✓ 6 Cara Masak Ayam Panggang Banjar Sambal Dabu-dabu yang Mudah

Dapatkan ribuan koleksi resep masakan yang enak dan Mudah.

Resep Ayam Panggang Banjar Sambal Dabu-dabu. Pada postingan kali ini kami akan memandu tutorial lengkap cara masak Ayam Panggang Banjar Sambal Dabu-dabu dengan mudah dan pastinya tidak kalah enak.

Fill Your Cart With Color today! Lihat juga resep Ayam singgang with dabu dabu enak lainnya. Dengan memakai Cookpad, kamu menyetujui Kebijakan Cookie dan Ketentuan Pemakaian.

Ayam Panggang Banjar Sambal Dabu-dabu - cookandrecipe.com Sambal ini tak diulek, terbuat dari […] Ayam bakar is usually served with sambal terasi (chilli with terasi) or sambal kecap (sliced chilli and shallot in sweet soy sauce) as dipping sauce or condiment and slices of cucumber and tomato as garnishing. There are many recipes of ayam bakar, among the popular ones are Padang-style ayam. Sambal dabu dabu ini cocok sebagai pelengkap masakan jenis ikan goreng dan ikan bakar atau aneka seafood, seperti ikan nila, ikan tongkol, ikan kembung, dll. Tenang saja untuk tutorial resep Ayam Panggang Banjar Sambal Dabu-dabu yang akan kami jelaskan ini hanya membutuhkan 26 bahan dan 6 langkah saja.

26 Bahan Bahan untuk Membuat Ayam Panggang Banjar Sambal Dabu-dabu

Untuk bisa membuat Ayam Panggang Banjar Sambal Dabu-dabu pada postingan ini kita perlu menyiapkan 26 bahan saja. Jadi silahkan kalian siapkan terlebih dahulu bahan-bahanya seperti dibawah ini.

  1. Siapkan Ayam (saya bagian dadanya) - 1/2 ekor.
  2. Siapkan Bumbu halus untuk marinasi - .
  3. Siapkan Bawang putih - 7 siung.
  4. Siapkan jahe - 1 ruas.
  5. Siapkan kecap manis - 3 sdm.
  6. Siapkan Saos tomat (biasanya saos tomato catsup) - 2 sdm.
  7. Siapkan gula (saya 1 butir gula merah ukuran kecil) - Secukupnya.
  8. Siapkan garam - Secukupnya.
  9. Siapkan minyak goreng - 1 sdm.
  10. Siapkan Bumbu untuk saos siram - .
  11. Siapkan bawang putih digoreng - 4 siung.
  12. Siapkan Ketumbar bubuk - 1/4 sdt.
  13. Siapkan kecap manis (saya 3 sdm) - Secukupnya.
  14. Siapkan saos tomat (saya 2 sdm) - Secukupnya.
  15. Siapkan gula (saya skip) - Secukupnya.
  16. Siapkan garam (saya 1/4 sdt) - Secukupnya.
  17. Siapkan air (saya air matang 3 sdm) - Secukupnya.
  18. Siapkan Bahan sambal dabu-dabu - .
  19. Siapkan cabe rawit jablai (cabe rawit bwarna orannye) - 7 buah.
  20. Siapkan bawang merah - 5 siung.
  21. Siapkan tomat, buang biji - 1 buah.
  22. Siapkan jeruk nipis - 1/2.
  23. Siapkan gula - 1 sdt.
  24. Siapkan garam - 1 1/2 sdt.
  25. Siapkan Royco sapi - 1/2 sdt.
  26. Siapkan minyak panas - 5 sdm.

Sambal dabu-dabu merupakan kuliner khas dari Manado sebagai salah satu kreasi menu sambal yang ada dan populer di Indonesia. Manado yang dikenal memiliki aneka menu kuliner pedasnya, juga dikenal dengan sambalnya yang satu ini dengan rasa pedas dan segarnya. Ciri khas dari sambal ini ada pada irisan tomat dan bawang merah selain cabai rawitnya. Rasa segar pada sambal ini didapatkan dari jeruk.

6 Panduan Resep Ayam Panggang Banjar Sambal Dabu-dabu

Apabila kalian sudah menyiapkan 26 bahan diatas. Berikutnya Anda simak langkah-langkah selengkapnya untuk bikin Ayam Panggang Banjar Sambal Dabu-dabu dibawah ini.

  1. Ulek semua bahan bumbu halus..
  2. Ayam bagi 4 potong (saya bagian dada, dibagi 10, agar langsung kecil-kecil porsi bocah), cuci bersih dan tiriskan. Balurkan bumbu halus secara merata. Marinasi kurleb 1 jam, saya masukan dalam kulkas..
  3. Setelah marinasi, panggang ayam. Saya pakai teflon supaya praktis. Bumbu halus tadi beri sedikit minyak goreng, oleskan pada ayam. Panggang sampai masak..
  4. Siapkan bahan saos siram. Ulek semua bahan, kemudian masak di wajan beri sedikit air. Masak hingga agak menyusut..
  5. Siapkan bahan sambal dabu-dabu. Potong kecil-kecil cabe. Iris tipis bawang merah. Potong dadu kecil tomat. Tambahkan gula, garam dan penyedap rasa. Peras jeruk nipis. Aduk-aduk rata. Tuang minyak panas.
  6. Siramkan saos pada ayam. Ayam Panggang khas Banjar siap dinikmati bersama sambal dabu-dabu..

Sambal dabu-dabu ini biasanya dibalurkan secara langsung di atas menu makanan yang disajikan seperti ikan, ayam, atau daging sapi. Untuk menemukan sambal dabu-dabu di Manado sangatlah mudah sekali, mengingat hampir setiap warung makan dan restoran di sana menyediakan kuliner dengan taburan sambal dabu-dabu di atasnya. Sambal dabu-dabu berbahan dasar cabai rawit merah, bawang merah, garam, batang daun bawang, cabai keriting, tomat, dan perasan jeruk nipis atau minyak kelapa. Walaupun sama-sama mentah, ternyata bahan kedua sambal tadi berbeda. Sambal matah menggunakan terasi, bawang putih, batang serai, dan daun jeruk, sedangkan sambal dabu-dabu tidak.

Bagaimana sangat mudah bukan cara membuat Ayam Panggang Banjar Sambal Dabu-dabu ini. Silahkan kita coba dirumah yaa. Semoga berhasil dan selamat mencicipi. Silahkan kamu simak dan baca koleksi resep masakan enak dan mudah lainnya juga yaa.

Simpan Resep