✓ 12 Cara Memasak Nasi Kebuli yang Mudah

Dapatkan ribuan koleksi resep masakan yang enak dan Mudah.

Bagaimana sih cara memasak Nasi Kebuli. Pada postingan kali ini kami akan membagikan tutorial lengkap cara memasak Nasi Kebuli dengan mudah dan pastinya tidak kalah enak.

A nasi kebuli is a fragrant white rice cooked with a herb mix of warm flavours like cinnamon, nutmeg and cloves. The wiki page about nasi kebuli states that the rice is cooked in a goat broth. Beb refers for this nasi kebuli to the recipe for 'Rice Cooking'.

Nasi Kebuli - cookandrecipe.com Nasi kebuli is an Indonesian style spicy steamed rice dish cooked in goat broth, milk and ghee and popular among Arab community in Indonesia and Betawi people in Jakarta. Nasi kebuli was influenced by Arab culture and its origin can be traced to Middle eastern cuisine, especially Yemeni Arabian influence, and also Indian cuisine influence. Nasi Kebuli Nasi Kebuli yang dibuat dengan bahan - bahan pilihan terbaik dan aroma rempah yang begitu terasa. Tenang saja untuk tutorial cara memasak Nasi Kebuli yang akan kami jelaskan ini hanya membutuhkan 29 bahan dan 12 langkah saja.

29 Bahan Bahan untuk Resep Nasi Kebuli

Untuk bisa membuat Nasi Kebuli pada tutorial ini kalian membutuhkan 29 bahan saja. Jadi silahkan kita siapkan terlebih dahulu bahan-bahanya seperti dibawah ini.

  1. Siapkan daging kambing/ sampil kambing - 1 kg.
  2. Siapkan air untuk merebus/ presto - 1.5 liter.
  3. Siapkan beras basmati - 500 gr.
  4. Siapkan minyak samin - 2 sdm.
  5. Siapkan Lombok merah utuh - 4-5.
  6. Siapkan serai - 2.
  7. Siapkan daun kare/salam koja - 6 lembar.
  8. Siapkan Loomi/ Jeruk kering - 1 buah.
  9. Siapkan kayu manis - 1 batang.
  10. Siapkan kapulaga utuh - 10 butir.
  11. Siapkan cengkeh utuh - 5 buah.
  12. Siapkan gula - 2 sdm.
  13. Siapkan garam - 2-3 sdm.
  14. Siapkan kaldu jamur bubuk - 1 sdt.
  15. Siapkan tomat besar - 2 buah.
  16. Siapkan kara - 1 sachet.
  17. Siapkan susu bubuk - 4 sdm.
  18. Siapkan air untuk mengencerkan kara - 100 ml.
  19. Siapkan Bumbu halus: - .
  20. Siapkan bawang bombay besar - 1 butir.
  21. Siapkan bawang putih - 10 siung.
  22. Siapkan bawang merah - 10.
  23. Siapkan jahe - 1 ibu jari.
  24. Siapkan Bumbu kering: - .
  25. Siapkan jintan - 1 sdt.
  26. Siapkan ketumbar - 1,5 sdt.
  27. Siapkan merica - 1 sdt.
  28. Siapkan kapulaga - 5 butir.
  29. Siapkan cengkeh - 3 buah.

Cari sumber: "Nasi kebuli" - berita · surat kabar · buku · cendekiawan · JSTOR (Pelajari cara dan kapan saatnya untuk menghapus pesan templat ini) Nasi kebuli adalah hidangan nasi berbumbu yang bercitarasa gurih yang ditemukan di Indonesia. Nasi Kebuli is the special rice dish of Kampung Jeram Landak, a quaint kampung in the Kuala Lipis District of Pahang. This special rice dish can also be found and is also popular with the surrounding villages of Budu, Jelai, Tanjung Besar and Kampung Hulu and Kuala Medang, all in the district of Kuala Lipis. Biasanya nasi kebuli dibuat dengan menggunakan lemak kambing dan minyak samin.

12 Langkah Memasak Nasi Kebuli

Jika Anda sudah menyiapkan 29 bahan diatas. Berikutnya kita simak langkah-langkah selengkapnya untuk membuat Nasi Kebuli dibawah ini.

  1. Presto kambing dengan 1,5 lt air hingga empuk. Siapkan bahan2 lainnya.
  2. Bumbu kering: Cuci semua didalam saringan, sangrai diatas wajan tanpa minyak hingga airnya kering kemudian haluskan. Buang kulit kapulaganya, giling hingga halus..
  3. Kupas bahan bumbu halus, kemudian chopper/ blender hingga halus..
  4. Blender tomatnya..
  5. Tumis bumbu halus dengan minyak samin hingga harum, lalu masukkan serai, daun kare, lombok, kayu manis, cengkeh utuh, dan loomi..
  6. Masukkan tomat yg sudah diblender. Masukkan juga bumbu bubuknya. Kemudian tambahkan garam gula dan kaldu bubuk. Aduk hingga rata..
  7. Masukkan kambing dan kuahnya kedalam wajan. Umi ganti wajan yg lebih besar yaa...masak hingga bumbu terserap kedalam dagingnya. Sementara itu cuci beras basmati dan rendam hingga 30 menit..
  8. Setelah bumbu tadi siap masukkan santan yang terdiri dari kara, air dan susu, aduk rata dan masukkan kedalam bumbu kambing, aduk rata pelan2 dan tunggu sekitar 15 menit dengan api sedang hingga mendidih..
  9. Keluarkan daging kambingnya dari kuali, langsung masukkan kedalam penggorengan/frypan. Sat kan dulu air kuahnya, baru ditambahi minyak sayur, goreng hingga agak kering permukaannya boleh kering sekali, disini selera..
  10. Kuahnya ditakar 1l, pindahkan ke panci tebal atau panci yang di alas bawahnya dengan plat supaya nasi ngga cepat gosong.. Isi dengan beras basmati yang sudah direndam air tapi tiriskan dulu airnya ya.. aduk hingga kuah berasnya mendidih ratakan. Tutup panci, lalu Kecilkan apinya ke suhu paling kecil. Tutupnya harus kedap misalnya ini umi pakai tutup yang berat atau diberi pemberat atasnya supaya uapnya tidak keluar..
  11. Nb: jika kuahnya tadi itu kelebihan, lebih dari 1 L maksudnya,.. kelebihannya bisa dijadikan teman makan roti maryam.. sedaapp?👌.
  12. Tunggu sampai 20 menit jangan dibuka buka. Setelah itu baru dibuka boleh dilihat teksturnya apakah sudah matang nasi nya. Jika belum matang bisa ditutup lagi selama 10 menit. Jika sudah matang, hidangkan dengan kambing goreng diatasnya..

Bahan-bahan inilah yang memberikan cita rasa khas pada hidangan tersebut. Nasi Kebuli Kambing + Acar Setelah dr korea mari langsung berangkat ke Arab. Nasi yg paling pengen banget saya icipin, ternyata enak banget & anak-anak lahap makan. Siang tadi mikir mau buat apa minggu begini akhirnya inget buat eksekusi resep simple yg uenak & manteb ini. Nasi Kebuli Ayam memang tiada bandingannya.

Bagaimana sangat mudah bukan cara buat Nasi Kebuli ini. Silahkan Anda coba dirumah yaa. Semoga berhasil dan selamat mencicipi. Silahkan kamu simak dan baca koleksi resep masakan enak dan mudah lainnya juga yaa.

Simpan Resep