✓ 10 Cara Masak Nasi Kebuli Ricecooker (Resep asli Arab, bukan versi lokal) yang Cepat

Dapatkan ribuan koleksi resep masakan yang enak dan Mudah.

Bagaimana sih cara buat Nasi Kebuli Ricecooker (Resep asli Arab, bukan versi lokal). Pada resep kali ini kami akan memberikan tutorial lengkap cara memasak Nasi Kebuli Ricecooker (Resep asli Arab, bukan versi lokal) dengan mudah dan pastinya tidak kalah enak.

Lihat juga resep Nasi Kebuli Ricecooker (Resep asli Arab, bukan versi lokal) enak lainnya. Nasi kebuli merupakan hidangan nasi yang sudah dibumbui dengan citarasa gurih dan nikmat. Nasi yang terkenal berasal dari Timur Tengah atau Arab ini dimasak bersama kaldu dan daging kambing lalu ditambah dengan irisan kurma atau kismis.

Nasi Kebuli Ricecooker (Resep asli Arab, bukan versi lokal) - cookandrecipe.com Cita rasa nasi kebuli memang sangat menggugah selera, karena bumbu yang digunakan kaya akan rempah-rempah serta penggunaan daging sebagai bahan utamanya. Daging yang biasa digunakan adalah daging kambing, namun terkadang juga digunakan daging ayam atau. Resep Nasi Kebuli Lengkap untuk memudahkan memasak, juna menggunakan rice cooker sebagai alat masaknya, karena dipikir hampir semua orang pasti pake alat memasak ini, keuntungannya lebih mudah praktis juga sederhana banget dan sengaja dibuat segampang mungkin supaya semua bisa, ok sobat juna yang setia kini dihadirkan cara membuat nasi kebuli lengkap khas betawi. Tenang saja untuk tutorial resep Nasi Kebuli Ricecooker (Resep asli Arab, bukan versi lokal) yang akan kami jelaskan ini hanya membutuhkan 17 bahan dan 10 langkah saja.

17 Bahan Bahan untuk Membuat Nasi Kebuli Ricecooker (Resep asli Arab, bukan versi lokal)

Untuk bisa bikin Nasi Kebuli Ricecooker (Resep asli Arab, bukan versi lokal) pada postingan ini kita perlu menyiapkan 17 bahan saja. Jadi silahkan kamu siapkan terlebih dahulu bahan-bahanya seperti dibawah ini.

  1. Siapkan ayam/kambing/sapi - 1 kg.
  2. Siapkan beras (saya beras biasa) - 5 cup.
  3. Siapkan cabe hijau besar - 1 buah.
  4. Siapkan bawang putih iris - 9.
  5. Siapkan bawang bombay iris - 3 buah.
  6. Siapkan minyak sayur/ghee/minyak samin - 3 sdm.
  7. Siapkan margarin - 3 sdm.
  8. Siapkan kayu manis - 1 batang.
  9. Siapkan Garam - .
  10. Siapkan Bumbu - .
  11. Siapkan jinten - 2 sdm.
  12. Siapkan ketumbar - 3 sdm.
  13. Siapkan kapulaga - 1 sdm.
  14. Siapkan pala - 1 biji.
  15. Siapkan merica - 1 sdt.
  16. Siapkan cengkeh - 1 sdt.
  17. Siapkan kunyit - 1 ruas.

Siapa yang tak kenal dengan Nasi Kebuli. Nasi yang sangat kuat rasa rempah-rempahnya ini memang konon memang bukan masakan asli nusantara. Nasi kebuli adalah salah satu jenis kuliner dari timur tengah yang dibawa oleh para pedagang Arab yang kemudian bisa diterima oleh budaya lokal. Nasi ini sangat masyhur di beberapa kota yang banyak tinggal masyarakat keturunan Arab, seperti di Jakarta.

10 Langkah Resep Nasi Kebuli Ricecooker (Resep asli Arab, bukan versi lokal)

Setelah kamu sudah menyiapkan 17 bahan diatas. Selanjutnya kita simak langkah-langkah selengkapnya untuk bikin Nasi Kebuli Ricecooker (Resep asli Arab, bukan versi lokal) dibawah ini.

  1. Rebus ayam/daging dengan api sedang sampai mendidih. Buang kotoran/busa yang mengambang dengan sendok/sendok sayur. Setelah tidak ada lagi busa, matikan kompor..
  2. Sangrai bumbu sampai harum. Setelah harum, haluskan. Boleh dengan blender, boleh juga pakai ulekan. Saya pakai ulekan dibantu suami yang nguleg, wkwk..
  3. Tumis bawang putih dan bawang bombay yang sudah diiris dengan minyak dan margarin sampai layu..
  4. Masukkan bumbu yang sudah dihaluskan tadi ke dalam tumisan bawang putih dan bombay. Masukkan juga kayu manis. Jika sudah wangi, masukkan ayam beserta air rebusan ayam tadi. Biarkan sampai ayam/daging matang/empuk. Jangan lupa tambahkan garam sampai berasa asin ya..
  5. Cuci beras. Setelah ayam/daging matang, angkat dan tiriskan dalam wadah. Kuah beserta bumbu" sisa bekas masak ayam tadi masukkan ke dalam wadah ricecooker berisi beras. Sesuaikan dengan takaran seperti masak nasi biasa. Jika sudah pas, tidak perlu ditambah air. Jika kurang, tambah dengan air biasa..
  6. Belah cabai hijau besar, tata di atas nasi. (Hiasan aja sebenernya. Sifatnya opsional).
  7. Tips 1: Saat merebus ayam, airnya jangan luber", dipas saja. Soalnya sayang kalau terlalu banyak air nanti bumbunya tidak berasa mengingat air rebusan ayam ini akan digunakan untuk masak bumbu kebuli dan setelah itu masak nasinya ya kan..
  8. Tips 2: Ketika masak nasi, cek dulu kuahnya asin belum. Harus benar" asin supaya nasinya tidak hambar. Kalau perlu tambahkan garam..
  9. Tips 3: Karena pas masak nasi kan banyak ampasnya, kadang" airnya jadi kurang. Nasi jadi masih keras alias belum matang. Jangan khawatir, ketika nasi belum matang tp ricecooker sudah bunyi ceklek, kalian bisa menyelamatkan nasi itu dengan mengukusnya. Inilah yang saya lakukan di percobaan pertama dan kedua. Yang ketiga alhamdulillah sudah mulai pro yah jadi ga perlu, wkwkk..
  10. Selamat mencoba. O iya satu lagi, saat masak nasi boleh ditambahkan daging/ayam, tidak juga gapapa disajikan terpisah. Boleh ditaburkan cengkeh dan kismis supaya lebih mirip aslinya..

Cara Memasak Nasi Kabsyah Arab atau Nasi Kebuli Arab Asli yang enak, kali ini saya berbagi resepnya dengan Anda, jangan lupa di ikuti step by stepnya dan aga. Resep Nasi Kebuli Daging Kambing Asli Arab. Nasi kebuli ini merupakan salah makanan khas timur tengah tepatnya di Arab. Nasi kebuli ini terdiri dari nasi yang memiliki rasa gurih sebab nasinya terlebih dahulu dibumbui. Selain itu, di dalam nasi kebuli ini didalamnya terdapat kismis dan daging kambing yang dimasak dengan nasi secara bersamaan.

Bagaimana sangat mudah bukan cara memasak Nasi Kebuli Ricecooker (Resep asli Arab, bukan versi lokal) ini. Silahkan teman-teman coba dirumah yaa. Semoga berhasil dan selamat mencicipi. Silahkan kamu simak dan baca koleksi resep masakan enak dan mudah lainnya juga yaa.

Simpan Resep