✓ 23 Bahan Memasak Nasi Kebuli yang Lezat

Dapatkan ribuan koleksi resep masakan yang enak dan Mudah.

Buat kalian yang sedang mencari resep Nasi Kebuli. Pada resep kali ini kami akan berbagi tutorial lengkap cara masak Nasi Kebuli dengan mudah dan pastinya tidak kalah enak.

Nasi kebuli is made by cooking rice soaked in goat meat broth with milk or coconut milk instead of water. The goat meat is later cooked and mixed with sauteed spice mixture in a clarified butter (often with ghee, locally known as minyak samin). A nasi kebuli is a fragrant white rice cooked with a herb mix of warm flavours like cinnamon, nutmeg and cloves.

Nasi Kebuli - cookandrecipe.com Nasi kebuli is an Indonesian style spicy steamed rice dish cooked in goat broth, milk and ghee and popular among Arab community in Indonesia and Betawi people in Jakarta. Nasi kebuli was influenced by Arab culture and its origin can be traced to Middle eastern cuisine, especially Yemeni Arabian influence, and also Indian cuisine influence. So, to get into the spirit of the day, I am preparing nasi kebuli, a rice dish with lamb and ton of spices cooked in coconut milk. Tenang saja untuk tutorial resep Nasi Kebuli yang akan kami jelaskan ini hanya membutuhkan 23 bahan dan 6 langkah saja.

23 Bahan Bahan untuk Memasak Nasi Kebuli

Untuk bisa bikin Nasi Kebuli pada postingan ini kita membutuhkan 23 bahan saja. Jadi silahkan Anda siapkan terlebih dahulu bahan-bahanya seperti dibawah ini.

  1. Siapkan daging kambing - 1 kg.
  2. Siapkan beras basmati ( beras lokal long grain - 1 kg.
  3. Siapkan jintan halus - 3 sdm.
  4. Siapkan ketumbar halus - 3 sdm.
  5. Siapkan lada halus - 1 sdm.
  6. Siapkan kapulaga halus - 1 sdm.
  7. Siapkan kayu manis - 2 batang.
  8. Siapkan cengkeh - 10 buah.
  9. Siapkan kapulaga utuh - 20 buah.
  10. Siapkan sereh - 3 batang.
  11. Siapkan cabe hijau besar - 5 buah.
  12. Siapkan daun salam koja / kari - 5 helai.
  13. Siapkan santan kental - 100 ml.
  14. Siapkan Dancow bubuk full cream - 2 sachet.
  15. Siapkan air - 1 liter.
  16. Siapkan margarin/ minyak samin - 4 sdm.
  17. Siapkan Garam, gula, kaldu bubuk dan bawang goreng - secukupnya.
  18. Siapkan Bumbu yang dihaluskan - .
  19. Siapkan bawang bombay - 1 buah.
  20. Siapkan bawang putih - 30 siung.
  21. Siapkan bawang merah - 20 butir.
  22. Siapkan tomat merah (haluskan terpisah dengan lainnya) - 10 buah.
  23. Siapkan jahe - Sejempol.

It is a dish that we Indonesian absorbed from the Middle Eastern tradition. Nasi Kebuli Nasi Kebuli yang dibuat dengan bahan - bahan pilihan terbaik dan aroma rempah yang begitu terasa. Cari sumber: "Nasi kebuli" - berita · surat kabar · buku · cendekiawan · JSTOR (Pelajari cara dan kapan saatnya untuk menghapus pesan templat ini) Nasi kebuli adalah hidangan nasi berbumbu yang bercitarasa gurih yang ditemukan di Indonesia. Nasi Kebuli Kambing + Acar Setelah dr korea mari langsung berangkat ke Arab.

6 Panduan Memasak Nasi Kebuli

Jika kamu sudah menyiapkan 23 bahan diatas. Berikutnya kalian simak langkah-langkah selengkapnya untuk membuat Nasi Kebuli dibawah ini.

  1. Tumis bumbu halus bawang2an dengan margarin (saya pake minyak samin) hingga harum. Masukkan daun sereh, daun kari koja dan cabe hijau aduk2 hingga harum. Masukkan kayu manis, kapulaga utuh, cengkeh aduk2 hingga wangi. Masukkan tomat yang telah dihaluskan, tumis hingga tanak (airnya surut).Tambahkan jinten bubuk, ketumbar bubuk dan lada bubuk. Aduk-aduk..
  2. Masukkan tumisan bumbu ke dalam daging kambing yang sudah direbus sebelumnya sampai empuk. Tambahkan gula, garam dan kaldu bubuk. Masak daging hingga bumbunya meresap. Tambahkan santan, dan susu bubuk. Masak lagi hingga daging benar-benar empuk dan bumbu meresap. Koreksi rasa kuahnya. Rasa kuahnya seperti kuah gulai..
  3. Pisahkan daging kambing dari kuahnya..
  4. Cuci beras basmati, dan rendam 20-30 menitan. Masukkan beras yang sudah ditiriskan ke dalam kuah gulai. Ukuran kuahnya 1000 mL (1 L) untuk 500 gram beras agar hasil nasinya bagus..
  5. Masak hingga mendidih. Setelah itu kecilkan apinya (bener2 kecil ya) dan tutup pancinya. Pastikan ga ada udara yang keluar masuk, bisa dilapisi aluminium voil sebelum ditutup pancinya jika memungkinkan keluar uapnya. Masak sekitar 20 menitan. Jika sudah matang buka tutupnya untuk menghilangkan uap airnya. Kemudian tutup lagi sekitar 10 menitan. Nasi sudah siap dihidangkan..
  6. Untuk dagingnya, sebelum disajikan bisa digoreng terlebih dahulu. Taraaa nasi kebuli siap dihidangkan ditambah dengan pelengkap acar dan empingnya..

Nasi yg paling pengen banget saya icipin, ternyata enak banget & anak-anak lahap makan. Siang tadi mikir mau buat apa minggu begini akhirnya inget buat eksekusi resep simple yg uenak & manteb ini. Nasi kebuli ini nggak bisa dipungkiri menjadi sajian yang sedap untuk disantap bersama keluarga dan sanak saudara. Daging kambing yang gurih dengan aroma nasi kebuli sangat sulit untuk ditolak. Sudah nggak sabar yah ingin lihat resep selengkapnya?

Bagaimana sangat mudah bukan cara memasak Nasi Kebuli ini. Silahkan kalian coba dirumah yaa. Semoga berhasil dan selamat mencicipi. Silahkan kamu simak dan baca koleksi resep masakan enak dan mudah lainnya juga yaa.

Simpan Resep