8 Bahan Bikin Nasi Kuning Banjar (mejikom) yang Mudah

Dapatkan ribuan koleksi resep masakan yang enak dan Mudah.

Buat kalian yang sedang mencari resep Nasi Kuning Banjar (mejikom). Pada resep kali ini kami akan memandu tutorial lengkap cara membuat Nasi Kuning Banjar (mejikom) dengan mudah dan pastinya tidak kalah enak.

Lihat juga resep Nasi Kuning Banjar (mejikom) enak lainnya. Ini nasi kuning khas banjar versi aku ya.versi praktisnya­čść Masih suasana lebaran hari kedua pasti ada aja saudara yg datang,jadi aku siapkan nasi kuning khas daerahku. Karna ada banyak daging kurban,ada ayam juga maka aku bikinlah masakan ini.

Nasi Kuning Banjar (mejikom) - cookandrecipe.com Namun bisa juga disajikan biasa seperti menu makanan yang lain. Nasi Kuning Banjar umumnya dinikmati saat sarapan. Nasi kuningnya harum berempah, lauknya ikan masak habang yang lezat. Tenang saja untuk tutorial resep Nasi Kuning Banjar (mejikom) yang akan kami jelaskan ini hanya membutuhkan 8 bahan dan 4 langkah saja.

8 Bahan Bahan untuk Memasak Nasi Kuning Banjar (mejikom)

Untuk dapat memasak Nasi Kuning Banjar (mejikom) pada tutorial ini kamu memerlukan 8 bahan saja. Jadi silahkan kalian siapkan terlebih dahulu bahan-bahanya seperti dibawah ini.

  1. Siapkan beras - 4 cup.
  2. Siapkan air - 4 cup.
  3. Siapkan santan instan (65ml) - 1 bungkus.
  4. Siapkan kunyit, parut, peras - 3 cm.
  5. Siapkan daun pandan - 2 lembar.
  6. Siapkan serai geprek - 2 batang.
  7. Siapkan Garam - secukupnya.
  8. Siapkan Daging masak habang: - .

Selain ikan gabus, bisa juga disajikan ayam atau daging yang dimasak bersama telur rebus. Selain membuat nasi kuning khas Banjar ditambah dengan tambahan lauk pauk seperti ayam, telur dan ikan gabus untuk pelengkap nasi kuning. Bumbu habang yang menjadikan nasi kuning ini berbeda dengan nasi kuning lainnya. Bagi anda yang ingin mencoba membuatnya, kami akan.

4 Langkah Memasak Nasi Kuning Banjar (mejikom)

Setelah Anda sudah menyiapkan 8 bahan diatas. Sekarang kalian simak langkah-langkah selengkapnya untuk bikin Nasi Kuning Banjar (mejikom) dibawah ini.

  1. Cuci bersih beras.
  2. Didihkan air beserta santan, kunyit, serai dan garam.
  3. Masukkan air santan ke beras yg sudah dicuci bersih, beri perasan jeruk nipis dan daun pandan. Nyalakan mejikom. Masak sampai matang.
  4. Setelah matang diamkan dulu 5-10menit (jgn dibuka). Kemudian setelah itu baru diaduk, tutup lg diamkan lg 5 menit. Baru sajikan.

Berbeda dengan nasi kuning biasa, nasi kuning Banjar ini jauh lebih gurih karena berisikan 'lemak' atau campuran dari parutan kelapa dan kunyit. Membuat nasi kuning Banjar ini lumayan unik karena Anda 'pun harus membuat Masak Habang atau lauk berbumbu merah. Namun, Nasi Kuning Banjar punya senjata rahasia, namanya bumbu Habang, bumbu ini diletakkan di atas Ikan Haruan atau ikan gabus. Nasi Kuning Banjar lebih sederhana dalam penggunaan bahan, Namun kuliner ini punya bumbu rahasia. Sebentar lagi si kakak ulang tahun tapi masih bingung mau masak apa?

Bagaimana sangat mudah bukan cara buat Nasi Kuning Banjar (mejikom) ini. Silahkan Anda coba dirumah yaa. Semoga berhasil dan selamat mencicipi. Silahkan kamu simak dan baca koleksi resep masakan enak dan mudah lainnya juga yaa.

Simpan Resep