✓ 7 Cara Membuat Apem Panggang (Tepung Beras+Tape Singkong+Kelapa Parut) yang Enak

Delicious, fresh and tasty.

Buat kalian yang sedang mencari resep Apem Panggang (Tepung Beras+Tape Singkong+Kelapa Parut). Pada tulisan kali ini kami akan memberikan tutorial lengkap cara memasak Apem Panggang (Tepung Beras+Tape Singkong+Kelapa Parut) dengan mudah dan pastinya tidak kalah enak.

Apem Panggang (Tepung Beras+Tape Singkong+Kelapa Parut) - cookandrecipe.com Tenang saja untuk tutorial cara membuat Apem Panggang (Tepung Beras+Tape Singkong+Kelapa Parut) yang akan kami jelaskan ini hanya membutuhkan 12 bahan dan 7 langkah saja.

12 Bahan Bahan untuk Membuat Apem Panggang (Tepung Beras+Tape Singkong+Kelapa Parut)

Untuk dapat membuat Apem Panggang (Tepung Beras+Tape Singkong+Kelapa Parut) pada tutorial ini kita memerlukan 12 bahan saja. Jadi silahkan kamu siapkan terlebih dahulu bahan-bahanya seperti dibawah ini.

  1. Siapkan tepung beras (rosebrand) - 150 gr.
  2. Siapkan tape singkong (buang tengahnya) - 150 gr.
  3. Siapkan gula pasir - 100 gr.
  4. Siapkan air hangat - 200 ml.
  5. Siapkan santan instan (1 bungkus kara ukuran kecil) - 65 ml.
  6. Siapkan kelapa parut - 1/4 butir.
  7. Siapkan daun pandang (potong-potong) - 1 lembar.
  8. Siapkan Minyak goreng/margarin untuk olesan - .
  9. Siapkan Bahan Biang : - .
  10. Siapkan ragi instan (fermipan) - 1 sdt.
  11. Siapkan gula pasir - 3 sdt.
  12. Siapkan air hangat - 1/3 gelas belimbing.

7 Panduan Membuat Apem Panggang (Tepung Beras+Tape Singkong+Kelapa Parut)

Jika kita sudah menyiapkan 12 bahan diatas. Berikutnya kita simak langkah-langkah selengkapnya untuk bikin Apem Panggang (Tepung Beras+Tape Singkong+Kelapa Parut) dibawah ini.

  1. Kukus kelapa parut dengan daun pandan selama 10 menit, angkat dan biarkan agak dingin..
  2. Buat biang dahulu (campur semua bahan biang), tunggu 15 menit atau sampai berbusa..
  3. Dalam wadah, masukkan tape singkong dan gula pasir. Lumatkan dengan sendok/garpu sampai tercampur rata dan gula larut..
  4. Masukkan tepung beras, aduk-aduk sebentar dengan sendok. Lalu masukkan sebagian air hangat, aduk-aduk dengan menggunakan whisk. Kemudian masukkan santan instan, aduk kembali hingga tercampur rata dan tidak bergerindil. Lalu tuang sisa air hangat dan aduk hingga tercampur rata dan licin (mengaduknya dengan dikeplok-keplok ya)..
  5. Saring adonan, baru masukkan adonan biang. Aduk-aduk dengan menggunakan whisk sambil dikeplok-keplok sampai tercampur rata. Kemudian masukkan kelapa parut kukus, aduk-aduk kembali sampai tercampur rata. Lalu tutup adonan dengan kain bersih dan diamkan sampai mengembang dan berbuih/berbusa (1-2 jam)..
  6. Setelah mengembang. Aduk-aduk kembali untuk menghilangkan buih/busa. Lalu pindahkan ke gelas takar untuk memudahkan menuang pada cetakan (jika tidak dipindahkan juga tidak apa-apa)..
  7. Panaskan cetakan apem/kue maker, olesi dengan sedikit minyak/margarin. Tuang adonan dan panggang sampai matang. Tanda apem matang adalah bagian atas jika disentuh tidak lengket..

Bagaimana sangat mudah bukan cara membuat Apem Panggang (Tepung Beras+Tape Singkong+Kelapa Parut) ini. Silahkan kalian coba dirumah yaa. Semoga berhasil dan selamat mencicipi. Silahkan kamu simak dan baca koleksi resep masakan enak dan mudah lainnya juga yaa.

Simpan Resep