6 Cara Buat Nasi Bakar Tongkol Suwir yang Enak

Dapatkan ribuan koleksi resep masakan yang enak dan Mudah.

Jika saat ini kamu sedang ingin membuat Nasi Bakar Tongkol Suwir. Pada tulisan kali ini kami akan membagikan tutorial lengkap cara membuat Nasi Bakar Tongkol Suwir dengan mudah dan pastinya tidak kalah enak.

Resep Nasi Bakar - Nasi bakar merupakan makanan sederhana yang mampu menarik perhatian untuk dicicipi, selain kesan alaminya yang kuat karena menggunakan daun pisang untuk membungkusnya, aroma hangus dari daun pisang yang terbakar juga mampu menambah kenikmatan. Buat nasi bakar tongkol yang super lezat dengan resep ini. Semakin gurih karena menggunakan nasi liwet.

Nasi Bakar Tongkol Suwir - cookandrecipe.com Resep nasi bakar memang terkenal tidak mudah basi. Bumbu untuk membuatnya pun mudah dicari. Masukkan ayam yang sudah disuwir-suwir tadi ke dalamnya. Tenang saja untuk tutorial cara memasak Nasi Bakar Tongkol Suwir yang akan kami jelaskan ini hanya membutuhkan 19 bahan dan 6 langkah saja.

19 Bahan Bahan untuk Memasak Nasi Bakar Tongkol Suwir

Untuk bisa bikin Nasi Bakar Tongkol Suwir pada tutorial ini kalian memerlukan 19 bahan saja. Jadi silahkan Anda siapkan terlebih dahulu bahan-bahanya seperti dibawah ini.

  1. Siapkan Bahan Nasi : - .
  2. Siapkan bawang Putih - 3 Siung.
  3. Siapkan bawang merah - 5 siung.
  4. Siapkan serai - 1 batang.
  5. Siapkan daun Salam - 2 lembar.
  6. Siapkan daun jeruk - 3 lembar.
  7. Siapkan santan instant - 100 Ml.
  8. Siapkan Bahan Isian - .
  9. Siapkan Ikan Tongkol keranjang - 3 Bungkus.
  10. Siapkan santan instant - 50 ml.
  11. Siapkan Cabe merah kriting - 8 Buah.
  12. Siapkan Cabe rawit merah - 3 buah.
  13. Siapkan bawang Merah - 8 siung.
  14. Siapkan bawang putih - 4 siung.
  15. Siapkan jahe - 2 cm.
  16. Siapkan lengkuas - 3 cm.
  17. Siapkan daun jeruk - 5 lembar.
  18. Siapkan daun salam - 2 lembar.
  19. Siapkan sereh - 1 batang.

Tambahkan garam dan gula secukupnya saja. Setelah tercampur rata, tambahkan pula daun bawang. Cara Membuat Nasi Bakar Ayam Suwir. Lihat juga resep Nasi Bakar Teflon Simpel enak lainnya.

6 Panduan Membuat Nasi Bakar Tongkol Suwir

Apabila kita sudah menyiapkan 19 bahan diatas. Sekarang kamu simak langkah-langkah selengkapnya untuk bikin Nasi Bakar Tongkol Suwir dibawah ini.

  1. Siapkan bahan2 untuk Nasi nya, potong2 bumbu, kemudian tumis semua bumbu sampai matang (berbau harum). Cuci bersih beras..
  2. Setelah beras dicuci masukkan santan instant dan bumbu yang sudah di tumis, tambahkan air seperti biasa bila memasak Nasi di rice cooker. Masak hingga beras menjadi Nasi (matang).
  3. Sambil menunggu beras dimasak, Kita siapkan. Bahan2 untuk membuat isian Nasi bakar. Potong2 kasar bawang bombay dan sereh, pisahkan daun kemangi dari barangnya (ambil daunnya saja) kemudian ulek kasar cabe, bawang dan Jahe..
  4. Goreng Tongkol sampai matang, kemudian suir2, sisihkan. Panaskan wajan tumis semua bumbu sampai matang,kemudian masukkan santan, aduk rata, Setelah santan mendidih masukkan Tongkol suit, aduk rata biarkan hingga bumbu meresap..
  5. Setelah bumbu sedikit mengering, masukkan daun kemangi, aduk rata, angkat sisihkan. Siapkan daun pisang yg sdh di bersihkan kemudian bakar sebentar diatas api agar daun lentur. Oleskan sedikit minyak Pada daun sebelum meletakan Nasi. Ambil Nasi sekitar 1 Sendok nasi kemudian ratakan taruh isian tonggol ditengah Nasi..
  6. Setelah itu, Bungkus Nasi seperti membungkus lontong. Kemudian bakar Nasi sampai daun kecoklatan terbakar. Selama proses membakar jangan lupa Nasi dibolak balik supaya tidak gosong. Setelah semua matang, Setelah Nasi bakar matang, sajikan dengan Tempe kemul, Selamat menikmati 😉🤤.

Nasi bakar secara umum mengacu kepada nasi yang dibumbui kemudian dibakar dengan berbungkus daun pisang dengan diikat/ disemat pakai biting atau lidi. Separuh bagian dada ayam, rebus kaldunya disisihkan. Nasi bakar biasanya berisi nasi dengan aneka lauk berbumbu yang dibungkus dengan daun pisang, kemudian dibakar. Nasi bakar cukup mudah ditemui di beberapa tempat seperti Bakar nasi di atas teflon sampai daun pisang agak layu. Sajikan nasi bakar tongkol suwir saat masih hangat.

Bagaimana sangat mudah bukan cara buat Nasi Bakar Tongkol Suwir ini. Silahkan Anda coba dirumah yaa. Semoga berhasil dan selamat mencicipi. Silahkan kamu simak dan baca koleksi resep masakan enak dan mudah lainnya juga yaa.

Simpan Resep