13 Cara Memasak Tongseng Kambing yang Cepat

Dapatkan ribuan koleksi resep masakan yang enak dan Mudah.

Jika saat ini kamu sedang ingin membuat Tongseng Kambing. Pada postingan kali ini kami akan memberikan tutorial lengkap cara buat Tongseng Kambing dengan mudah dan pastinya tidak kalah enak.

Bicara soal olahan daging kambing, tongseng kambing selalu menjadi unggulan. Potongan daging kambing, kol, tomat, dan kuah gurih-manis ini membuat tongseng jadi sajian yang sungguh. Bumbu tongseng kambing, bumbu tongseng sapi, dan bumbu tongseng ayam bisa di beli dengan mudah di warung kecil maupun di pasar pasar tradisional, sehingga cara memasak tongseng cukup.

Tongseng Kambing - cookandrecipe.com Masakan yang bumbunya banyak dan dimasaknya lama seperti kambing guling, sayang kalau sisanya tidak diolah ulang. Resep tongseng daging kambing - Makanan Khas Indonesia yang paling digemari Selain Sate, Gulai, soto serta tongseng. Tongseng adalah makanan yang mirip dengan gulai, namun bedanya bumbu di. Tenang saja untuk tutorial cara memasak Tongseng Kambing yang akan kami jelaskan ini hanya membutuhkan 18 bahan dan 13 langkah saja.

18 Bahan Bahan untuk Membuat Tongseng Kambing

Untuk dapat membuat Tongseng Kambing pada tutorial ini kalian perlu menyiapkan 18 bahan saja. Jadi silahkan Anda siapkan terlebih dahulu bahan-bahanya seperti dibawah ini.

  1. Siapkan sampai 200 gr Daging Kambing (daging qurban) - 100.
  2. Siapkan Bumbu uleg ⬇?⬇?⬇? - .
  3. Siapkan bawang merah - 3 buah.
  4. Siapkan bawang putih - 2 buah.
  5. Siapkan jahe - 1 ruas.
  6. Siapkan kunyit - 2 ruas.
  7. Siapkan kemiri - 3 butir.
  8. Siapkan ketumbar - 1 sdt.
  9. Siapkan Bumbu utuh saja ⬇?⬇?⬇? - .
  10. Siapkan daun salam dan daun jeruk - 3 lembar.
  11. Siapkan laos - 2 ruas.
  12. Siapkan Minyak goreng - Secukupnya.
  13. Siapkan Garam, lada, gula pasir, kecap manis - Secukupnya.
  14. Siapkan sampai 1½cm nanas - 1.
  15. Siapkan kubis - 7 lembar.
  16. Siapkan tomat - 1/2 buah.
  17. Siapkan santan kara - 3 sdm.
  18. Siapkan Air - .

Pada saat menjelang hari Raya Idul Adha. Resep Tongseng - Olahan daging memang selalu menjadi favorit berbagai kalangan. Salah satu menu yang sering dijumpai dari olahan daging yaitu tongseng. Potong-potong daging kambing, ukuran sesuai selera kemudian sisihkan.

13 Tahapan Memasak Tongseng Kambing

Apabila kamu sudah menyiapkan 18 bahan diatas. Selanjutnya Anda simak langkah-langkah selengkapnya untuk bikin Tongseng Kambing dibawah ini.

  1. Tips, jangan cuci daging kambing dan atau daging sapi (bukan maksud jorok yaa) tetapi supaya daging tetap berwarna merah, dan tetap segar. Supaya ketika dimasak daging tidak pucat dan juice (kaldunya) tetap keluar.
  2. Disini saya buat tidak pedas. Kalau mau pedas bisa ditambah cabai rawit di ulegan atau cabai rawit utuh. Ikut ditumis bareng daging lebih mantap, supaya cabai matang.
  3. Pertama, potong daging kotak kotak, seperti untuk sate kambing, setelah dipotong marinade (bumbuhi) daging dg garam saja cukup, dan nanas (supaya empuk) setelah itu masukkan ke kulkas selama semalaman (supaya bumbu meresap betul dan daging empuk) atau bisa di diamkan di kulkas kurang lebih 1jam (kalau motongnya agak kecil).
  4. Sembari daging di dalam proses marinade tadi, siapkan bumbu uleg tadi, kupas dan cuci bersih setelah itu haluskan hingga benar benar halus.
  5. Setelah selesai menghaluskan bumbu kuning, siapkan wajan, beri minyak, kemudian tumis bumbu halus beserta daun salam daun jeruk dan laos, hingga harum dan matang, ingat api kecil saja biar tidak gosong, setelah bumbu halus matang dan harum, masukkan air 1 gelas. Tunggu hingga mendidih.
  6. Sembari menunggu air mendidih tadi di bumbu kuning, potong kubis dan tomat sesuai selera.
  7. Setelah air bumbu kuning mendidih, matikan api, pindah ke wadah atau mangkok. Kemudian keluarkan daging yang di marinade.
  8. Cuci wajan, dan beri sedikit minyak lagi. Setelah minyak panas, masukkan daging, tumis hingga warna berubah, kemudian air bumbu kuning tadi dimasukkan, kecilkan api.
  9. Setelah mendidih masukkan garam lada dan gula pasir, rasakan kalau sudah pas masukkan santan kara (setelah santan masuk, kecilkan api dan jangan terlalu sering diudak, biar santan tidak mudah pecah), masukkan kecap manis.
  10. Dirasakan lagi, jika sudah pas rasanya tutup wajan dan masak hingga air hampir habis, jika dirasa sudah empuk dan meresap, masukkan kubis dan tomat terakhir.
  11. Aduk aduk sebentar tutup lagi wajannya, dan siap dinikmati.
  12. Selamat mencoba foodies :)).
  13. Jika sudah mencoba resep ini, bisa di tagg di intagram saya @mahendra.utomo.

Disarankan saat memotong kambing melawan serat daging agar hasil dagingnya. Tongseng terbuat dari daging kambing dan ditumis dengan berbagai sayuran seperti Kol, bawang, tomat, dan ditambah bumbu dan kecap. Tongseng pada umumnya tidak memakai kuah. Kedai tongseng kambing Pak Budi di Jakarta Timur begitu populer kelezatannya. Sekarang kita bisa membuatnya juga di rumah.

Bagaimana sangat mudah bukan cara memasak Tongseng Kambing ini. Silahkan Anda coba dirumah yaa. Semoga berhasil dan selamat mencicipi. Silahkan kamu simak dan baca koleksi resep masakan enak dan mudah lainnya juga yaa.

Simpan Resep