✓ 7 Cara Memasak Nasi Kebuli Ayam yang Lezat

Dapatkan ribuan koleksi resep masakan yang enak dan Mudah.

Bagaimana sih cara memasak Nasi Kebuli Ayam. Pada tulisan kali ini kami akan berbagi tutorial lengkap cara memasak Nasi Kebuli Ayam dengan mudah dan pastinya tidak kalah enak.

Nasi Kebuli Ayam Yulia Prattiwi Manado, Sulawesi Utara. Salah satu menu kesukaan suami dan emak. Kalo masak ini bisa bolak balik makan.

Nasi Kebuli Ayam - cookandrecipe.com It is popular among the Arab community in Indonesia and Betawi people in Jakarta. Lihat juga resep Nasi Kebuli Ayam enak lainnya. Cara membuat nasi kebuli ayam: Pertama silakan Anda siapkan wajan lalu masukkan margarin ke dalamnya, leleh-kan dengan api sedang hingga jadi cair. Tenang saja untuk tutorial resep Nasi Kebuli Ayam yang akan kami jelaskan ini hanya membutuhkan 25 bahan dan 7 langkah saja.

25 Bahan Bahan untuk Memasak Nasi Kebuli Ayam

Untuk bisa bikin Nasi Kebuli Ayam pada tutorial ini kita perlu menyiapkan 25 bahan saja. Jadi silahkan kalian siapkan terlebih dahulu bahan-bahanya seperti dibawah ini.

  1. Siapkan Bahan utama: - .
  2. Siapkan ayam potong2, direbus. Air rebusan jangan dibuang - 1 ekor.
  3. Siapkan beras Bramasti. Rendem 20-30menit lalu bersihka - 600-700 gram.
  4. Siapkan telur. Digoreng dadar - 3-4.
  5. Siapkan Kismis - optional.
  6. Siapkan Bumbu2 halus: - .
  7. Siapkan bawang merah - 12.
  8. Siapkan bawang putih - 12.
  9. Siapkan ketumbar - 10.
  10. Siapkan cabe lombok merah, buang bijinya - 14.
  11. Siapkan Jinten bubuk/butiran juga boleh ntar ditumbuk halus - 3 sendok makan.
  12. Siapkan pala halus/butiran juga boleh ntar tumbuk halus - 1 sendok makan.
  13. Siapkan cengkeh halus / butiran juga boleh ntar tumbuk halus - 1 sendok makan.
  14. Siapkan merica/butiran jg boleh ntar tumbuk halus - 1 sendok.
  15. Siapkan jahe - 2 cm.
  16. Siapkan kunyit - 2 cm.
  17. Siapkan Bumbu tumis: - .
  18. Siapkan tomat potong kecil2 - 1 buah.
  19. Siapkan bawang bombay potong kecil - 1 buah.
  20. Siapkan sereh, digebukin ampe menyek - 2 batang.
  21. Siapkan kayu manis - 4 buah.
  22. Siapkan daun lawang - 6 buah.
  23. Siapkan daun salam - 5 lembar.
  24. Siapkan kapulaga, buang kulitnya - 8 butir.
  25. Siapkan santen. Karena susu cair lagi ga ada, santen yang saya perbanyak - 15 sendok.

Bila sudah masukkan bahan bumbu halus lalu tumis hingga harum. Tumis dengan api kecil supaya bumbu-nya tak mudah gosong. Tambahkan dengan potongan ayam yang sudah disiapkan tadi, aduk - aduk dan masak terus hingga semua bahan dan ayamnya agak. Resep Nasi Kebuli Ayam untuk Idul Adha; Resep Nasi Kebuli Ayam untuk Idul Adha.

7 Langkah Resep Nasi Kebuli Ayam

Apabila kalian sudah menyiapkan 25 bahan diatas. Sekarang kamu simak langkah-langkah selengkapnya untuk bikin Nasi Kebuli Ayam dibawah ini.

  1. Blender bumbu2 halus. Sebelumnya kasih garam n minyak sayur dulu, baru dimainkan. Kalau ga ada blender, mending beli bumbu2 halus dalam botol plastik..itung2 buat stok. Kalau numbuk, kelamaan n suka muncrat2..jadi habis deh.
  2. Ayam direbus sampai matang. Air rebusan jangan dibuang, nanti dipakai buat rebus beras.
  3. Tumis bawang bombay, oseng2. Lalu masukan bumbu2 halus. Oseng2 lagi sampe haruum. Masukan semua bumbu tumis n tomat. Oseng2 lagi sampe harum. Tambahkan santen lalu masukan ayam yang tadi direbus serta sedikit air kaldu ayam. Udak aduk biar bumbu meresap ke sanubari ayam. Tambahkan garam secukupnya. Jangan lupa tes rasa, jangan sampai keasinan ntar dibilang mau nikah lage 😬😨. Kalau air tumisan udah nyusut, angkat ayam.
  4. Di kuali tadi, masukan beras bramasti, n air kaldu secukupnya. Jangan sampe kebanyakan air, ntar luntur warnanya 😂. Boleh nambah santen 1 - 2 sendok. Lalu aduk2 5-7 menitan biar rata.
  5. Saatnya kukus. Saya ga pake magiccom karena masih ada nasi mertua 😥😮😅. Air jangan sampe nyentuh batasan alas tatakan dangdang, biar ga kena beras ntar luntur lage. Sebelum dikukus, olesin dulu mentega or minyak sayur di alas tatakan dandang n kiri kanan dandang biar pas mateng nasi nanti ga nempel. Kukus kurang lebih 20 - 30 menit dengan api sedang sampe dandang keluar asep. Lalu dicek, udah mateng apa belum. Kalau belum, dikukus lagi aja ya.
  6. Ayam sebenarnya bisa ikut dikukus. Tapi saya digoreng aja deh. Sekalian bikin telor dadar.. standar aja telor dadarnya pake garem n daun bawanf potong2 tipis.
  7. Aksesoris lainnya kayak Kismis, acar, kerupuk bisa ditambahkan sendiri..

Simpan ke bagian favorit Tersimpan di bagian favorit. Nasi Kebuli Ayam, satu resep klasik yang lezat untuk dinikmati setiap hari apalagi untuk berbuka puasa ataupun hari raya lainnya. Mari kita simak bersama cara membuatnya di sini! NASI KEBULI AYAM versi Ekonomis sangat cocok untuk hidangan istimewa keluarga dan teman,selain lezat t cara pembuatan NASI KEBULI AYAM versi Ekonomis ini juga cukup mudah. Dan Beliau sebelum meninggal sempat bilang Ayo dang bikin nasi kebuli.

Bagaimana sangat mudah bukan cara buat Nasi Kebuli Ayam ini. Silahkan Anda coba dirumah yaa. Semoga berhasil dan selamat mencicipi. Silahkan kamu simak dan baca koleksi resep masakan enak dan mudah lainnya juga yaa.

Simpan Resep