13 Cara Buat Sego Tongkol Suwir, Tempe Mendoan dan Teh Kampul Gula Batu yang Lezat

Dapatkan ribuan koleksi resep masakan yang enak dan Mudah.

Bagaimana sih cara memasak Sego Tongkol Suwir, Tempe Mendoan dan Teh Kampul Gula Batu. Pada tulisan kali ini kami akan memberikan tutorial lengkap cara membuat Sego Tongkol Suwir, Tempe Mendoan dan Teh Kampul Gula Batu dengan mudah dan pastinya tidak kalah enak.

Sego Tongkol Suwir, Tempe Mendoan dan Teh Kampul Gula Batu. Selamat Ulang Tahun ya mbak Rubini, Semoga usianya barokah, panjang umur, banyak rejekinya serta senantiasa bahagia. ♡ Tumis Tongkol Suwir ♡ Recipe By @wiwin_koemala. Cara memasak Suwir Tongkol Pete: Goreng ikan pindang tongkol, suwir dan buang dari durinya, sisihkan.

Sego Tongkol Suwir, Tempe Mendoan dan Teh Kampul Gula Batu - cookandrecipe.com Tongkol suwir ini dalam rangka memenuhi request juragan :D Pas kapan hari lagi maen ke rumah mbak Farida, ada lauk ini dan kebetulan juragan suka. Masukkan campuran tepung terigu dan gula halus ke dalam kocokan telur sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan spatula plastik hingga rata. Banyak yang mengira ikan tuna, tongkol, dan cakalang adalah jenis ikan yang sama dengan sebutan yang berbeda. Tenang saja untuk tutorial cara memasak Sego Tongkol Suwir, Tempe Mendoan dan Teh Kampul Gula Batu yang akan kami jelaskan ini hanya membutuhkan 34 bahan dan 13 langkah saja.

34 Bahan Bahan untuk Memasak Sego Tongkol Suwir, Tempe Mendoan dan Teh Kampul Gula Batu

Untuk bisa bikin Sego Tongkol Suwir, Tempe Mendoan dan Teh Kampul Gula Batu pada tutorial ini kamu perlu menyiapkan 34 bahan saja. Jadi silahkan kamu siapkan terlebih dahulu bahan-bahanya seperti dibawah ini.

  1. Siapkan A. 👉 Tongkol Suwir : - .
  2. Siapkan pindang tongkol - 3 ekor.
  3. Siapkan cabe merah keriting - 5 buah.
  4. Siapkan cabe rawit merah (biarkan utuh) - 10 buah.
  5. Siapkan tomat hijau (kecil) - 2 buah.
  6. Siapkan daun bawang prei - 1 batang.
  7. Siapkan jahe (geprek) - 1 potong.
  8. Siapkan lengkuas (geprek) - 1 potong.
  9. Siapkan sereh (geprek) - 1 batang.
  10. Siapkan daun jeruk - 2 lembar.
  11. Siapkan daun salam - 1 lembar.
  12. Siapkan bawang merah - 7 siung.
  13. Siapkan bawang putih - 4 siung.
  14. Siapkan secukupnya: garam, kaldu jamur, gula pasir, merica bubuk - .
  15. Siapkan minyak goreng - secukupnya.
  16. Siapkan nasi putih - secukupnya.
  17. Siapkan B. 👉 Tempe Mendoan : - .
  18. Siapkan tempe (secukupnya) - 2 bungkus.
  19. Siapkan daun bawang prei (secukupnya) - 1 batang.
  20. Siapkan tepung terigu - 4 sdm.
  21. Siapkan tepung beras - 6 sdm.
  22. Siapkan tepung tapioka - 2 sdm.
  23. Siapkan air - 150 ml.
  24. Siapkan kaldu jamur /totole - 1/2 sdt.
  25. Siapkan minyak goreng - secukupnya.
  26. Siapkan 👉 bumbu dihaluskan : - .
  27. Siapkan bawang putih (besar) - 2 siung.
  28. Siapkan ketumbar - 1/2 sdt.
  29. Siapkan garam - 1 sdt.
  30. Siapkan C. 👉 Teh Kampul Gula Batu - .
  31. Siapkan teh celup - 1 kantong.
  32. Siapkan jeruk nipis - 1 buah.
  33. Siapkan air panas - 1 gelas.
  34. Siapkan gula batu - secukupnya.

Baca Juga: Ikan Laut dan Ikan Air Tawar, Mana yang Lebih Bergizi? Masyarakat Indonesia lebih memilih mengonsumsi ikan tongkol dan cakalang. Olahan Ikan Tongkol - Ikan tongkol merupakan salah satu jenis ikan laut yang cukup terkenal, rasanya yang lezat, gurih dan nikmat membuat banyak orang menyukai ikan yang satu ini. Apalagi ikan tongkol bisa diolah menjadi beragam jenis olahan ikan tongkol sehingga menggugah selera.

13 Langkah Memasak Sego Tongkol Suwir, Tempe Mendoan dan Teh Kampul Gula Batu

Setelah kita sudah menyiapkan 34 bahan diatas. Berikutnya Anda simak langkah-langkah selengkapnya untuk bikin Sego Tongkol Suwir, Tempe Mendoan dan Teh Kampul Gula Batu dibawah ini.

  1. A. 👉 Membuat Tongkol Suwir : Siapkan pindang tongkol, buang bagian kepala dan isi perutnya.....Goreng setengah matang...jika sudah dingin pindang tongkol suwir suwir, sisihkan..
  2. Siapkan bumbu yang akan digunakan....iris iris: bawang merah, bawang putih, cabe merah keriting, daun bawang prei serta tomat hijaunya. Cabe rawit biarkan utuh....tumis bawang merah, bawang putih dan cabe merahnya..
  3. Masukkan jahe, lengkuas, sereh, daun salam dan daun jeruk (buang tulang daunnya)....aduk rata lalu masukkan tongkol yang sudah disuwirnya, aduk aduk kembali....kemudian masukkan irisan, daun bawang, tomat dan cabe rawitnya. Beri garam, kaldu jamur, merica bubuk dan gula pasir, aduk rata dan cek rasanya..
  4. Jika rasa sudah pas, maka tongkol suwir siap dihidangkan..
  5. Siapkan Daun pisang kemudian potong potong lalu cuci dan keringkan....diselembar daun pisang letakkan nasi putih, diatasnya taruh daun pisang ukuran kecil...isi dengan tongkol suwir, lalu lipat daun pisangnya, Sego tongkol suwir siap dihidangkan..
  6. B. 👉 Membuat Tempe Mendoan : Siapkan bahan bahan yang akan digunakan....iris tipis melebar tempenya, iris iris daun bawang prei nya...Haluskan: bawang putih, ketumbar dan garam..
  7. Campur jadi satu : terigu, tepung beras dan tapioka, aduk rata....tuang air, lalu aduk rata..
  8. Masukkan bumbu halus, aduk rata...masukkan juga totole lalu cek rasanya....terakhir masukkan irisan daun bawang prei, aduk rata..
  9. Pada adonan tepung masukkan irisan tempe, bulak balik tempe sampai tertutup adonan tepung...panaskan minyak dalam wajan...lalu goreng tempenya sampai setengah matang..
  10. Angkat tempe dan tiriskan minyaknya....tempe mendoan siap dihidangkan dengan sambal kecap (irisan cabe rawit + kecap manis)..
  11. C. 👉 Membuat teh kampul gula batu : Siapkan bahan bahan yang akan digunakan....iris iris jeruk nipisnya....tuang air panas dalam gelas, masukkan kantong teh celup lalu celup celupkan agar teh larut dalam air kemudian tambahkan gula batu..
  12. Masukkan irisan jeruk nipis....teh kampul gula batu siap dihidangkan.
  13. Hidangkan menu angkringan : sego tongkol suwir, tempe mendoan dan teh kampul gula batu.....hhmm endes ?😊.

Sayangnya tempe khusus untuk Mendoan tak bisa didapat di semua daerah apalagi tempat tinggal saya sekarang. Resep dan proses pembuatan sama, hanya anda akan menikmati hidangan tempe yang menyerupai gorengan renyah dan tidak cepat lembek. Tempe mendoan merupakan sajian khas Banyumas berupa tempe yang digoreng setengah matang. Tempe mendoan nikmat dicocol dengan kecap pedas. SHUTTERSTOCK/HELLO ABDULLAHTempe Mendoan, kuliner khas Banyumas tempe tipis dilapisi adonan tepung lalu digoreng.

Bagaimana sangat mudah bukan cara membuat Sego Tongkol Suwir, Tempe Mendoan dan Teh Kampul Gula Batu ini. Silahkan kalian coba dirumah yaa. Semoga berhasil dan selamat mencicipi. Silahkan kamu simak dan baca koleksi resep masakan enak dan mudah lainnya juga yaa.

Simpan Resep