✓ 5 Cara Memasak Ayam Panggang Areh Khas Klaten yang Cepat

Dapatkan ribuan koleksi resep masakan yang enak dan Mudah.

Resep Ayam Panggang Areh Khas Klaten. Pada postingan kali ini kami akan memberikan tutorial lengkap cara masak Ayam Panggang Areh Khas Klaten dengan mudah dan pastinya tidak kalah enak.

Resep Ayam Panggang Areh Khas Klaten. Hal yang saya kangenin adalah masak-masak di rumah ibu. Motong ayam kampung piaraan sendiri, kemudian di panggang, dg bumbu sederhana namun rasanya nikmat sekali.

Ayam Panggang Areh Khas Klaten - cookandrecipe.com Ayam panggang Klaten bumbunya dimasak bersama ayam plus santan encer hingga ayam empuk. Di tahap akhir barulah ditambahkan santan kental dan dimasak hingga berminyak dan santan menyatu dengan bumbu bergumpal halus. Tahap akhir adalah membakar ayam diatas. Tenang saja untuk tutorial cara bikin Ayam Panggang Areh Khas Klaten yang akan kami jelaskan ini hanya membutuhkan 19 bahan dan 5 langkah saja.

19 Bahan Bahan untuk Memasak Ayam Panggang Areh Khas Klaten

Untuk dapat membikin Ayam Panggang Areh Khas Klaten pada postingan ini Anda perlu menyiapkan 19 bahan saja. Jadi silahkan kamu siapkan terlebih dahulu bahan-bahanya seperti dibawah ini.

  1. Siapkan ayam - 1 ekor.
  2. Siapkan santan (65 ml santan kara+air) - 800 ml.
  3. Siapkan gula merah - 150 gr.
  4. Siapkan daun salam - 2 lmbr.
  5. Siapkan daun jeruk - 2 lmbr.
  6. Siapkan jahe, geprek - 1 ruas.
  7. Siapkan lengkuas, geprek - 1 ruas.
  8. Siapkan Seckpnya garam, kaldu bubuk - .
  9. Siapkan Bumbu halus : - .
  10. Siapkan bamer - 9 siung.
  11. Siapkan baput - 5 siung.
  12. Siapkan kemiri - 4 btr.
  13. Siapkan cabe merah keriting - 5.
  14. Siapkan cabe merah besar - 5 bh.
  15. Siapkan cabe rawit - 5 bh.
  16. Siapkan kunyit - 3 cm.
  17. Siapkan ketumbar - 1 sdm.
  18. Siapkan merica bubuk - 1/2 sdt.
  19. Siapkan jinten - 1/4 sdt.

Resep Ayam Panggang Areh Khas Klaten. Lihat juga resep Ayam Panggang Areh khas Klaten enak lainnya. Resep Ayam Panggang Areh khas Klaten. Nyobain masak ayam utuh, susahnya pas ngangkat aja krn berat biasa bolak balik ayam ga pake tenaga ekstra.

5 Panduan Memasak Ayam Panggang Areh Khas Klaten

Apabila kamu sudah menyiapkan 19 bahan diatas. Selanjutnya kamu simak langkah-langkah selengkapnya untuk membuat Ayam Panggang Areh Khas Klaten dibawah ini.

  1. Bersihkan ayam. Belah tengah. Panggang sampai kedua sisi gosong. Saya pakai teflon.
  2. Haluskan bumbu. Kemudian tumis bersama bumbu lain sampai harum. Tambahkan santan, gula garam kaldu bubuk. Aduk rata.
  3. Masukkan ayam. Masak dg api kecil biar bumbu meresap. Sesekali aduk dan Balik..
  4. Masak sampai asat, santan menjadi areh. Angkat. Kemudian panggang lagi. Bisa di oles kecap jika suka..
  5. Biar lebih terasa bumbunya, saya masukkan kembali ke kuah arehnya. Sesuai selera saja.

Trus tu durasi masak lebih lama karena ayamnya ga dipotong, musti sabar karena hasilnya juga worth it banget bikin boros nasi Source : Farhah Ayam panggang areh khas Klaten. Jepit ayam dengan jepitan bambu atau tusuk dengan bambu, dan olesi badan ayam dengan sebagian santan areh berbumbu hingga rata. Kuliner khas kota Klaten salah satunya yang terkenal ngetop adalah Masakan ayam panggang. Masakan ini berupa ayam panggang dengan bumbu areh yang gurih manis dan aroma ayam yang cukup memancing selera. Padahal ayam panggang areh khas klaten yang enak selayaknya punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Bagaimana sangat mudah bukan cara memasak Ayam Panggang Areh Khas Klaten ini. Silahkan kamu coba dirumah yaa. Semoga berhasil dan selamat mencicipi. Silahkan kamu simak dan baca koleksi resep masakan enak dan mudah lainnya juga yaa.

Simpan Resep