✓ 13 Bahan Buat Apem tepung beras/ phakthongko yang Enak

Delicious, fresh and tasty.

Bagaimana sih cara masak Apem tepung beras/ phakthongko. Pada resep kali ini kami akan membagikan tutorial lengkap cara masak Apem tepung beras/ phakthongko dengan mudah dan pastinya tidak kalah enak.

Resep 'apem tepung beras' paling teruji. Kue Apem, selain memiliki tekstur yang lembut kue ini juga terkenal dengan citarasa. Beda tepung beras dengan tepung terigu.

Apem tepung beras/ phakthongko - cookandrecipe.com Masukkan tepung beras serta tepung terigu, aduk semuanya hingga merata menggunakan tangan. Campur tepung terigu, tepung beras dan bubuk kayu manis. Tambahkan garam dan larutan gula merah ke dalam adonan, lalu aduk hingga rata, dan diamkan satu jam. Tenang saja untuk tutorial cara membuat Apem tepung beras/ phakthongko yang akan kami jelaskan ini hanya membutuhkan 13 bahan dan 6 langkah saja.

13 Bahan Bahan untuk Resep Apem tepung beras/ phakthongko

Untuk bisa membuat Apem tepung beras/ phakthongko pada tutorial ini kalian membutuhkan 13 bahan saja. Jadi silahkan Anda siapkan terlebih dahulu bahan-bahanya seperti dibawah ini.

  1. Siapkan Bahan A - .
  2. Siapkan gula - 200 gram.
  3. Siapkan air - 200 ml.
  4. Siapkan Pandan atau pasta pandan (skip) jika mau warna putih - .
  5. Siapkan Bahan B - .
  6. Siapkan Tepung beras - 250 gram.
  7. Siapkan air - 250 ml.
  8. Siapkan Garam - 1/4 sdt.
  9. Siapkan Bahan biang - .
  10. Siapkan fermipan - 1 1/2 sdt.
  11. Siapkan gula - 1/2 sdm.
  12. Siapkan air hangat - 30 ml.
  13. Siapkan Minyak goreng dituang sebelum kukus - 1 sdm.

Goreng adonan dalam wajan cekung dengan api kecil, sambil disiram-siram dengan minyak. Buatlah adonan apem dengan cara mencampurkan tepung beras, parutan kelapa dalam satu wadah, kemudian tambahkan pula gula, fermipan, garam serta vanili. Intinya, tepung beras lebih banyak diolah menjadi santapan manis dalam porsi kecil. Daripada stok tepung beras Nagasari dibuat dengan campuran tepung beras, santan, dan gula.

6 Tahapan Resep Apem tepung beras/ phakthongko

Apabila kamu sudah menyiapkan 13 bahan diatas. Berikutnya Anda simak langkah-langkah selengkapnya untuk membikin Apem tepung beras/ phakthongko dibawah ini.

  1. Masak bahan A sampai gula larut dan angkat diamkan dingin...
  2. Wadah kecil campurkan bahan biang, fermipan, air hangat gula aduk rata terus ditutup sampai berbuih atau ngmbang.
  3. Campurkan tepung beras dan air smpai rata dan garam... Setelah rata masukan bahan A campur sampai tdak ad gelindir... Jika bahan biang sdh ngmbg ato berbuih masukan ke dalam campuran tepung aduk rata dan tutup diamkan selama 1 jam lebih.
  4. Setelah didiamkan 1 jam lebih dan adonan berbuih tambah 1 sdm minyak goreng aduk ratakan....
  5. Panaskan kukusan, loyang di olesi minyak goreng... Kukus adonan selama -+ 30menit sampai matang.
  6. Setelah matang angkat dan dinginkan, baru dipotong2 siap makan.

Kue ini semakin khas dengan potongan pisang yang jadi isian adonan tersebut. Tepung beras adalah tepung yang dibuat dari beras yang ditumbuk atau digiling. Tepung beras tidak sama dengan pati beras yang dibuat dengan merendam beras dalam larutan alkali. Tepung beras dapat dijadikan pengganti dari tepung gandum bagi penderita intoleransi gluten karena tepung beras. Kue apem pada umumnya dibuat dengan bahan dasar tepung beras dan tambahan gula merah.

Bagaimana sangat mudah bukan membikin Apem tepung beras/ phakthongko ini. Silahkan kita coba dirumah yaa. Semoga berhasil dan selamat mencicipi. Silahkan kamu simak dan baca koleksi resep masakan enak dan mudah lainnya juga yaa.

Simpan Resep