6 Cara Buat Nasi Bakar Tongkol Suwir yang Mudah

Dapatkan ribuan koleksi resep masakan yang enak dan Mudah.

Buat kalian yang sedang mencari resep Nasi Bakar Tongkol Suwir. Pada postingan kali ini kami akan memandu tutorial lengkap cara memasak Nasi Bakar Tongkol Suwir dengan mudah dan pastinya tidak kalah enak.

Resep Nasi Bakar - Nasi bakar merupakan makanan sederhana yang mampu menarik perhatian untuk dicicipi, selain kesan alaminya yang kuat karena menggunakan daun pisang untuk membungkusnya, aroma hangus dari daun pisang yang terbakar juga mampu menambah kenikmatan. Buat nasi bakar tongkol yang super lezat dengan resep ini. Semakin gurih karena menggunakan nasi liwet.

Nasi Bakar Tongkol Suwir - cookandrecipe.com Resep nasi bakar memang terkenal tidak mudah basi. Bumbu untuk membuatnya pun mudah dicari. Masukkan ayam yang sudah disuwir-suwir tadi ke dalamnya. Tenang saja untuk tutorial cara buat Nasi Bakar Tongkol Suwir yang akan kami jelaskan ini hanya membutuhkan 18 bahan dan 6 langkah saja.

18 Bahan Bahan untuk Resep Nasi Bakar Tongkol Suwir

Untuk bisa membikin Nasi Bakar Tongkol Suwir pada tutorial ini kamu perlu menyiapkan 18 bahan saja. Jadi silahkan kita siapkan terlebih dahulu bahan-bahanya seperti dibawah ini.

  1. Siapkan nasi - 6 piring.
  2. Siapkan tongkol pindang - 4 ekor.
  3. Siapkan daun jeruk - 3 lembar.
  4. Siapkan daun salam - 1 lembar.
  5. Siapkan penuh kemangi - 1 genggam.
  6. Siapkan Garam - .
  7. Siapkan Halawa - .
  8. Siapkan Bumbu halus : - .
  9. Siapkan kemiri - 3 butir.
  10. Siapkan bawang putih - 7 siung.
  11. Siapkan bawang merah - 9 siung.
  12. Siapkan cabe merah - 3 buah.
  13. Siapkan cabe rawit - 7 buah.
  14. Siapkan lada - 1/2 sdm.
  15. Siapkan kunyit bubuk - 1/2 sdm.
  16. Siapkan Pembungkus: - .
  17. Siapkan Daun pisang - .
  18. Siapkan Lidi - .

Tambahkan garam dan gula secukupnya saja. Setelah tercampur rata, tambahkan pula daun bawang. Cara Membuat Nasi Bakar Ayam Suwir. Lihat juga resep Nasi Bakar Teflon Simpel enak lainnya.

6 Panduan Resep Nasi Bakar Tongkol Suwir

Setelah Anda sudah menyiapkan 18 bahan diatas. Selanjutnya kalian simak langkah-langkah selengkapnya untuk membuat Nasi Bakar Tongkol Suwir dibawah ini.

  1. Buang kepala, kotoran dan duri tongkol, kemudian suwir-suwir..
  2. Haluskan bumbu halus, kemudian tumis bersama daun jeruk dan daun salam. Jika sudah harum, masukkan suwiran tongkol..
  3. Aduk rata. Lalu tambahkan garam dan halawa. Test rasa..
  4. Petik daun kemangi. Kemudian campurkan pada nasi dan suwiran ikan..
  5. Bungkus dengan daun pisang dan sematkan lidi pada ujung-ujungnya. Baru pertama kali bungkus pakai daun pisang 🤭. Mohon maklum kalo jelek. Hehehe...
  6. Bakar di teflon hingga daun pisang agak gosong. Selamat mencoba!.

Nasi bakar secara umum mengacu kepada nasi yang dibumbui kemudian dibakar dengan berbungkus daun pisang dengan diikat/ disemat pakai biting atau lidi. Separuh bagian dada ayam, rebus kaldunya disisihkan. Nasi bakar biasanya berisi nasi dengan aneka lauk berbumbu yang dibungkus dengan daun pisang, kemudian dibakar. Nasi bakar cukup mudah ditemui di beberapa tempat seperti Bakar nasi di atas teflon sampai daun pisang agak layu. Sajikan nasi bakar tongkol suwir saat masih hangat.

Bagaimana sangat mudah bukan cara memasak Nasi Bakar Tongkol Suwir ini. Silahkan Anda coba dirumah yaa. Semoga berhasil dan selamat mencicipi. Silahkan kamu simak dan baca koleksi resep masakan enak dan mudah lainnya juga yaa.

Simpan Resep