8 Cara Bikin Cumi hitam (pake tinta) yang Mudah

Dapatkan ribuan koleksi resep masakan yang enak dan Mudah.

Buat kalian yang sedang mencari resep Cumi hitam (pake tinta). Pada resep kali ini kami akan berbagi tutorial lengkap cara buat Cumi hitam (pake tinta) dengan mudah dan pastinya tidak kalah enak.

Assalamualaikum teman teman. kali ini saya mau share cumi tinta hitam khas daerah ku lumajang. Enak banget beda banget dr resep lainnya. Cumi, Jeruk Nipis, Bawang Merah, Bawang Putih, Kemiri, Jahe, Kunyit, Lengkuas (Geprek).

Cumi hitam (pake tinta) - cookandrecipe.com Setelah bumbu harum, masukkan cumi cumi. Tunggu sampai air dan tinta hitam dalam tubuh cumi cumi keluar. Jadi tinta hitam cumi yang berada di dalam cumi juga halal. Tenang saja untuk tutorial resep Cumi hitam (pake tinta) yang akan kami jelaskan ini hanya membutuhkan 15 bahan dan 8 langkah saja.

15 Bahan Bahan untuk Membuat Cumi hitam (pake tinta)

Untuk bisa membikin Cumi hitam (pake tinta) pada postingan ini kalian perlu menyiapkan 15 bahan saja. Jadi silahkan kamu siapkan terlebih dahulu bahan-bahanya seperti dibawah ini.

  1. Siapkan cumi bersih (saya buang kulitnya) - 1 kg.
  2. Siapkan jahe geprek (memarkan) - 3 cm.
  3. Siapkan lengkuas geprek (memarkan) - 3 cm.
  4. Siapkan bawang merah - 7 siung.
  5. Siapkan bawang putih - 7 siung.
  6. Siapkan cabe merah besar - 5.
  7. Siapkan cabe rawit - 10.
  8. Siapkan daun jeruk (dirobek) - 3 lbr.
  9. Siapkan gula - 1/2 sendok teh.
  10. Siapkan garam - 1 sendok teh.
  11. Siapkan Saos tiram - 2 sendok makan.
  12. Siapkan Penyedap (saya pake masako ½bks) bisa skip - .
  13. Siapkan bawang bombay potong potong - 1.
  14. Siapkan cabe merah besar potong potong - 2.
  15. Siapkan Minyak untuk menumis - .

Kedua: Ada dalil lainnya, yaitu cumi termasuk hewan buruan laut. Apabila beralasan bahwa tinta cumi itu adalah asalnya darah. Ini juga tidak tepat, karena darah hewan laut halal. Ikan memiliki darah, apakah darah ikan haram?

8 Panduan Memasak Cumi hitam (pake tinta)

Jika kita sudah menyiapkan 15 bahan diatas. Berikutnya kamu simak langkah-langkah selengkapnya untuk membuat Cumi hitam (pake tinta) dibawah ini.

  1. Halus kan bumbu (bawang merah, bawang putih, cabe besar, cabe rawit).
  2. Panaskan minyak, masukkan jahe, lengkuas, daun jeruk tumis hingga keluar harumnya..
  3. Setelah harum masukkan bumbu yang telah dihaluskan lanjut ditumis sampai harum.
  4. Setelah harum (tidak bau langu) masukkan cumi beserta tintanya (tintanya jangan dibuang ya,, ini saya pisah kepala dan badannya buat bersihkan isi perut cuminya tp tintanya masih aman) kedalam tumisan.
  5. Aduk aduk sesekali sampai keluar warna hitam dan airnya (api sedang saja).
  6. Setelah air agak menyusut masukkan garam, gula, saos tiram, penyedap aduk aduk dan test rasa.
  7. Biarkan sampai warnanya hitam pekat dan agak Mengental, setelah itu masukan potongan bawang bombay dan cabe, Aduk dan diamkan sebentar saja lalu angkat dan sajikan !!!.
  8. Selesai... Bisa dicoba yaa mamaak... Nice lunch eehhhh 😘😘🥰🥰.

Berikut resep nasi goreng hitam tinta cumi. Tinta cumi menambah cita rasa khas pada nasi goreng. Bumbu dan bahan nasi goreng ini sederhana seperti bawang merah, cabai merah, serai, dan daun jeruk. Tinta cumi-cumi bisa ditambahkan sebagai saus didalam masakan, seperti risotto, dimana menambahkan tinta cumi-cumi memberikan warna hitam mengkilap sekaligus memberikan rasa lebih kuat. Cara penggunaan lainnya seperti mencampurkan tinta cumi-cumi dengan tepung.

Bagaimana sangat mudah bukan cara buat Cumi hitam (pake tinta) ini. Silahkan Anda coba dirumah yaa. Semoga berhasil dan selamat mencicipi. Silahkan kamu simak dan baca koleksi resep masakan enak dan mudah lainnya juga yaa.

Simpan Resep