βœ“ 11 Cara Masak Nasi Kebuli dan Acar yang Lezat

Dapatkan ribuan koleksi resep masakan yang enak dan Mudah.

Jika saat ini kamu sedang ingin membuat Nasi Kebuli dan Acar. Pada tulisan kali ini kami akan memberikan tutorial lengkap cara buat Nasi Kebuli dan Acar dengan mudah dan pastinya tidak kalah enak.

ACAR NANAS (Pelengkap Nasi Kebuli) enak lainnya. ACAR NANAS (Pelengkap Nasi Kebuli) enak lainnya. Berikut ini adalah cara untuk memasak masakan tersebut.

Nasi Kebuli dan Acar - cookandrecipe.com Acar ini kaya akan bakteri baik yang bagus banget untuk usus kita. Nasi kebuli ini memang signature disk beliau ini. Nasi kebuli dipadu dengan ayam kecap dan acar nanas bener bener siiipp Melia Abdalla. Tenang saja untuk tutorial cara memasak Nasi Kebuli dan Acar yang akan kami jelaskan ini hanya membutuhkan 41 bahan dan 11 langkah saja.

41 Bahan Bahan untuk Membuat Nasi Kebuli dan Acar

Untuk dapat membuat Nasi Kebuli dan Acar pada postingan ini Anda membutuhkan 41 bahan saja. Jadi silahkan kita siapkan terlebih dahulu bahan-bahanya seperti dibawah ini.

  1. Siapkan Bahan-bahan: - .
  2. Siapkan daging kambing - 1 kg.
  3. Siapkan beras pera (tidak pulen) / beras basmati - 300 gr.
  4. Siapkan Utk beras bisa menyesuaikan kebutuhan. Resep ini bisa 1 kg beras - .
  5. Siapkan Tomat merah - 10.
  6. Siapkan Bawang bombay ukuran besar - 1 butir.
  7. Siapkan bawang putih - 30 butir.
  8. Siapkan bawang merah - 20 butir.
  9. Siapkan jahe - 1 ruas.
  10. Siapkan jintan halus - 3 sdm.
  11. Siapkan ketumbar halus - 3 sdm.
  12. Siapkan lada halus - 1 sdm.
  13. Siapkan kayu manis - 2 batang.
  14. Siapkan sereh - 3 batang.
  15. Siapkan cengkeh - 10 biji.
  16. Siapkan kapulaga utuh (bulat2) - 20.
  17. Siapkan cabai hijau / merah besar - 5.
  18. Siapkan daun salam koja/daun kare/salam biasa - 5.
  19. Siapkan santan instan (2 kara instan kecil) - 100-130 ml.
  20. Siapkan susu Dancow (@27gr) - 2 sachet.
  21. Siapkan air - 1 liter.
  22. Siapkan Gula dan Garam sesuai selera (me: @2 - 3 sdm) - .
  23. Siapkan Margarin - .
  24. Siapkan Minyak goreng - .
  25. Siapkan kismis hitam - 50 gr.
  26. Siapkan irisan kacang kenari - 50 gr.
  27. Siapkan kacang mede - 50 gr.
  28. Siapkan kapulaga halus - 1 sdm.
  29. Siapkan bawang putih goreng - 100 gr.
  30. Siapkan bawang merah goreng - 100 gr.
  31. Siapkan Bahan Acar: - .
  32. Siapkan wortel - 2 buah.
  33. Siapkan nanas - 1 ruas.
  34. Siapkan timun - 2 buah.
  35. Siapkan cuka - 10 sdm.
  36. Siapkan air jeruk nipis - 2 sdm.
  37. Siapkan saus pedas instan - 3 sdm.
  38. Siapkan rawit pedas merah/oren di rebus/rendam air panas - 10-15 buah.
  39. Siapkan gula - 2-3 sdm.
  40. Siapkan garam - 1 sdm.
  41. Siapkan air hangat - Secukupnya.

Acar nenas bisa buat nasi kebuli or soto. nenas buah yang besar, timun, bawang merah, Cabe merah, Cabe rawit hijo, cuka, gula, garam Hestu SUGAR. Langkah Membuat Nasi Kebuli dan Acar. Tumis bumbu halus bawang hingga kering dan harum. Setelah kering masukan sereh, daun salam, cabe, kayu manis, cengkeh, kapulaga utuh.

11 Panduan Resep Nasi Kebuli dan Acar

Setelah kalian sudah menyiapkan 41 bahan diatas. Berikutnya kamu simak langkah-langkah selengkapnya untuk bikin Nasi Kebuli dan Acar dibawah ini.

  1. Haluskan Bawang Putih+bawang merah+bawang bombay+Jahe. Sisihkan. Haluskan tomat. Sisihkan..
  2. Panaskan 2 sdm margarin dan minyak 5 sdm. Tumis bumbu halus bawang hingga kering dan harum. Setelah kering masukan sereh, daun salam, cabe, kayu manis, cengkeh, kapulaga utuh. Tumis sampai harum dan mengering. Setelah itu masukan tomat yg sudah dihaluskan. Dan biarkan sampai mengering..
  3. Setelah bumbu mengering, berubah warna dan mengeluarkan aroma, masukan jintan, ketumbar, lada. Tumis sampai harum, mengeluarkan minyak dan biarkan hingga kering (kering disini yaitu sudah tidak ada airnya)..
  4. Masukan daging kambing, aduk rata, tambah air, gula dan garam, cek rasa sesuaikan selera (tapi jika gula dan garam baru dimasukan, masih belum mengeluarkan rasa, krn harus diresap dulu oleh daging dan bumbu, jadi koreksi rasa bisa sambil memasak). Masak dengan api kecil kurang lebih 5 - 10 menit hingga kambing mengeluarkan air..
  5. Setelah itu masukan santan dan susu bubuk, aduk rata. Tambahkan sekitar 50 gr bawang putih goreng dan 50 gr bawang merah goreng. Tunggu hingga daging empuk..
  6. Untuk kukus dan mengaron beras: Setelah beras dicuci, panaskan kukusan, kukus beras kurang lebih 10-15 menit, atau sampai beras terlihat mengembang, lalu pindahkan ke panci kosong..
  7. Setelah beras dituang ke panci kosong, pastikan daging kambing sudah benar-benar empuk, tuang kuah kebuli sedikit demi sedikit ke beras dalam panci, cukup hingga terendam saja (jangan sampai tenggelam atau terlalu banyak kuah. Kuah yg sisa dapat disimpan di freezer, bisa utk masak kebuli berikutnya), daging boleh juga di masukan ke dalam rendaman beras. Lalu aduk rata. Biarkan dan tutup rapat panci selama kurleb 30 menit, aron sampai bumbu meresap ke dalam beras. Tanpa dimasak diatas api ya..
  8. Untuk daging kambing, bisa digoreng, ditiriskan dulu dari kuah, bisa jg dikukus bersama nasi, sesuai selera (me: lebih suka dikukus bareng nasi 😊).
  9. Siapkan kukusan kembali, pindahkan beras yang telah direndam tadi dan kukus hingga nasi empuk, matang sepenuhnya..
  10. Pindahkan nasi kebuli ke dalam suatu wadah besar atau baskom sebelum disajikan. Biar wangi dan aromanya keluar, tambahkan 2-3 sdm margarin, kapulaga bubuk (ini boleh sesuai selera ya..), tambahkan kismis, kacang kenari, kacang mede, bawang putih dan merah goreng. Sekalian jangan lupa cek rasa, jika ada yang perlu ditambahkan (gula/garam). Aduk rata selagi panas... setelah itu bisa dicetak (atau tidak) lalu sajikan dengan acar, krupuk atau emping, dengan taburan bawang gorengπŸ‘?πŸ€—πŸ€€.
  11. Membuat Acar: iris kotak kecil wortel, nanas, timun. Sisihkan. Ulek cabai yg sudah direbus/rendam air panas. Pindahkan ke wadah, campur saos, gula, garam, cuka, air jeruk nipis, air hangat sekitar 50 ml, koreksi rasa, rasanya asam, cenderung manis, pedas, segerrrr 😊 setelah itu siram kedalam campuran wortel, timun dan nanas. Biarkan dikulkas sebelum disajikan agar kuah acar menyerap, tidak perlu terlalu banyak menambahkan air, krn nanti akan keluar air dr nanas dan timun..

Setelah itu masukan tomat yg sudah dihaluskan. Acar nanas mentah buat pelengkap nasi kebuli yang diproses tanpa dimasak, rasanya segar dan khas. Acar nanas memiliki cita rasa yang segar dan enak sangat cocok untuk disajikan sebagai pendamping makanan berat seperti Nasi Kebuli. Ketenaran nasi kebuli ini sudah merambah keseluruh nusantara karena cita rasanya gurih dan enak berkat bumbu bumbunya yang cukup lengkap apalagi dengan tambahan. Iga bisa disajikan langsung atau digoreng terlebih dahulu sesuai selera.

Bagaimana sangat mudah bukan cara buat Nasi Kebuli dan Acar ini. Silahkan kamu coba dirumah yaa. Semoga berhasil dan selamat mencicipi. Silahkan kamu simak dan baca koleksi resep masakan enak dan mudah lainnya juga yaa.

Simpan Resep