susah. Jadi kalau kebetulan ada dan punya daging kambing tetapi bingung ingin mengolahnya, resep tongseng kambing ini mungkin bisa menjadi pilihan. Bagian daging kambing yang dijadikan tongseng, umumnya terdiri dari daging, jeroan dan daging bertulang.

Bagaimana sangat mudah bukan resep Tongseng Kering Daging Kambing ini. Silahkan teman-teman coba dirumah yaa. Semoga berhasil dan selamat mencicipi. Silahkan kamu simak dan baca koleksi resep masakan enak dan mudah lainnya juga yaa.

Simpan Resep