20 Bahan Memasak Tongkol suwir bunga pepaya yang Lezat

Dapatkan ribuan koleksi resep masakan yang enak dan Mudah.

Jika saat ini kamu sedang ingin membuat Tongkol suwir bunga pepaya. Pada postingan kali ini kami akan memandu tutorial lengkap cara membuat Tongkol suwir bunga pepaya dengan mudah dan pastinya tidak kalah enak.

Bunga pepaya cuci bersih, buang batangnya. Rebus bunga pepaya hingga agak layu, beri garam. Cuci ikan pindang tongkol, lumuri dengan garam dan jeruk nipis, dan kukus hingga matang lalu suwir-suwir.

Tongkol suwir bunga pepaya - cookandrecipe.com Biasanya bunga buah pepaya diolah menjadi tumisan, serta ditambahkan bahan pelengkap ke dalamnnya ketika memasaknya. Ada beberapa bahan pelengkap yang bisa digunakan, dimana salah satunya yaitu ikan tongkol asap. Tidak sulit kan membuat masakan sehat tapi lezat seperti Resep Tumis Daun Pepaya Ikan Tongkol ini? Tenang saja untuk tutorial cara buat Tongkol suwir bunga pepaya yang akan kami jelaskan ini hanya membutuhkan 20 bahan dan 8 langkah saja.

20 Bahan Bahan untuk Membuat Tongkol suwir bunga pepaya

Untuk bisa membuat Tongkol suwir bunga pepaya pada postingan ini Anda membutuhkan 20 bahan saja. Jadi silahkan Anda siapkan terlebih dahulu bahan-bahanya seperti dibawah ini.

  1. Siapkan Bahan - .
  2. Siapkan ikan tongkol kukus dan suwir - 500 gr.
  3. Siapkan Bumbu halus - .
  4. Siapkan bawang merah - 10 siung.
  5. Siapkan bawang putih - 7 siung.
  6. Siapkan cabai keriting - 7 buah.
  7. Siapkan cabai rawit - 10 buah.
  8. Siapkan Bumbu lainnya - .
  9. Siapkan bunga pepaya, remas2 dengan garam, bilas dengan air mengalir, rebus dengan 1 sdt garam sampai lunak - 150 gr.
  10. Siapkan daun pepaya muda, remas2 dengan garam, bilas dengan air mengalir, rebus dengan 1/2 sdm garam sampai warna berubah menjadi hijau tua dan iris halus - 3 lembar.
  11. Siapkan daun pandan, iris halus - 2 lembar.
  12. Siapkan daun kunyit muda, iris halus - 2 lembar.
  13. Siapkan daun jeruk, iris halus - 10 lembar.
  14. Siapkan serai, ambil bagian putih dan iris halus - 3 batang.
  15. Siapkan daun kemangi, ambil daunnya - 1 ikat.
  16. Siapkan cabai merah besar, iris serong - 2 buah.
  17. Siapkan daun bawang, iris halus - 3 batang.
  18. Siapkan jahe, bakar, geprek - 2 cm.
  19. Siapkan Minyak untuk menumis - .
  20. Siapkan garam - 1 sdm.

Dijamin yang tadinya tidak menyukai daun papaya setelah mencoba resep ini pasti akan jadi menyukainya. Ikan tongkol kerap diolah menjadi masakan yang enak banget. Misalnya dimasak dengan bumbu kari, bumbu kuning, sarden, dan sebagainya. Kalau mau kreasi baru, kamu bisa coba bikin tongkol cabai hijau.

8 Panduan Resep Tongkol suwir bunga pepaya

Jika kalian sudah menyiapkan 20 bahan diatas. Berikutnya kalian simak langkah-langkah selengkapnya untuk membuat Tongkol suwir bunga pepaya dibawah ini.

  1. Haluskan bumbu halus dengan blender.
  2. Siapkan bumbu lainnya yang telah dirajang halus dan tongkol yang telah disuwir.
  3. Panaskan minyak, tumis bumbu halus sampai harum kemudian masukkan jahe bakar dan tongkol suwir dan aduk rata.
  4. Masukkan bumbu lainnya yang telah dirajang halus satu persatu sambil diaduk rata dengan urutan: daun pandan, daun kunyit, daun jeruk, serai, cabai merah dan daun bawang.
  5. Jika bumbu halus dan bumbu lainnya sudah tercampur rata, masukkan daun pepaya yang telah diiiris dan bunga pepaya, aduk rata.
  6. Taburkan 1 sdm garam secara merata dan aduk rata kemudian masukkan daun kemangi masak sampai daun layu.
  7. Cicipin rasa, koreksi dan matikan api.
  8. Tongkol suwir daun pepaya siap dihidangkan. Resep ini menyajikan masakan dengan cita rasa sedikit pedas, agak pahit, gurih dan wangi daun daunan khas Indonesia.

Berikut resep dan cara membuat tongkol cabai hijau. Resep Tongkol Suwir Pedas Manado - Lagi ingin makan masakan Manado, jadi terpikir masak tongkol suwir pedas dan tumis kangkung bunga pepaya. Bunga Pepaya - Ketika kita mendengar nama buah pepaya, tentu saja kita tahu sejumlah keunggulan yang ditawarkan buah dengan daging berwarna orange. Tetapi tahukah Anda bahwa manfaat pepaya tidak hanya terdapat dalam buah pepaya, tetapi juga dalam bunganya? Bunga pepaya tidak hanya ditumis, dimasak pepes pun enak.

Bagaimana sangat mudah bukan cara bikin Tongkol suwir bunga pepaya ini. Silahkan Anda coba dirumah yaa. Semoga berhasil dan selamat mencicipi. Silahkan kamu simak dan baca koleksi resep masakan enak dan mudah lainnya juga yaa.

Simpan Resep