10 Bahan Masak Martabak Manis / Terang Bulan (Teflon) yang Lezat

Dapatkan ribuan koleksi resep masakan yang enak dan Mudah.

Bagaimana sih cara buat Martabak Manis / Terang Bulan (Teflon). Pada resep kali ini kami akan memandu tutorial lengkap cara membuat Martabak Manis / Terang Bulan (Teflon) dengan mudah dan pastinya tidak kalah enak.

Dengan resep dan takaran yang tepat, hasil martabak manis terang bulan teflon ini bisa bersarang dan berstektur lembut. Untuk menambah aroma harum dari martabak manis saya menambahkan vanili. Tidak lupa saya menggunakan baking powder dan baking soda agar martabak bersarang.

Martabak Manis / Terang Bulan (Teflon) - cookandrecipe.com Martabak manis ini dibeberapa daerah disebut terang bulan. Makanan yang pada awanya dijajakan dipinggir jalan, kini menjadi satu kudapan yang Jika permukaan martabak sudah terbentuk gelembung dan bagian separuh matang. Kemudian tutup kembali teflon dan tunggu sampai matang. Tenang saja untuk tutorial cara membuat Martabak Manis / Terang Bulan (Teflon) yang akan kami jelaskan ini hanya membutuhkan 10 bahan dan 8 langkah saja.

10 Bahan Bahan untuk Memasak Martabak Manis / Terang Bulan (Teflon)

Untuk bisa memasak Martabak Manis / Terang Bulan (Teflon) pada postingan ini kita membutuhkan 10 bahan saja. Jadi silahkan kita siapkan terlebih dahulu bahan-bahanya seperti dibawah ini.

  1. Siapkan tepung terigu (segitiga biru) - 250 gr.
  2. Siapkan gula pasir - 30 gr.
  3. Siapkan garam - 1/2 sdt.
  4. Siapkan telur - 1 butir.
  5. Siapkan susu cair / air (saya pake susu cair full cream) - 350 ml.
  6. Siapkan baking soda - 1/2 sdt.
  7. Siapkan Gula tambahan - .
  8. Siapkan Bahan Pelengkap - .
  9. Siapkan Mentega (saya pake margarin) - .
  10. Siapkan Keju - .

Jika ditanya beda martabak manis dan terang bulan, apa jawaban anda? Hmm kalau sulit, bagaimana dengan martabak manis dan martabak bangka? Banyak yang bilang kalau terang bulan adalah martabak manis. Bahkan, konon kudapan ini merupakan cikal bakal martabak manis.

8 Tahapan Memasak Martabak Manis / Terang Bulan (Teflon)

Jika kamu sudah menyiapkan 10 bahan diatas. Sekarang Anda simak langkah-langkah selengkapnya untuk membuat Martabak Manis / Terang Bulan (Teflon) dibawah ini.

  1. Campur jadi satu (tepung, gula, garam, telur, susu) aduk rata sampai tidak ada yg bergerindil bisa pakai mixer bisa manual, kalo saya manual.
  2. Tutup dengan kain atau plastik wrap, atau yg lain. Kalo saya pake tutup Tupperware aja hehe.. Diamkan selama 1 jam.
  3. Setelah 1 jam, tambahkan baking soda kemudian aduk kurang lebih 3 menit.
  4. Berhubung saya pakai teflon ukuran 22cm, bagi adonan menjadi 2. Masing - masing @300ml.
  5. Siapkan teflon, nyalakan api. Tunggu panas, bisa dicek dengan cara cipratkan air ke teflon, jika air sudah mendesis, tuang adonan, bentuk pinggiran kulit martabak dengan cara gerakkan teflon miring memutar. Gunakan api sedang.
  6. Jika sudah muncul gelembung - gelembung, tuang gula tambahan sesuai selera. Setelah itu kecilkan api, tutup teflon. Tunggu hingga matang.
  7. Angkat lalu beri olesan margarin / mentega, beri topping sesuai selera, lalu tambahkan susu kental manis. Potong - potong sesuai selera. Kulit martabak jangan lupa diberi olesan margarin juga ya ^^ Selesai..
  8. Siap disajikan ♥? jangan lupa baca Bismillah sebelum makan ♥? (gambar yg ada coklatnya itu saya bikin pertama kalinya).

Panaskan teflon diatas kompor dan nyalakan api yang kecil. Cara Membuat Terang Bulan Enak Dengan Teflon Rumahan, Di Jamin Anti Lengket dan Anti Gagal, simak Terang bulan adalah penganan manis yang terkenal di Indonesia dan Malaysia. Mungkin sebagian dari kamu berpikir bahwa itu adalah martabak manis atau dikenal dengan martabak bangka. Resep martabak manis berikut pakai takaran sendok sehingga memudahkan bagi kamu yang tak mempunyai timbangan. Untuk mempermudah, berikut ini resep martabak manis ala Executive Pastry Chef Hotel Ciputra Jakarta, Anis Kurniawan, yang bisa kamu praktikkan dengan takaran bahan.

Bagaimana sangat mudah bukan cara memasak Martabak Manis / Terang Bulan (Teflon) ini. Silahkan kalian coba dirumah yaa. Semoga berhasil dan selamat mencicipi. Silahkan kamu simak dan baca koleksi resep masakan enak dan mudah lainnya juga yaa.

Simpan Resep