11 Bahan Memasak Tumis Cumi Asin Sambel Ijo yang Lezat

Dapatkan ribuan koleksi resep masakan yang enak dan Mudah.

Resep Tumis Cumi Asin Sambel Ijo. Pada postingan kali ini kami akan memandu tutorial lengkap cara membuat Tumis Cumi Asin Sambel Ijo dengan mudah dan pastinya tidak kalah enak.

SAMBAL GORENG TEMPE CUMI ASIN Resep by Rudy Choirudin. Resep Masakan Cumi Asin Paling Lezat Untuk Sehari-hari cumi asin sambel ijo cumi asin cabe hijau cumi asin pete cumi asin balado cumi asin pedas manis asam. TV (@masaktv) в Instagram: «Tumis cumi asin dipadukan dengan sambal ijo yang gurih!

Tumis Cumi Asin Sambel Ijo - cookandrecipe.com Resep kali ini sih tidak persis atupun sama dengan bikinan nenek saya, tapi resep yang dibuat ini adalah resep modifikasi dari resep nenek saya. Cumi asin termasuk bahan makanan yang terhitung paling awet dari cumi lainnya karena diberi garam sebagai pengawet alami. Ikan asin peda biasa di masak hanya di goreng saja kemudian biasa di padukan dengan nasi liwet, telur dadar, tempe goreng, tumis kangkung, sambal goang dan lalapan segar. Tenang saja untuk tutorial resep Tumis Cumi Asin Sambel Ijo yang akan kami jelaskan ini hanya membutuhkan 11 bahan dan 7 langkah saja.

11 Bahan Bahan untuk Membuat Tumis Cumi Asin Sambel Ijo

Untuk bisa bikin Tumis Cumi Asin Sambel Ijo pada postingan ini kalian membutuhkan 11 bahan saja. Jadi silahkan kita siapkan terlebih dahulu bahan-bahanya seperti dibawah ini.

  1. Siapkan Cumi Asin, rendam ±30 menit lalu cuci bersih - 200 gr.
  2. Siapkan Kemangi, petiki daunnya - 2 ikat.
  3. Siapkan gula pasir - 1 sdt.
  4. Siapkan garam - 1/2 sdt.
  5. Siapkan merica bubuk - 1/4 sdt.
  6. Siapkan Minyak Goreng - secukupnya.
  7. Siapkan Bumbu Sambel Ijo - .
  8. Siapkan Cabe Ijo - 100 gr.
  9. Siapkan Bawang Merah Besar - 7 siung.
  10. Siapkan Bawang Putih - 5 Siung.
  11. Siapkan Kencur (boleh skip klo ga suka) - 50 gr.

Memasak ikan asin peda sebenarnya tidak hanya di goreng, anda bisa mengkreasikannya dengan berbagai macam. Masukan kembali ke wajan, tumis dengan api kecil. Masukkan cumi asin, tumis beberapa saat. Rebus sebentar cumi untuk mengurangi asin dan amisnya.

7 Langkah Resep Tumis Cumi Asin Sambel Ijo

Setelah kalian sudah menyiapkan 11 bahan diatas. Sekarang Anda simak langkah-langkah selengkapnya untuk memasak Tumis Cumi Asin Sambel Ijo dibawah ini.

  1. Potong-potong Cumi Asin dan goreng sebentar saja, jangan sampai kering biar ga alot, sisihkan.
  2. Ulek kasar bahan sambal ijo, atau sesuai selera.
  3. Panaskan minyak, masukkan bahan sambel ijo, tumis sampai layu & matang.
  4. Masukkan Cumi yg sudah digoreng.. Bumbui dengan gula, garam, & merica bubuk.. Masak dengan api sedang cenderung kecil...
  5. Setelah merata, tes rasa.. Masukkan Daun Kemangi, masak kembali sampai layu dengan api kecil.
  6. Angkat & sajikan.
  7. Notes: Biar warna cabe hijau & daun kemangi ga berubah, sebaiknya ketika menumis tidak usah ditambah air & dimasak dengan api yg cebderung kecil.

Tumis lagi sebentar, masukkan cumi, gula merah, serai dan lengkuas serta sedikit air. Cumi-cumi termasuk hewan tak bertulang belakang yang tidak mempunyai tulang pada tubuhnya, meskipun disebut ikan. Nah, itu tadi resep untuk membuat tumis cumi-cumi asin cabai hijau sangat mudah bukan cara pembuatannya, Anda yang sangat gemar dengan olahan tumis cumi-cumi asin. Setelah itu masukkan cumi asin yang sudah dipotong-potong tadi , aduk hingga rata. tambahkan kecap manis dan saus tiram . aduk kembali hingga bumbu merata dan matang . cicipi , tambahkan jika ada yang kurang , angkat . Tumis Cumi Asin Cabai Hijau yang lezat siap disajikan selagi hangat.

Bagaimana sangat mudah bukan membikin Tumis Cumi Asin Sambel Ijo ini. Silahkan teman-teman coba dirumah yaa. Semoga berhasil dan selamat mencicipi. Silahkan kamu simak dan baca koleksi resep masakan enak dan mudah lainnya juga yaa.

Simpan Resep