✓ 7 Cara Memasak Kue Lumpur Kentang yang Cepat

Dapatkan ribuan koleksi resep masakan yang enak dan Mudah.

Jika saat ini kamu sedang ingin membuat Kue Lumpur Kentang. Pada tulisan kali ini kami akan berbagi tutorial lengkap cara masak Kue Lumpur Kentang dengan mudah dan pastinya tidak kalah enak.

Kue lumpur kentang ini enakkk banget. Resep ini dari NCC dan sudah sangat terkenal. Resep Kue Lumpur Kentang dan Susu.

Kue Lumpur Kentang - cookandrecipe.com Resep Kue Lumpur - Kue Lumpur merupakan salah satu kategori kue basah yang merupakan jajanan khas pasar tradisional yang populer di kota Sidoarjo, Jawa Timur. Bahan yang digunakan untuk membuat kue lumpur ini adalah santan, kentang, tepung terigu, telur, dan aneka bahan lainnya. Kue Lumpur menggunakan bahan pewangi vanila dan biasanya terdapat hiasan kismis serta irisan kelapa muda. Tenang saja untuk tutorial cara memasak Kue Lumpur Kentang yang akan kami jelaskan ini hanya membutuhkan 10 bahan dan 7 langkah saja.

10 Bahan Bahan untuk Memasak Kue Lumpur Kentang

Untuk bisa bikin Kue Lumpur Kentang pada tutorial ini kalian membutuhkan 10 bahan saja. Jadi silahkan Anda siapkan terlebih dahulu bahan-bahanya seperti dibawah ini.

  1. Siapkan kentang - 250 gr.
  2. Siapkan kecil labu (biar warnanya cantik,boleh diskip) - 3 potongan.
  3. Siapkan telur - 1.
  4. Siapkan gula - 7 sdm.
  5. Siapkan vanili - 1/2 sdt.
  6. Siapkan garam - 1/2 sdt.
  7. Siapkan terigu - 9 sdm.
  8. Siapkan margarin - 2 sdm.
  9. Siapkan santan - 16 sdm.
  10. Siapkan coklat bubuk (me:Drink Beng Beng) - 1 sdm.

Resep Kue Lumpur - Kue lumpur adalah salah satu kue basah tradisional yang terbuat dari bahan utama santan, kentang, tepung terigu dan telur sejenis jajanan susu telur (custard), yang asalnya dari eropa. Konon kue lumpur di usut dari asalnya yaitu dari Lisbon Portugal, dan di sana bernama Pasteis de Nata. Agar semakin mantap, maka kue lumpur seringkali diberi vanilla sebagai pewanginya. Kue basah tradisional yang popular dengan sebutan kue lumpur ini memiliki ciri khas berbentuk bundar dengan teksturnya yang lembut.

7 Langkah Membuat Kue Lumpur Kentang

Setelah kamu sudah menyiapkan 10 bahan diatas. Selanjutnya kamu simak langkah-langkah selengkapnya untuk memasak Kue Lumpur Kentang dibawah ini.

  1. Kukus kentang dan labu kurang lebih 15 menit. (Sy pakai labu sisa kolak jadi yg dikukus cuma kentang).
  2. Setelah masak, pindahkan kentang dan labu ke dalam mangkok, gunakan garpu untuk menghaluskan keduanya. Sisihkan.
  3. Cairkan margarin.
  4. Campur gula dengan telur, kocok hingga tercampur. Masukkan campuran kentang -labu halus, terigu, vanili, garam, santan. Aduk rata. Tambahkan margarin cair. Aduk hingga tercampur..
  5. Panaskan cetakan, olesi bagian dalam dengan margarin. Isi cetakan dengan adonan. Masak dengan api kecil.
  6. Setelah setengah matang, beri hiasan coklat. Hiasan coklat dibuat dari 1 sdm coklat yg dicairkan dengan 2 sdm air. Gunakan lidi utk pengaplikasiannya. Saat bagian pinggir terlihat kecoklatan, saatnya kue diambil dari cetakan.
  7. Kue siap dinikmati.

Variasi bahan yang biasa digunakan dalam kue ini ialah kentang. Cara penyajiannya pun menggunakan berbagai macam topping seperti kismis, kelapa, atau keju. Cara membuat kue lumpur dengan adonan dasar sederhana ini sangat cocok bagi yang baru pertama kali ingin. Resep cara membuat kue lumpur kentang, rasanya lembut dan manis. Merupakan kue basah yang banyak disajikan untuk beragam acara perayaan.

Bagaimana sangat mudah bukan membikin Kue Lumpur Kentang ini. Silahkan kita coba dirumah yaa. Semoga berhasil dan selamat mencicipi. Silahkan kamu simak dan baca koleksi resep masakan enak dan mudah lainnya juga yaa.

Simpan Resep