✓ 5 Cara Membuat Ayam panggang (khas Banjar) yang Cepat

Dapatkan ribuan koleksi resep masakan yang enak dan Mudah.

Bagaimana sih cara bikin Ayam panggang (khas Banjar). Pada postingan kali ini kami akan berbagi tutorial lengkap cara membuat Ayam panggang (khas Banjar) dengan mudah dan pastinya tidak kalah enak.

Salah satu resep masakan ayam paling favorit kalau dirumah. Resep ini aku dapetin langsung diajarin mama, menurut aku resep ini paling simpel nggak susah lah pokoknya ? terus rasanya juga nggak jauh beda lah sama yang dijual sama warung makan ayam panggang 🤭. Biasanya waktu masih di Kalsel kami beli ayam.

Ayam panggang (khas Banjar) - cookandrecipe.com Lihat juga resep Ayam Panggang Banjar Sambal Dabu-dabu enak lainnya. Alternatif makanan khas Banjarmasin lain yang bisa kamu coba adalah soto banjar. Soto khas Banjarmasin sangat tersohor di berbagai kota. Tenang saja untuk tutorial cara buat Ayam panggang (khas Banjar) yang akan kami jelaskan ini hanya membutuhkan 7 bahan dan 5 langkah saja.

7 Bahan Bahan untuk Resep Ayam panggang (khas Banjar)

Untuk dapat membuat Ayam panggang (khas Banjar) pada tutorial ini Anda perlu menyiapkan 7 bahan saja. Jadi silahkan Anda siapkan terlebih dahulu bahan-bahanya seperti dibawah ini.

  1. Siapkan Ayam - 1/2 ekor.
  2. Siapkan bawang putih (sesuai selera) - 3-4 siung.
  3. Siapkan Tomat (skip) - 1 buah.
  4. Siapkan kecap manis/ kecap manis banjar - 100 ml.
  5. Siapkan saos tomat merah banjar - 2 sdm.
  6. Siapkan garam - Secukupnya.
  7. Siapkan minyak goreng - Secukupnya.

Para wisatawan yang mempunyai niat untuk berpelesir ke kota Banjarmasin disarankan untuk menjajal soto banjar. Makanan berkuah yang juga mudah ditemui di Jakarta ini menggunakan cukup banyak rempah yang memberikan aroma wangi. Hidangan dari resep ayam panggang banjar khas Kalimantan Selatan sudah bisa Anda nikmati bersama keluarga. Hanya dengan nasi putih yang masih hangat serta acar dan bahan pelengkap lainnya, sajian ini telah bisa disantap dengan lengkap.

5 Panduan Membuat Ayam panggang (khas Banjar)

Jika kalian sudah menyiapkan 7 bahan diatas. Selanjutnya kamu simak langkah-langkah selengkapnya untuk membuat Ayam panggang (khas Banjar) dibawah ini.

  1. Haluskan bawang putih yang sudah digoreng dengan garam, setelah halus campirkan tomat merah banjar dengan kecap manis aduk rata dan sisihkan.
  2. Bagi dua, saos yang sudah kita olah tadi. Satu nya lumuri dengan ayam yang sudah dicuci bersih dan satunya lagi sisihkan. Tuangkan secukupnya minyak kedalam ayam yang dibumbui. Diamkan kurang lebih satu jam agar bumbu meresap. Minyak digunakan agar ayam tidak lengket saat dipanggang..
  3. Siapkan bakaran, bisa juga pakai penggorengan anti lengket. Tapi disini aku pakai bakaran arang biar lebih khas rasanya. Bakar sampai matang. Angkat dan sisihkan. Jangan lupa sesekali sambil diolesi bumbunya yah..
  4. Setelah semua ayam matang dibakar, cincang kasar ayamnya. Kemudian lumuri dengan olahan saos yang disisihkan tadi sehingga saosnya meresap. Disini ayam panggang aku agak sedikit yah saosnya karena aku menggunakan kecap manis yang kental. Seharusnya untuk khas nya banjar selain menggunakan saos merah banjar juga mengunakan kecap manis banjar yang encer, sehingga seharusnya saos yang dibuat tadi teksturnya agak encer. Karena aku nggak ada jadi aku menggunakan kecap manis kental aja.
  5. Ayam siap dihidangkan, selamat mencoba 😊.

Salam koki dan semoga Anda bisa lebih kreatif di resep-resep lain setelah resep ayam panggang banjar khas Kalimantan Selatan ini! Siapkan semua bahan yang akan digunakan. Haluskan bawang putih, jahe, garam dan gula hingga halus. Tambahkan saos tomat, kecap dan minyak goreng, aduk rata. Baluri ayam yang sudah dikerat-kerat dagingnya dengan bumbu lalu marinasi.

Bagaimana sangat mudah bukan membikin Ayam panggang (khas Banjar) ini. Silahkan Anda coba dirumah yaa. Semoga berhasil dan selamat mencicipi. Silahkan kamu simak dan baca koleksi resep masakan enak dan mudah lainnya juga yaa.

Simpan Resep