✓ 3 Cara Masak Nasi Kabuli Khas Kalimantan Selatan yang Cepat

Dapatkan ribuan koleksi resep masakan yang enak dan Mudah.

Jika saat ini kamu sedang ingin membuat Nasi Kabuli Khas Kalimantan Selatan. Pada postingan kali ini kami akan membagikan tutorial lengkap cara membuat Nasi Kabuli Khas Kalimantan Selatan dengan mudah dan pastinya tidak kalah enak.

Nasi Kabuli Khas Kalimantan Selatan Resep lainnya, bisa kalian simak di akun instagram: @emira_dmayasari / @dapur_emira. Soto banjar adalah makanan khas Kalimantan Selatan yang paling terkenal, terutama di daerah Banjarmasin. Soto ini selain isiannya yang lengkap (ayam kampung, bihun, telur rebus, potongan wortel), dimakannya tidak dengan nasi, melainkan bersama lontong atau ketupat.

Nasi Kabuli Khas Kalimantan Selatan - cookandrecipe.com Nasi Kabuli adalah salah satu nasi khas Kuliner Banjarbaru. Nasi Kebuli yang merupakan maskot kuliner Kota Banjarbaru Kalimantan Selatan merupakan nasi yang. Nasi Lemak dari Malaysia namun nasi kabuli memilki ciri khas khusus. Tenang saja untuk tutorial cara memasak Nasi Kabuli Khas Kalimantan Selatan yang akan kami jelaskan ini hanya membutuhkan 11 bahan dan 3 langkah saja.

11 Bahan Bahan untuk Membuat Nasi Kabuli Khas Kalimantan Selatan

Untuk dapat bikin Nasi Kabuli Khas Kalimantan Selatan pada postingan ini Anda membutuhkan 11 bahan saja. Jadi silahkan kalian siapkan terlebih dahulu bahan-bahanya seperti dibawah ini.

  1. Siapkan Bahan: - .
  2. Siapkan beras, cuci bersih - 500 gram.
  3. Siapkan santan - 500 ml.
  4. Siapkan daun jeruk - 4 lembar.
  5. Siapkan daun pandan - 2 lembar.
  6. Siapkan garam - 1/2 sdm.
  7. Siapkan Pelengkap: - .
  8. Siapkan Tabuk haruan (lihat resep tabuk haruan) - .
  9. Siapkan Telur dadar tipis, iris tipis - .
  10. Siapkan Mageli - .
  11. Siapkan Bawang goreng - .

Menurut keterangannya Wikipedia, nasi kebuli adalah salah satu jenis hidangan nasi berbumbu bercitarasa gurih yang dimasak bersama kaldu daging kambing dan minyak samin. Tapi penganan khas Banjarbaru satu ini sangat berbeda dari nasi kebuli di daerah atau negara lain dimana nasinya dimasak bersama santan kelapa kemudian dibungkus daun pisang. KOTA Banjarbaru merupakan wilayah pemekaran dari Kabupaten Banjar, di Kalimantan Selatan. Kota Banjarbaru salah satu daerah yang multi etnis, di antaranya ada Suku Banjar, Jawa, Sunda, Madura, Dayak, Bugis, hingga Arab dan Tionghoa.

3 Panduan Memasak Nasi Kabuli Khas Kalimantan Selatan

Apabila Anda sudah menyiapkan 11 bahan diatas. Selanjutnya kita simak langkah-langkah selengkapnya untuk membikin Nasi Kabuli Khas Kalimantan Selatan dibawah ini.

  1. Kukus beras selama 15 menit..
  2. Rebus santan dalam panci sampai mendidih bersama daun jeruk dan garam. Masukkan beras yang dikukus, masak sambil diaduk hingga cairan santan mengering (aron). Masukkan daun pandan ke dalam air panci kukusan, kukus beras hingga matang selama kurleb 45 menit..
  3. Sajikan nasi ke bumi dengan bahan pelengkap, bungkus dengan daun pisang..

Keberagaman etnis di Kota Banjarbaru memengaruhi kuliner setempat. Beberapa kuliner khas Kota Banjar membawa kekhasan suku/suku bangsa tertentu. Rata-rata makanan khas Kalimantan Selatan memang paling banyak berasal dari Banjarmasin. Seperti di daerah Gambut yang menjadi daerah penyangga kota Banjarmasin dan Banjarbaru terdapat kuliner khas berupa nasi itik. Nasi itik gambut disebutnya, adalah kuliner berupa nasi putih yang dihidangkan bersama lauk itik dengan bumbu habang atau bumbu merah khas Banjar.

Bagaimana sangat mudah bukan resep Nasi Kabuli Khas Kalimantan Selatan ini. Silahkan kita coba dirumah yaa. Semoga berhasil dan selamat mencicipi. Silahkan kamu simak dan baca koleksi resep masakan enak dan mudah lainnya juga yaa.

Simpan Resep