✓ 11 Bahan Memasak Kue Lumpur Kentang yang Cepat

Dapatkan ribuan koleksi resep masakan yang enak dan Mudah.

Jika saat ini kamu sedang ingin membuat Kue Lumpur Kentang. Pada resep kali ini kami akan memandu tutorial lengkap cara memasak Kue Lumpur Kentang dengan mudah dan pastinya tidak kalah enak.

Kue lumpur kentang ini enakkk banget. Resep ini dari NCC dan sudah sangat terkenal. Resep Kue Lumpur Kentang dan Susu.

Kue Lumpur Kentang - cookandrecipe.com Resep Kue Lumpur - Kue Lumpur merupakan salah satu kategori kue basah yang merupakan jajanan khas pasar tradisional yang populer di kota Sidoarjo, Jawa Timur. Bahan yang digunakan untuk membuat kue lumpur ini adalah santan, kentang, tepung terigu, telur, dan aneka bahan lainnya. Kue Lumpur menggunakan bahan pewangi vanila dan biasanya terdapat hiasan kismis serta irisan kelapa muda. Tenang saja untuk tutorial cara memasak Kue Lumpur Kentang yang akan kami jelaskan ini hanya membutuhkan 11 bahan dan 4 langkah saja.

11 Bahan Bahan untuk Membuat Kue Lumpur Kentang

Untuk dapat bikin Kue Lumpur Kentang pada tutorial ini kamu memerlukan 11 bahan saja. Jadi silahkan kita siapkan terlebih dahulu bahan-bahanya seperti dibawah ini.

  1. Siapkan kentang - 200 gram.
  2. Siapkan tepung terigu - 100 gram.
  3. Siapkan margarin - 50 gram.
  4. Siapkan gula pasir - 100 gram.
  5. Siapkan telur ayam - 2 butir.
  6. Siapkan santan - 150 ml.
  7. Siapkan air - 100 ml.
  8. Siapkan Vanili - secukupnya.
  9. Siapkan Cochocip - secukupnya.
  10. Siapkan Kismis - secukupnya.
  11. Siapkan pewarna kuning (ga pake jg ga apa2) - secukupnya.

Resep Kue Lumpur - Kue lumpur adalah salah satu kue basah tradisional yang terbuat dari bahan utama santan, kentang, tepung terigu dan telur sejenis jajanan susu telur (custard), yang asalnya dari eropa. Konon kue lumpur di usut dari asalnya yaitu dari Lisbon Portugal, dan di sana bernama Pasteis de Nata. Agar semakin mantap, maka kue lumpur seringkali diberi vanilla sebagai pewanginya. Kue basah tradisional yang popular dengan sebutan kue lumpur ini memiliki ciri khas berbentuk bundar dengan teksturnya yang lembut.

4 Langkah Memasak Kue Lumpur Kentang

Setelah kita sudah menyiapkan 11 bahan diatas. Sekarang kita simak langkah-langkah selengkapnya untuk membikin Kue Lumpur Kentang dibawah ini.

  1. Kukus kentang terlebih dahulu, kemudian haluskan. Masak santan dan air hingga mendidih, kemudian dinginkan sejenak. Usai dingin, campurkan kentang kukus yang sudah dihaluskan tadi dengan santan, lalu blender hingga benar-benar lembut..
  2. Campurkan gula dan telur, kemudian kocok hingga berwarna putih. Usahakan jangan sampai berbusa maupun mengembang. Setelah itu, tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil terus dikocok. Kemudian tambahkan vanili , margarin, kocok sebentar, dan sisihkan..
  3. Campurkan adonan pertama dan kedua, tambahkan pewarna kocok hingga benar-benar tercampur rata dan adonan sudah siap dicetak..
  4. Setelah itu, panggang adonan menggunakan api kecil dan jangan lupa ditutup agar matangnya merata. Untuk toppingnya, anda bisa memberikan cochocip, kismis atau yang lainnya di atasnya. Tunggu sampai matang, angkat, dan sajikan..

Variasi bahan yang biasa digunakan dalam kue ini ialah kentang. Cara penyajiannya pun menggunakan berbagai macam topping seperti kismis, kelapa, atau keju. Cara membuat kue lumpur dengan adonan dasar sederhana ini sangat cocok bagi yang baru pertama kali ingin. Resep cara membuat kue lumpur kentang, rasanya lembut dan manis. Merupakan kue basah yang banyak disajikan untuk beragam acara perayaan.

Bagaimana sangat mudah bukan cara bikin Kue Lumpur Kentang ini. Silahkan Anda coba dirumah yaa. Semoga berhasil dan selamat mencicipi. Silahkan kamu simak dan baca koleksi resep masakan enak dan mudah lainnya juga yaa.

Simpan Resep