✓ 3 Cara Membuat Nasi Kebuli Kambing Recook mba @Susi Agung yang Mudah

Dapatkan ribuan koleksi resep masakan yang enak dan Mudah.

Bagaimana sih cara bikin Nasi Kebuli Kambing Recook mba @Susi Agung. Pada postingan kali ini kami akan memberikan tutorial lengkap cara membuat Nasi Kebuli Kambing Recook mba @Susi Agung dengan mudah dan pastinya tidak kalah enak.

Resep Nasi Kebuli Kambing Recook mba @Susi Agung. Saya sudah pernah share resep nasi kebuli di IG tapi ternyata belum pernah saya posting di cookpad, baiklah kali ini saya tulis kan resep nasi kebuli kambing ala saya, tentunya bahan dan bumbu mengikuti selera saya ya. Ohya, saya pakai beras biasa karena gak punya.

Nasi Kebuli Kambing Recook mba @Susi Agung - cookandrecipe.com Saya sengaja beli beras perah supaya hasil nasinya ambyar.hehe. Alhamduliah enaak banget apalagi kalau dimakan dengan acar.hmm.masya Allah deh. O ya, ini saya buat dengan ricecooker. Tenang saja untuk tutorial cara membuat Nasi Kebuli Kambing Recook mba @Susi Agung yang akan kami jelaskan ini hanya membutuhkan 48 bahan dan 3 langkah saja.

48 Bahan Bahan untuk Resep Nasi Kebuli Kambing Recook mba @Susi Agung

Untuk bisa memasak Nasi Kebuli Kambing Recook mba @Susi Agung pada tutorial ini kalian memerlukan 48 bahan saja. Jadi silahkan kalian siapkan terlebih dahulu bahan-bahanya seperti dibawah ini.

  1. Siapkan Bahan A: - .
  2. Siapkan beras - 500 gr.
  3. Siapkan daging& tulangan kambing - 1 kg.
  4. Siapkan air - 1 liter.
  5. Siapkan jahe - 1 ruas.
  6. Siapkan Bahan B (yg dihaluskan): - .
  7. Siapkan cabe merah besar (me: skip, krn gak ada) - 1 buah.
  8. Siapkan cabe merah keriting - 5 pcs.
  9. Siapkan tomat - 1 buah.
  10. Siapkan lada butiran - 1 sdt.
  11. Siapkan pala (aku pke kemasan kecil2 isi lada yg sudah plus pala nya) - 1 slice.
  12. Siapkan adas (me: ganti 1 sdt bubuk ngohiong) - 1 sdt.
  13. Siapkan ketumbar, sangrai (me: pke ketumbar bubuk dan gak disangrai) - 1 sdt.
  14. Siapkan kunyit, bakar (me: langsung blender tnpa dibakar 😅) - 1 ruas.
  15. Siapkan Bahan C (cemplung-cemplung): - .
  16. Siapkan minyak goreng, untk menumis bwg2 - Secukupnya.
  17. Siapkan bwg merah, cincang - 10 siung.
  18. Siapkan bwg putih, cincang halus - 6 siung.
  19. Siapkan bwg bombay, cincang kasar - 1 siung.
  20. Siapkan cabe hijau besar (me: 3pcs masuk dr awal, 3 pcs sisanya masuk diakhir pas ud mau mateng) - 6 buah.
  21. Siapkan saos tomat - 1 sdm.
  22. Siapkan daun jeruk - 8 lembar.
  23. Siapkan jahe, geprek - 1 ruas.
  24. Siapkan batang serai, geprek - 1 ruas.
  25. Siapkan bunga lawang - 2 pcs.
  26. Siapkan kapulaga - 4 butir.
  27. Siapkan cengkeh - 6 butir.
  28. Siapkan santan kara (aslinya 40ml santan, 25ml susu cair) - 65 ml.
  29. Siapkan air - 2 liter.
  30. Siapkan rata kari bubuk (me: merk koepoe) - 2 sdm.
  31. Siapkan garam - 2 sdt.
  32. Siapkan royco kemasan sachet - 2 bks.
  33. Siapkan gulpas - 1 sdt.
  34. Siapkan penyedap - 1 sdt.
  35. Siapkan Bahan D (pelengkap): - .
  36. Siapkan bwg goreng - Secukupnya.
  37. Siapkan potongan bwg bombay - Secukupnya.
  38. Siapkan kerupuk emping (me: skip krn lg kehabisan) - Secukupnya.
  39. Siapkan irisan tomat (me: skip, krn kehabisan juga - Secukupnya.
  40. Siapkan acar, - Secukupnya.
  41. Siapkan Bahan E (bahan ACAR, potong, campur semua): - .
  42. Siapkan cabe rawit hijau - 10-15 pcs.
  43. Siapkan timun, buang isinya, potong2 dadu - 1 buah.
  44. Siapkan wortel, potong dadu - 1 buah.
  45. Siapkan bwg merah, potong dadu - 3 siung.
  46. Siapkan cuka (me: merk belibis) - 1 sdm.
  47. Siapkan garam - 1/3 sdt.
  48. Siapkan gula pasir, cairkan dg 5 sdm air panas, aduk, tunggu dingin, baru masukan bahan2 yg lain - 2 sdm.

Kebetulan kemarin dapat daging sapi dan kambing kurban. Daging kambing sebagian dibikin sop dan sisa nya dibikin kebuli. Resep dan step masaknya sama dg nasi kebuli sapi yg dulu sy posting. Lihat juga resep Soto Ayam Lamongan ala Susi Agung enak lainnya.

3 Langkah Memasak Nasi Kebuli Kambing Recook mba @Susi Agung

Jika kita sudah menyiapkan 48 bahan diatas. Berikutnya kalian simak langkah-langkah selengkapnya untuk memasak Nasi Kebuli Kambing Recook mba @Susi Agung dibawah ini.

  1. Bahan A: untk menghindari aroma kambing dan biar mudah membersihkan kotoran2 yg menempel, aku tdk langsung mencuci kambing, tp langsung aku rebus -+20 menit dg memasukan jahe kedalam rebusannya, sisihkan, tunggu dingin, baru dibersihkan kotoran2 yg menempel, sisihkan.
  2. Bahan B & C: haluskan bahan B, sisihkan. Tumis bawang2 hingga harum dan layu, masukan bahan B, dilanjut masukan bahan2 lainnya di bahan C sisakan sebagian cabe hijau (cb hijau masukkan sebagian di akhir ketika sdh mau diangkat), aduk sebentar, lalu masukkan kambing yg sudah bersih tadi, masak kurleb 2-3 jam (krn aku mau texture daging yg bener2 lembut, 15 menit pertama pke api besar, sisanya pke api kecil aja 😅), tes rasa, sesuaikan selera. stlh matang, ambil balungannya, sisanya buat msk nasi.
  3. Cuci bersih beras, lalu gunakan air rebusan daging buat masak nasinya, ceklek deh pke magic com, sesuaikan beras nya ya, dan sesekali diaduk pas beberapa menit ketika masak, biar gak gosong bagian bawahnya, tunggu sampai mateng, goreng daging & tulangannya, lengkapi dg bahan D & E, sajikaan,,, 😘😘😘 klo nasinya kurang asin, boleh ditambah royco pas baru mateng, optional jg nasinya diaduk pke butter, cm aku skip, krn lg gak punya stok butter,, 😅🙇🙇.

Sering banget masak ini.karena emang ini salah satu makanan kesukaan suami. Berhubung Dikarenakan banyak temen yg nanya resep terus. Ada beberapa di sosmed sy udah di share. Menu masakan sy seperti biasa tanpa MSG atau penyedap rasa lainnya. Sajikan nasi kebuli kambing khas arab selagi masih panas dengan bahan pelengkapnya agar aroma masih terasa mantap.

Bagaimana sangat mudah bukan membikin Nasi Kebuli Kambing Recook mba @Susi Agung ini. Silahkan Anda coba dirumah yaa. Semoga berhasil dan selamat mencicipi. Silahkan kamu simak dan baca koleksi resep masakan enak dan mudah lainnya juga yaa.

Simpan Resep