6 Cara Memasak Tongseng Daging Kambing yang Lezat

Dapatkan ribuan koleksi resep masakan yang enak dan Mudah.

Bagaimana sih cara bikin Tongseng Daging Kambing. Pada postingan kali ini kami akan memandu tutorial lengkap cara memasak Tongseng Daging Kambing dengan mudah dan pastinya tidak kalah enak.

Lihat juga resep Tongseng Kambing Solo enak lainnya. Tongseng merupakan kuliner yang sangat disukai sehingga manjadi tujuan wisata kuliner. Potong-potong daging kambing, ukuran sesuai selera Selain itu saat memilih daging kabing lebih baik pilih daging muda, ciri dagingnya merah dan mengarah.

Tongseng Daging Kambing - cookandrecipe.com Bumbu tongseng daging kambing dapat dibeli di pasar tradisional atau ada juga di warung warung. Bicara soal olahan daging kambing, tongseng kambing selalu menjadi unggulan. Potongan daging kambing, kol, tomat, dan kuah gurih-manis ini membuat tongseng jadi sajian yang sungguh. Tenang saja untuk tutorial cara memasak Tongseng Daging Kambing yang akan kami jelaskan ini hanya membutuhkan 34 bahan dan 6 langkah saja.

34 Bahan Bahan untuk Membuat Tongseng Daging Kambing

Untuk bisa memasak Tongseng Daging Kambing pada postingan ini kamu perlu menyiapkan 34 bahan saja. Jadi silahkan kalian siapkan terlebih dahulu bahan-bahanya seperti dibawah ini.

  1. Siapkan daging kambing - 500 gr.
  2. Siapkan santan - 700 ml.
  3. Siapkan tomat kecil - 3 buah.
  4. Siapkan kol - 2 genggam.
  5. Siapkan daun bawang - 2 batang.
  6. Siapkan cabai rawit merah (sesuai selera) - 5 buah.
  7. Siapkan bawang merah - 5.
  8. Siapkan bawang putih - 3.
  9. Siapkan Bumbu rebus daging : - .
  10. Siapkan daun salam - 2 lembar.
  11. Siapkan daun jeruk - 2 lembar.
  12. Siapkan serai - 1 batang.
  13. Siapkan garam - 1 sdt.
  14. Siapkan bawang putih bubuk - 1 sdt.
  15. Siapkan Bumbu halus : - .
  16. Siapkan bawang merah - 8 siung.
  17. Siapkan bawang putih - 4 siung.
  18. Siapkan kemiri - 4 butir.
  19. Siapkan jahe - 1 cm.
  20. Siapkan kunyit - 1 cm.
  21. Siapkan ketumbar bubuk - 1 sdt.
  22. Siapkan jintan - 1/4 sdt.
  23. Siapkan lada - 1/2 sdt.
  24. Siapkan Bumbu tambahan : - .
  25. Siapkan daun salam - 2 lembar.
  26. Siapkan daun jeruk - 2 lembar.
  27. Siapkan serai - 1 batang.
  28. Siapkan lengkuas - 2 cm.
  29. Siapkan kapulaga - 3 butir.
  30. Siapkan kayumanis - 1 cm.
  31. Siapkan gula - Secukupnya.
  32. Siapkan kecap manis - Secukupnya.
  33. Siapkan garam - Secukupnya.
  34. Siapkan kaldu bubuk - Secukupnya.

Tongseng bukan hanya makanan dengan bumbu dan cita rasa yang lezat. Tongseng daging ayam juga tak kalah enak dari tongseng kambing yang sudah sering dijumpai. Selain itu, dengan menggunakan daging ayam untuk membuat tongseng, pastinya akan lebih baik. Resep tongseng daging kambing - Makanan Khas Indonesia yang paling digemari Selain Sate, Gulai, soto serta tongseng.

6 Panduan Resep Tongseng Daging Kambing

Apabila kamu sudah menyiapkan 34 bahan diatas. Sekarang kita simak langkah-langkah selengkapnya untuk membikin Tongseng Daging Kambing dibawah ini.

  1. Cuci bersih daging. Rebus daging sampai mendidih kemudian buang airnya. Rebus lagi daging dengan bumbu aromatik. Rebus dengan api kecil hingga setengah empuk. Angkat dan potong potong daging sesuai selera.
  2. Tumis bumbu halus hingga harum dan matang. Masukkan daun salam, daun jeruk, serai, kapulaga, kayu manis dan lengkuas. Aduk sebentar kemudian masukkan daging yang sudah dipotong potong. Aduk daging bersama bumbu hingga merata.
  3. Masukkan santan berserta garam, gula dan kaldu bubuk. Masak hingga dagingnya empuk. Jika dagingnya belum empuk dan santannya mulai menyusut bisa ditambahkan air mendidih. Masak kembali sampai dagingnya empuk dan bumbunya meresap. Jika sudah matang sisihkan dahulu.
  4. Tumis bawang merah, bawang putih dan cabai hingga harum. Potong tomat dan daun bawang sesuai selera.
  5. Masukkan sebagian daging yang sudah dimasak sebelumnya ke dalam tumisan. Masak hingga mendidih kemudian masukkan kol. Jika kolnya sudah setengah layu tambahkan kecap manis, tomat dan daun bawang..
  6. Tongseng kambing siap disajikan.

Tongseng adalah makanan yang mirip dengan gulai, namun bedanya. Tongseng daging kambing sejatinya berasal dari Boyolali, Jawa Tengah. Kalau pernah menyambangi kota ini, kamu akan melihat patung pedagang tongseng yang menjadi ikon kota yang letaknya dekat. Bagian daging kambing yang dijadikan tongseng, umumnya terdiri dari daging, jeroan dan daging bertulang. Namun, masalah pemilihan bagian daging kambing,tergantung pilihan pembeli.

Bagaimana sangat mudah bukan cara bikin Tongseng Daging Kambing ini. Silahkan kamu coba dirumah yaa. Semoga berhasil dan selamat mencicipi. Silahkan kamu simak dan baca koleksi resep masakan enak dan mudah lainnya juga yaa.

Simpan Resep